1) Salah satu
faktor yang perlu diperhatikan dalam menentukan tindakan korektif adalah…
|
A. pengaruh terhadap auditor
|
|
B.
besarnyabiayadaritindakankorektif
|
|
C. besarnyamanfaat yang
akandiperolehdaritindakankorektif
|
|
D. hubungan biaya dan manfaat
|
D. Jawaban
Anda Benar, karena setiap tindakan korektif yang akan diterapkan harus selalu
memperhatikan hubungan biaya dan manfaat, artinya manfaat yang diperoleh dari
penerapan tindakan korektif tersebut harus lebih besar dibandingkan biaya yang
dikeluarkan untuk penerapannya.
2) Berikut yang
merupakancontohperalatan yang consumables dan disposableadalah...
|
A. komputer
|
|
B.filingcabinet
|
|
C. gudang
|
|
D. kainpel
|
D.
Jawaban Anda benar, kainpelmerupakanperalatan yang consumables dan disposable
3) Informasi
tentang keseimbangan penggunaan anggaran perusahaan dengan hasil yang dicapai
dalam pelaksanaan audit manajemen fungsi pemasaran merupakan informasi yang
berkaitan dengan....
|
A. sistem
pemasaran
|
|
B. organisasi
bidang pemasaran
|
|
C. strategi pemasaran
|
|
D. lingkungan
pemasaran
|
C. Jawaban
Anda Benar, karena salah satu informasi yang berkaitan dengan strategi
pemasaran adalah informasi tentang keseimbangan penggunaan anggaran perusahaan
dengan hasil yang dicapai dalam pelaksanaan audit manajemen fungsi pemasaran.
4) Salah satuhal yang
harusdiperhatikanoleh auditor manajemendalammengauditunsurmanusia, adalah…
|
A. pelatihan yang tepat
|
|
B.
Kapabilitas yang tepat
|
|
C. tipe yang benar
|
|
D. jeniskelamin yang benar
|
Jawaban
Anda Benar, karena dalam mengaudit unsur manusia ada 4 hal yang harus
diperhatikan yaitu (1) kompetensi yang tepat, (2) pelatihan yang tepat,
(3) identifikasi yang benar dan (4) atribut yang benar.
5) Seorang
auditor manajemen juga harus mencari informasi mengenai aspek-aspek lingkungan
di luar perusahaan selain informasi internal, berikut adalah salah satu
informasi eksternal yaitu...
|
A. pengaruh barang substitusi
|
|
B. struktur
organisasi
|
|
C. sistem
akuntansi
|
|
D. rencana
kebijakan manajemenFeedback
|
A.
Jawaban Anda benar, karena yang merupakan informasi/faktor eksternal (diluar
perusahaan) adalah pengaruh barang subtitusi. Struktur organisasi, sistem
akuntansi dan rencana kebijakan manajemen adalah informasi/faktor internal.
6) Unsur-unsur
pekerja yang perlu diaudit dalam audit manajemen dengan menggunakan pendekatan
sumber daya adalah…
|
A. manusia, item daninformasi
|
|
B. manusia, item, peralatan dan
informasi
|
|
C. peralatan, informasidan item
|
|
D. manusia dan peralatan
|
B.
jawaban Anda Benar, karena setiap unit pekerjaan, kecuali perusahaan jasa
terdiri dari suatu kumpulan 4 unsur pekerjaan, yaitu manusia, item, peralatan
dan informasi.
7) Pemahaman
terhadap industri auditee dalam pelaksanaan audit manajemen dilakukan
pada tahapan ....
|
A. perencanaan
|
|
B. pengumpulanbukti-bukti
|
|
C. penentuantindakankorektif
|
|
D. pelaporankemanajemen
|
A. JawabanAndaBenar,
karenadalamtahapperencanaan, auditor manajemenperlumemahamiindustri auditee
untukdapatmenentukanteknik audit yang paling tepat.
8) Dalam
melakukan survei pendahuluan, reviu atas kertas kerja dan temuan audit tahun
sebelumnya dilakukan pada tahap…
|
A. dokumentasi
|
|
B. pembuatanbaganalir/flowchart
|
|
C. studiawal
|
|
D. temuan audit
|
C. Jawaban
Anda benar karena reviu atas kertas kerja dan temuan audit tahun sebelumnya
adalah langkah awal yang perlu dilakukan sebelum melakukan audit manajmenen di
tahun berjalan sehingga langkah ini dilakukan pada tahap studi awal.
9) Isi yang tepat (correct
content) merupakanhal yang harusdiperhatikan auditor manajemenpadamengauditunsur…
|
A. manusia
|
|
B. item
|
|
C. informasi
|
|
D. peralatan
|
C. Jawaban
Anda benar karena unsur informasi harus memiliki isi yang tepat (correct
content) dan berbeda dengan unsur lainnya seperti manusia, item dan
peralatan.
10) Program
audit adalah alat penghubung antara teknik audit survei pendahuluan dengan ...
|
A. temuan
audit
|
|
B. pekerjaan lapangan
|
|
C. kertas
kerja
|
|
D. laporan
audit
|
B. Jawaban
Anda benar karena setelah melakukan survei pendahuluan, auditor manajemen dapat
menentukan program audit, kemudian dilaksanakan melalui pekerjaan lapangan.
11) Berikutini yang
termasukdalamtipeexternal quality audit adalah…
|
A.performance review
|
|
B. customer service quality
audit
|
|
C. product quality audit
|
|
D. vendor
appraisal and surveillance
|
D. JawabanAndaBenar,
karenavendor appraisal and surveillancetermasukdalamtipeexternal
quality audit
12) Berikut
yang bukanmerupakanelemensistempengendalianmanajemenadalah...
|
A.
perencanaan
|
|
B. anggaran
|
|
C. pemahaman
|
|
D. pelaporan
dan analisis
|
C. Jawaban
Anda benar, karenaelemen-elemendalamsistempengendalianmanajemen (SPM)
adalahperencanaan, anggaran, operasi dan pengukuransertapelaporan dan
analisis.Pemahamantidaktermasukdalamelemen SPM.
13)
Penggunaansumberdaya secara bijakberdasarkanpenggunaanterbaiknyaadalahkonsep...
|
A. ekonomisasi
|
|
B. efesiensi
|
|
C.
efektivitas
|
|
D.
perencanaan
|
A. Jawaban
Anda benar, karenaekonomisasiadalahpenggunaansumberdaya secara
bijakberdasarkanpenggunaanterbaiknya.
14) Peran
auditor manajemendalammemahamikonsep-konsepSistemPengendalianManajemen (SPM)
pada organisasi yang diperiksaadalahdengan ….
|
A.
menilaiapakahdefinisitersebutsesuaidenganorganisasi yang diauditnya
|
|
B.
menjadiahlidalambidangmanajemen
|
|
C. menilaiapakahpengendalian yang
adadalamorganisasisudahmemadai
|
|
D.
membuatlaporanaudit yang baik
|
C.
Jawaban Anda benar, karenaperanseorang auditor
manajemenharusmampumemahamisuatusistematauproses dan menilaiapakahpengendalian
yang adadalamorganisasisudahmemadai.
15)
Efektivitasdapatdiukurdenganmembandingkanantara ...
|
A. sumberdaya
yang direncanakandengansumberdaya yang digunakan
|
|
B. masukan
dan keluaran
|
|
C. tujuan dan hasil yang dicapai
|
|
D. rencanaoperasi
dan prestasiaktual
|
C.
Jawaban Anda benar, karenatujuan dan hasil yang dicapaimerupakanunsur yang
diukurdalamefektifitas
16) Perangkat
yang menentukansignifikansidarikejadianaktual dan
membandingkannyadengansuatustandaratauekspektasiapa yang seharusnyaterjadi pada
prosespengendalian yang sederhanaadalah...
|
A. detector
|
|
B. communicationnetwork
|
|
C. effector
|
|
D. assessor
|
D. Jawaban
Anda benar, karenaassessoradalahperangkat yang
menentukansignifikansidarikejadianaktualdenganmembandingkannyadengansuatu
estándar atauekspektasiapa yang seharusnyaterjadi.
17) Pengetahuan
yang harusdimiliki auditor
dalammengidentifikasikanmasalahterutamaberkaitandenganpertanyaan-pertanyaanpentingbagiorganisasi,
misalnyaapa yang menjaditanggungjawabmanajer, kewenangan yang
diberikankepadamanajer, bagaimanamanajermempertanggungjawabkanpencapaian dan
hasil,
sertaapakahwewenangfungsionalsudahefektifadalahberkaitandenganfungsimanajemen,
yaitu...
|
A.
pengarahaan
|
|
B.
perencanaan
|
|
C.
pengendalian
|
|
D. pengorganisasian
|
D. Jawaban
Anda benar, karenapengetahuan yang harusdimiliki auditor
dalampengorganisasianadalahdenganmengidentifikasikanmasalahterutamaberkaitandenganpertanyaan-pertanyaanpentingbagiorganisasi,
misalnyaapa yang menjaditanggungjawabmanajer, kewenangan yang
diberikankepadamanajer, bagaimanamanajermempertanggungjawabkanpencapaian dan
hasil,
sertaapakahwewenangfungsionalsudahefektifadalahberkaitandenganfungsimanajemen
18)
Implementasistrategimerupakanprodukakhirdariaktivitas...
|
A. pengendalian
tugas
|
|
B. pengendalianmanajemen
|
|
C.
formulasistrategi
|
|
D.
perencanaanstrategi
|
B. Jawaban
Anda benar,
karenaimplementasistrategimerupakanprodukakhirdariaktivitaspengendalianmanajemen.
19)
Pengendalian yang bertujuanmengarahkansekumpulanvariabelmenujusasaran yang
telahditetapkanadalahpengendalian...
|
A.
organisasi
|
|
B. manajemen
|
|
C. strategi
|
|
D. tugas
|
A. Jawaban
Anda benar, karenapengendalian yang
bertujuanmengarahkansekumpulanvariabelmenujusasaran yang telahditetapkanadalahpengendalianorganisasi.
20)
Prosesseleksidaripilihan yang terbaik di antara pilihan-pilihan yang
adamerupakansalahsatufungsimanajemen, yaitu...
|
A.
pengendalian
|
|
B. perencanaan
|
|
C. pengarahan
|
|
D.
pengorganisasian
|
B.
Jawaban Anda benar, karenaperencanaanadalahprosesseleksidaripilihan yang
terbaikdiantarapilihan-pilihan yang ada
21)
Elemensistempengendalianmanajemen yang merupakanelemeneffectordan controllerdalamsistempengendalianadalah...
|
A.
perencanaan
|
|
B. pelaporan dan analisis
|
|
C. operasi
dan pengukuran
|
|
D. anggaran
|
B. Jawaban
Anda benar, karenadalampelaporan dan analisisdihasilkaninformasi yang
dapatmengindikasikandiperlukanadanyaperubahanperilaku (effector) dan
sekaligussaranauntukmengendalikanorganisasi (controller).
22) Audit
manajemen fungsi pemasaran penting dilakukan karena...
|
A. perubahan yang dihadapi
perusahaan akan mempengaruhi kemampuan perusahaan menjalankan kegiatan
operasionalnya, termasuk kegiatan pemasaran
|
|
B. perusahaan
diharuskan melakukan audit manajemen fungsi pemasaran
|
|
C. perusahaan
tidak ingin ketinggalan dengan perusahaan lain yang juga melakukan audit
manajemen fungsi pemasaran
|
|
D. jawaban A
dan C benar
|
A.
Jawaban Anda Benar, karena perubahan yang dihadapi perusahaan akan
mempengaruhi kemampuan perusahaan menjalankan kegiatan operasionalnya, termasuk
kegiatan pemasaran
23) Kegiatan
operasional produksi atau manufaktur merupakan bidang kegiatan audit yang rumit
dan memerlukan perhatian khusus karena...
|
A. melibatkan
proses penyimpanan bahan baku dan bahan pendukung produksi
|
|
B. berkaitan erat dengan fungsi
lain dalam perusahaan, seperti fungsi pembelian, keuangan, dan sebagainya
|
|
C. merupakan
tahapan setelah proses pembelian bahan baku
|
|
D. jawaban A dan C benar
|
B.
Jawaban Anda Benar, karena berkaitan erat dengan fungsi lain dalam perusahaan
seperti pembelian, keuangan dsb.
24)Ada sebuah
pernyataan ”fungsi pemasaran merupakan isu yang berorientasi masa depan.”
Pernyataan tersebut mengandung arti...
|
A. pengukuran kinerja fungsi
pemasaran hanya dapat diukur di masa depan
|
|
B. biaya
pemasaran baru akan terjadi di masa depan
|
|
C. penetapan
strategi berfokus pada masa depan
|
|
D. manfaat
dari usaha pemasaran saat ini baru akan diterima di masa depan
|
A.
Jawaban Anda Benar, karena pengukuran kinerja fungsi pemasaran hanya
dapat diukur di masa depan bukanlah arti dari pernyataan tersebut.
25) Menurut
Richard M.S Wilson dkk, salah satu langkah diagnostik utama yang mencakup
penelaahan komponen individual dari bauran pemasaran adalah...
|
A. aktivitas pemasaran
|
|
B. sistem
pemasaran
|
|
C. lingkungan
organisasi
|
|
D. strategi
pemasaran
|
A. Jawaban
Anda Benar, karena menurut Richard M.S Wilson dkk, ada 3 langkah diagnostik
utama yang mencakup penelaahan komponen individual dari bauran pemasaran, yaitu
1) peluang dan ancaman, 2) kekuatan dan kelemahan dan 3) aktivitas pemasaran.
26) Salah satu
contoh informasi yang berkaitan dengan faktor budaya dalam lingkungan pemasaran
adalah...
|
A.
ketersediaan bahan baku
|
|
B. perubahan status sosial
|
|
C.
pengendalian harga
|
|
D.
kebijaksanaan pemerintah
|
B. Jawaban
Anda Benar, karena informasi yang berkaitan dengan faktor budaya dalam
lingkungan pemasaran.
27) Berikut
yang termasuk dalam fungsi dan aktivitas pemasaran adalah...
|
A. penyiapan
mesin dan peralatan produksi
|
|
B. pembelian
bahan baku
|
|
C. penetapan harga
|
|
D. produksi
barang
|
C. Jawaban
Anda Benar, karena penetapan harga merupakan fungsi dan aktivitas
pemasaran
28) Tujuan
pelaksanaan audit terhadap berbagai segi fungsi pemasaran adalah untuk...
|
A. menilai
apakah organisasi dikelola dengan pendekatan kesisteman atau tidak
|
|
B. menguji
efektivitas dan pertanggungjawaban biaya dari berbagai tingkat pengeluaran
pemasaran
|
|
C. memastikan
cakupan strategi pemasaran apakah sudah meliputi mutu produk, motivasi tenaga
penjual, layanan purnajual, fasilitas kredit, dan sasaran distribusi
|
|
D. menilai secara rinci dari setiap unsur bauran
pemasaran
|
D.
Jawaban Anda Benar, karena tujuan pelaksanaan audit terhadap berbagai
segi fungsi pemasaran adalah untuk menilai secara rinci dari setiap
unsur bauran pemasaran.
29) Menurut
Grashof, langkah audit pemasaran auditor manajemen yang memutuskan akan cakupan
yang tepat dan fokus dari audit, yaitu...
|
A. aktivitas pra-audit (pre-audit activities)
|
|
B. analisis
informasi
|
|
C.
pengumpulan informasi (assembly of information)
|
|
D. formulasi
dan rekomendasi
|
A.
Jawaban Anda Benar, karena aktivitas pra-audit (pre-audit
activities) merupakan langkah audit pemasaran auditor manajemen yang
memutuskan akan cakupan yang tepat dan fokus dari audit
30) Jika
perusahaan melakukan proyek penelitian pemasaran maka “pertanyaan” yang menjadi
perhatian utama auditor manajemen dari hasil proyek tersebut adalah...
|
A. Apakah ada
laporan proyek penelitiannya?
|
|
B. Apakah
hasilnya menunjukkan semua keadaan di perusahaan berjalan sebagaimana
mestinya?
|
|
C. Apakah telah diambil tindakan
perbaikan berdasarkan hasil penelitian tersebut?
|
|
D. Apakah di
dalam laporan penelitian terdapat rekomendasi perbaikan?
|
C. Jawaban
Anda Benar, karena hal yang paling penting dari hasil proyek penelitian
pemasaran adalah Apakah
telah diambil tindakan perbaikan berdasarkan hasil penelitian tersebut bukan
hanya temuan saja.
31) Kegiatan
riset dan pengembangan terhadap produk perusahaan harus terus dilakukan
karena...
|
A. bertujuan
dalam perencanaan proses produksi yang akan dilaksanakan
|
|
B. perusahaan perlu untuk
menentukan standar biaya produksi atas suatu barang
|
|
C.
ketersediaan alat dan sarana kerja untuk menghasilkan produk yang memerlukan
jaminan
|
|
D. kebutuhan
produk yang dihasilkan sari proses produksi perlu diestimasi
|
B. Jawaban
Anda Benar, karena perusahaan perlu untuk menentukan standar biaya produksi
atas suatu barang
32) Tujuan
utama dibuatnya perkiraan permintaan manufaktur sebagai bagian dari perencanaan
kegiatan manufaktur adalah...
|
A. meningkatkan efektivitas dan
efensiasi pengunaan bahan baku, bahan pendukung, sarana produksi, dan sumber
daya manusia
|
|
B. melakukan
estimasi terhadap jadwal pengiriman dan distribusi barang/produk jadi kepada
konsumen
|
|
C.
memproyeksikan kebutuhan konsumen di masa yang akan datang
|
|
D. jawaban B
dan C benar
|
A.
Jawaban Anda Benar, karena meningkatkan efektivitas dan efensiasi pengunaan
bahan baku, bahan pendukung, sarana produksi, dan sumber daya manusia merupakan
tujuan utama dibuatnya perkiraan permintaan manufaktur.
33) Informasi
tentang proyeksi penjualan yang diperoleh saat menentukan perkiraan permintaan
manufaktur didasarkan pada...
|
A. volume
permintaan
|
|
B. proses
produksi
|
|
C. jenis produksi
|
|
D. jumlah
bahan baku
|
C. Jawaban
Anda Benar, karena saat menentukan perkiraan permintaan manufaktur diperlukan
informasi mengenai proyeksi penjualan yang didasarkan pada jenis produk dan
waktunya dalam kurun waktu tertentu di masa depan.
34) Salah satu
hal yang tidak perlu dilakukan oleh auditor ketika melakukan pengawasan
terhadap fungsi produksi adalah...
|
A. mempelajari
sistem operasi produksi yang berlaku di dalam perusahaan
|
|
B. memastikan terdapatnya
partisipasi pelanggan dalam proses produksi
|
|
C.
mengidentifikasikan kegiatan proses produksi terhadap produk yang
direncanakan
|
|
D. melakukan
perencanaan terhadap proses produksi yang akan dilaksanakan
|
B. Jawaban
Anda Benar, karena memastikan terdapatnya partisipasi pelanggan dalam proses
produksi bukan hal penting atau prioritas utama dalam pengawasan fungsi
produksi
35) Berikut ini
yang merupakan langkah-langkah dalam sistem pemantauan terhadap proses
produksi, yaitu...
|
A. menghitung
bahan baku yang diperlukan untuk menjamin kelancaran proses produksi sehingga
ketersediaan produk atau barang jadi lebih terjamin untuk dapat memenuhi
permintaan yang ada
|
|
B.
memperkirakan jadwal penyampaian barang yang telah dipesan oleh konsumen
|
|
C. menjamin ketersediaan alat dan
sarana kerja yang diperlukan baik secara jumlah maupun jenis
|
|
D. melakukan
pembelian terhadap bahan mentah dan bahan baku yang diperlukan intuk
mengimplementasikan rencana produksi
|
C. Jawaban
Anda Benar, karena termasuk dalam langkah-langkah sistem pemantauan terhadap
proses produksi
36) Tujuan dari
penerapan Total Quality Manajemen (TQM) adalah...
|
A. perusahaan
berupaya untuk menurunkan besaran barang cacat produksi hingga men persentase
tertentu dari keseluruhan produksi
|
|
B. pengerjaan
ulang terhadap barang produksi yang cacat harus dipastikan sebagai tahap yang
normal untuk dilakukan
|
|
C. perusahaan berupaya untuk
mencapai zero defect dalam
produksi
|
|
D. jawaban A,
B, dan C benar
|
C. Jawaban
Anda Benar, karena tujuan yang ingin dicapai dari TQM adalah mencapai zero
defect (persentase barang cacat sebesar nol persen)
37) Proses membandingkantemuan audit
dengantujuan, kebijakan, danprosedurorganisasiadalah…
|
A.management review
|
|
B. performance
review
|
|
C. quality system evaluation
and improvement audit
|
|
D. internal quality system
audit
|
B. Jawaban
Anda Benar, karena proses membandingkan temuan audit dengan tujuan, kebijakan,
dan prosedur organisasi adalah performance review
38) Berikut yang bukanmerupakansasaranstrategikdalamrencanaindukkegiatanmanufakturadalahadanya...
|
A. perkiraan dalam
jangka pendek dan jangka panjang terhadap permintaan manufaktur
|
|
B. perkiraan terhadap perilaku
konsumen dalam hal harga dan kualitas yang mengalami perubahan
|
|
C. jadwal
manufaktur agar penggunaan sarana kerja dan sumber daya manusia dilakukan semaksimal
mungkin
|
|
D. sistem
pemantauan proses produksi terhadap persyaratan mutu, ketepatan waktu, dan
keterampilan sumber daya manusia
|
B. Jawaban
Anda Benar, karena bukan termasuk sasaran strategik dalam rencana induk
kegiatan manufaktur
39) Berikut ini
yang bukan merupakan titik tolak pendekatan audit manajemen adalah...
|
A.
fungsi-fungsi bisnis
|
|
B. arussumberdaya
|
|
C. fungsi
manajemen
|
|
D. arusmanusia
|
D. Jawaban
Anda Benar, karena titik tolak pendekatan audit manajemen ada 3, yaitu fungsi-fungsi
bisnis, fungsi manajemen dan arus sumber daya.
40) Suatu
penelaahan yang sistematis, kritikal, dan tidak memihak dari operasi pemasaran
total dari tujuan dan kebijakan serta asumsi-asumsi yang mendasari mereka dan
juga metode, prosedur, personel, dan organisasi yang berlaku untuk
mengimplementasikan kebijakan mancapai tujuan merupakan definisi audit
pemasaran menurut...
|
A. Grashof
|
|
B. Shuchman
|
|
C. Kotler
|
|
D. Jawaban A
dan B benar
|
B. Jawaban
Anda Benar, karena menurut Shuchman audit pemasaran merupakan suatu penelaahan
yang sistematis, kritikal, dan tidak memihak dari operasi pemasaran total: dari
tujuan dan kebijakan serta asumsi-asumsi yang mendasari mereka dan juga metode,
prosedur, personel, dan organisasi yang berlaku untuk mengimplementasikan
kebijakan mancapai tujuan