UMKM yang cocok dengan daerah pantai


Potensi UMKM yang dimiliki Daerah (Desa Pandansari) Pariwisata Mangrove.
Membahas mengenai peluang usaha, peluang bisnis yang cocok dan sesuai untuk daerah di sekitar pantai, sebenarnya ada banyak sekali. Dan terkadang peluang usaha tersebut tidak disadari oleh masyarakat sekitar pantai itu sendiri, malahan orang yang bukan dari kawasan pantai yang bisa melihat peluang tersebut. ada beberapa gambaran peluang usaha yang terdapat di wilayah sekitar pantai.
1)      Pertama usaha kecil rumahan industri pengolahan ikan.
Tentunya sudah banyak yang mengetahui jika kawasan pesisir pantai memiliki sumber daya alam yang melimpah berupa ikan yang banyak. Selain ikan ada lagi hewan laut lain seperti seperti cumi-cumi, udang, kerang, dan lain-lain. Tentunya tidak sama dengan wilayah daratan atau wilayah pengunungan yang memiliki jumlah ikan yang sedikit. Namun banyak orang pesisir yang tidak memanfaatkan peluang ini, mereka hanya menjual ikan yang mentah tanpa mengolahnya terlebih dahulu. Padahal jika ikan yang banyak tersebut diolah lagi menjadi beberapa jenis makanan lain, tentu ikan tersebut menjadi lebih bernilai lagi dan harga jualnya bisa lebih mahal. Untuk pengolahan ikan kita tidak perlu yang muluk-muluk seperti pengolahan ikan menjadi makan ikan yang dikaleng seperti di pabrik-pabrik. Cukup pengolahan ikan yang sederhana saja seperti ikan atau udang crispy, keripik dan kerupuk ikan, salai ikan, abon udang atau ikan, terasi atau berbagai makanan yang berbahan dasar ikan lainnya.
Contoh Produk Udang Krispy
Contoh Produk Keripik atau Kerupuk Ikan
Contoh Produk Salai Ikan
Contok Produk Abon Ikan

Mungkin bagi orang pesisir pantai ikan tidak terlalu berharga, karena melimpah banyak orang yang menjual ikan dengan harga murah. Namun perlu kita ketahui bagi orang-orang di wilayah perkotaan yang didaratan ikan merupakan sesuatu yang berharga. Harga jual ikan untuk wilayah yang jauh dari pantai lebih mahal ketimbang di wilayah pantai. Oleh karena ikan yang banyak harganya menjadi murah dan kita bisa mendapatkan bahan mentah ikan dengan mudah untuk diolah. Usahakan hasil pengolahan ikan menjadi produk yang tahan lama. Setelah ikan diolah kita perlu melakukan pengemasan ikan yang baik dan menarik agar orang tertarik membelinya. Perlu diketahui bahwa pengemasan bisa memengaruhi harga jual produk.
Hasil produk olahan ikan jangan cuma dijual di wilayah sekitar pantai tapi disalurkan juga ke wilayah perkotaan. Jika dijual di kota harganya pasti lebih mahal. Untuk mendapatkan pembeli jangan lupa manfaatkan sosial media dan internet, dengan internet kita bisa mendapatkan pembeli yang lebih banyak. Produk olahan ikan biasanya akan laku dipasaran karena bisa dijadikan camilan atau makanan ringan, oleh-oleh, ciri khas suatu wilayah pantai, dan juga untuk konsumsi sebagai lauk pauk. Ditambah lagi ikan memiliki nilai gizi yang tinggi yang baik itu kesehatan.
2)      Bisnis Budidaya
Kemudian bisnis budidaya dan pengolahan rumput laut. Rumput laut merupakan tumbuhan yang hidup dilaut. Rumput laut bisa dibudidayakan dan memiliki banyak manfaat sehingga banyak dicari oleh orang-orang. Rumput laut bisa dijadikan bahan campuran kosmetik, agar-agar gel, dan berbagai macam produk olahan makanan lainnya. Untuk pengepul rumput laut jika jumlahnya banyak bisa diekspor dan terkadang juga dicari oleh perusahaan besar yang mengolah rumput laut. Selain itu ternyata rumput laut juga bisa dijadikan makan keripik, buktinya banyak olahan rumput laut yang dijadikan keripik yang ditemukan di pasaran. Selain keripik banyak lagi olahan makan lain yang berasal dari rumput laut.
3)      Aksesoris atau Souvenir
Kemudian usaha aksesoris dari cangkang hewan laut. Wilayah pantai biasanya sering kita temukan cangkang kerang, siput dan cangkang hewan laut lainnya. Cangkang hewan laut seperti ini bisa dijadikan berbagai macam produk seperti gelang, hiasan, kalung, cincin, gantungan kunci, gantung handphone, wadah atau asbak rokok, dan lain-lainnya. Produk seperti ini bisa digunakan sehari-hari, oleh-oleh, perhiasan dan aksesoris lainnya. Bisa dijual secara konvensional maupun secara online melalui internet.
Cotoh Produk Lampu Gantung dari Kerang laut
Contoh Produk Gelang, Kalung dan Tirai dari Kerang laut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yang terbaik

jasa joki UT dan karya ilmiyah segala jurusan jaminan lolos plagiat 0878 9797 9399

  Dampak Kenaikan Nilai Upah Minimum Terhadap Kondisi Keuangan Perusahaan Pada Masa Pandemi Covid 19 (PT. AMTEK PRECISION COMPONENT BATAM) ...