KISI KISI SOAL UJIAN AUDIT MANAJEMEN 01 UNIVERSITAS TERBUKA

1) Salah satu faktor yang perlu diperhatikan dalam menentukan tindakan korektif adalah…
A. pengaruh terhadap auditor
B. besarnyabiayadaritindakankorektif
C. besarnyamanfaat yang akandiperolehdaritindakankorektif
D. hubungan biaya dan manfaat
D. Jawaban Anda Benar, karena setiap tindakan korektif yang akan diterapkan harus selalu memperhatikan hubungan biaya dan manfaat, artinya manfaat yang diperoleh dari penerapan tindakan korektif tersebut harus lebih besar dibandingkan biaya yang dikeluarkan untuk penerapannya.

2) Berikut yang merupakancontohperalatan yang consumables dan disposableadalah...
A. komputer
B.filingcabinet
C. gudang
D. kainpel
D. Jawaban Anda benar, kainpelmerupakanperalatan yang consumables dan disposable

3) Informasi tentang keseimbangan penggunaan anggaran perusahaan dengan hasil yang dicapai dalam pelaksanaan audit manajemen fungsi pemasaran merupakan informasi yang berkaitan dengan....  
A. sistem pemasaran
B. organisasi bidang pemasaran
C. strategi pemasaran
D. lingkungan pemasaran
C. Jawaban Anda Benar, karena salah satu informasi yang berkaitan dengan strategi pemasaran adalah informasi tentang keseimbangan penggunaan anggaran perusahaan dengan hasil yang dicapai dalam pelaksanaan audit manajemen fungsi pemasaran.

4) Salah satuhal yang harusdiperhatikanoleh auditor manajemendalammengauditunsurmanusia, adalah…
  
A. pelatihan yang tepat
B. Kapabilitas yang tepat
C. tipe yang benar
D. jeniskelamin yang benar
Jawaban Anda Benar, karena dalam mengaudit unsur manusia ada 4 hal yang harus diperhatikan yaitu (1) kompetensi yang tepat, (2) pelatihan yang tepat, (3) identifikasi yang benar dan (4) atribut yang benar.

5) Seorang auditor manajemen juga harus mencari informasi mengenai aspek-aspek lingkungan di luar perusahaan selain informasi internal, berikut adalah salah satu informasi eksternal yaitu... 
A. pengaruh barang substitusi
B. struktur organisasi
C. sistem akuntansi
D. rencana kebijakan manajemenFeedback
A. Jawaban Anda benar, karena yang merupakan informasi/faktor eksternal (diluar perusahaan) adalah pengaruh barang subtitusi. Struktur organisasi, sistem akuntansi dan rencana kebijakan manajemen adalah informasi/faktor internal.
6) Unsur-unsur pekerja yang perlu diaudit dalam audit manajemen dengan menggunakan pendekatan sumber daya adalah…
A. manusia, item daninformasi
B. manusia, item, peralatan dan informasi
C. peralatan, informasidan item
D. manusia dan peralatan
B. jawaban Anda Benar, karena setiap unit pekerjaan, kecuali perusahaan jasa terdiri dari suatu kumpulan 4 unsur pekerjaan, yaitu manusia, item, peralatan dan informasi.

7) Pemahaman terhadap industri auditee dalam pelaksanaan audit manajemen dilakukan pada tahapan .... 
A. perencanaan
B. pengumpulanbukti-bukti
C. penentuantindakankorektif
D. pelaporankemanajemen
A. JawabanAndaBenar, karenadalamtahapperencanaan, auditor manajemenperlumemahamiindustri auditee untukdapatmenentukanteknik audit yang paling tepat.

8) Dalam melakukan survei pendahuluan, reviu atas kertas kerja dan temuan audit tahun sebelumnya dilakukan pada tahap…
A. dokumentasi
B. pembuatanbaganalir/flowchart
C. studiawal
D. temuan audit
C. Jawaban Anda benar karena reviu atas kertas kerja dan temuan audit tahun sebelumnya adalah langkah awal yang perlu dilakukan sebelum melakukan audit manajmenen di tahun berjalan sehingga langkah ini dilakukan pada tahap studi awal.

9) Isi yang tepat (correct content) merupakanhal yang harusdiperhatikan auditor manajemenpadamengauditunsur…
A. manusia
B. item
C. informasi
D. peralatan
C. Jawaban Anda benar karena unsur informasi harus memiliki isi yang tepat (correct content) dan berbeda dengan unsur lainnya seperti manusia, item dan peralatan.

10) Program audit adalah alat penghubung antara teknik audit survei pendahuluan dengan ...
A. temuan audit
B. pekerjaan lapangan
C. kertas kerja
D. laporan audit
B. Jawaban Anda benar karena setelah melakukan survei pendahuluan, auditor manajemen dapat menentukan program audit, kemudian dilaksanakan melalui pekerjaan lapangan.
11) Berikutini yang termasukdalamtipeexternal quality audit adalah…   
A.performance review
B. customer service quality audit
C. product quality audit
D. vendor appraisal and surveillance
D. JawabanAndaBenar, karenavendor appraisal and surveillancetermasukdalamtipeexternal quality audit

12) Berikut yang bukanmerupakanelemensistempengendalianmanajemenadalah...  
A. perencanaan
B. anggaran
C. pemahaman
D. pelaporan dan analisis
C. Jawaban Anda benar, karenaelemen-elemendalamsistempengendalianmanajemen (SPM) adalahperencanaan, anggaran, operasi dan pengukuransertapelaporan dan analisis.Pemahamantidaktermasukdalamelemen SPM.

13) Penggunaansumberdaya secara bijakberdasarkanpenggunaanterbaiknyaadalahkonsep...
  
A. ekonomisasi
B. efesiensi
C. efektivitas
D. perencanaan
A. Jawaban Anda benar, karenaekonomisasiadalahpenggunaansumberdaya secara bijakberdasarkanpenggunaanterbaiknya.

14) Peran auditor manajemendalammemahamikonsep-konsepSistemPengendalianManajemen (SPM) pada organisasi yang diperiksaadalahdengan ….   
A. menilaiapakahdefinisitersebutsesuaidenganorganisasi yang diauditnya
B. menjadiahlidalambidangmanajemen
C. menilaiapakahpengendalian yang adadalamorganisasisudahmemadai
D. membuatlaporanaudit yang baik
C. Jawaban Anda benar, karenaperanseorang auditor manajemenharusmampumemahamisuatusistematauproses dan menilaiapakahpengendalian yang adadalamorganisasisudahmemadai.

15) Efektivitasdapatdiukurdenganmembandingkanantara ...  
A. sumberdaya yang direncanakandengansumberdaya yang digunakan
B. masukan dan keluaran
C. tujuan dan hasil yang dicapai
D. rencanaoperasi dan prestasiaktual
C. Jawaban Anda benar, karenatujuan dan hasil yang dicapaimerupakanunsur yang diukurdalamefektifitas
16) Perangkat yang menentukansignifikansidarikejadianaktual dan membandingkannyadengansuatustandaratauekspektasiapa yang seharusnyaterjadi pada prosespengendalian yang sederhanaadalah...
A. detector
B. communicationnetwork
C. effector
D. assessor
D. Jawaban Anda benar, karenaassessoradalahperangkat yang menentukansignifikansidarikejadianaktualdenganmembandingkannyadengansuatu estándar atauekspektasiapa yang seharusnyaterjadi.

17) Pengetahuan yang harusdimiliki auditor dalammengidentifikasikanmasalahterutamaberkaitandenganpertanyaan-pertanyaanpentingbagiorganisasi, misalnyaapa yang menjaditanggungjawabmanajer, kewenangan yang diberikankepadamanajer, bagaimanamanajermempertanggungjawabkanpencapaian dan hasil, sertaapakahwewenangfungsionalsudahefektifadalahberkaitandenganfungsimanajemen, yaitu...   
A. pengarahaan
B. perencanaan
C. pengendalian
D. pengorganisasian
D. Jawaban Anda benar, karenapengetahuan yang harusdimiliki auditor dalampengorganisasianadalahdenganmengidentifikasikanmasalahterutamaberkaitandenganpertanyaan-pertanyaanpentingbagiorganisasi, misalnyaapa yang menjaditanggungjawabmanajer, kewenangan yang diberikankepadamanajer, bagaimanamanajermempertanggungjawabkanpencapaian dan hasil, sertaapakahwewenangfungsionalsudahefektifadalahberkaitandenganfungsimanajemen

18) Implementasistrategimerupakanprodukakhirdariaktivitas... 
A. pengendalian tugas
B. pengendalianmanajemen
C. formulasistrategi
D. perencanaanstrategi
B. Jawaban Anda benar, karenaimplementasistrategimerupakanprodukakhirdariaktivitaspengendalianmanajemen.

19) Pengendalian yang bertujuanmengarahkansekumpulanvariabelmenujusasaran yang telahditetapkanadalahpengendalian... 
A. organisasi
B. manajemen
C. strategi
D. tugas
A. Jawaban Anda benar, karenapengendalian yang bertujuanmengarahkansekumpulanvariabelmenujusasaran yang telahditetapkanadalahpengendalianorganisasi.

20) Prosesseleksidaripilihan yang terbaik di antara pilihan-pilihan yang adamerupakansalahsatufungsimanajemen, yaitu...
A. pengendalian
B. perencanaan
C. pengarahan
D. pengorganisasian
B. Jawaban Anda benar, karenaperencanaanadalahprosesseleksidaripilihan yang terbaikdiantarapilihan-pilihan yang ada
21) Elemensistempengendalianmanajemen yang merupakanelemeneffectordan controllerdalamsistempengendalianadalah...
A. perencanaan
B. pelaporan dan analisis
C. operasi dan pengukuran
D. anggaran
B. Jawaban Anda benar, karenadalampelaporan dan analisisdihasilkaninformasi yang dapatmengindikasikandiperlukanadanyaperubahanperilaku (effector) dan sekaligussaranauntukmengendalikanorganisasi (controller).

22) Audit manajemen fungsi pemasaran penting dilakukan karena...
 
A. perubahan yang dihadapi perusahaan akan mempengaruhi kemampuan perusahaan menjalankan kegiatan operasionalnya, termasuk kegiatan pemasaran
B. perusahaan diharuskan melakukan audit manajemen fungsi pemasaran
C. perusahaan tidak ingin ketinggalan dengan perusahaan lain yang juga melakukan audit manajemen fungsi pemasaran
D. jawaban A dan C benar 
A. Jawaban Anda Benar, karena perubahan yang dihadapi perusahaan akan mempengaruhi kemampuan perusahaan menjalankan kegiatan operasionalnya, termasuk kegiatan pemasaran

23) Kegiatan operasional produksi atau manufaktur merupakan bidang kegiatan audit yang rumit dan memerlukan perhatian khusus karena...
A. melibatkan proses penyimpanan bahan baku dan bahan pendukung produksi
B. berkaitan erat dengan fungsi lain dalam perusahaan, seperti fungsi pembelian, keuangan, dan sebagainya
C. merupakan tahapan setelah proses pembelian bahan baku
D. jawaban A dan C benar
B. Jawaban Anda Benar, karena berkaitan erat dengan fungsi lain dalam perusahaan seperti pembelian, keuangan dsb.

24)Ada sebuah pernyataan ”fungsi pemasaran merupakan isu yang berorientasi masa depan.” Pernyataan tersebut mengandung arti...
A. pengukuran kinerja fungsi pemasaran hanya dapat diukur di masa depan
B. biaya pemasaran baru akan terjadi di masa depan
C. penetapan strategi berfokus pada masa depan
D. manfaat dari usaha pemasaran saat ini baru akan diterima di masa depan
A. Jawaban Anda Benar, karena pengukuran kinerja fungsi pemasaran hanya dapat diukur di masa depan bukanlah arti dari pernyataan tersebut.

25) Menurut Richard M.S Wilson dkk, salah satu langkah diagnostik utama yang mencakup penelaahan komponen individual dari bauran pemasaran adalah... 
A. aktivitas pemasaran
B. sistem pemasaran
C. lingkungan organisasi
D. strategi pemasaran
A. Jawaban Anda Benar, karena menurut Richard M.S Wilson dkk, ada 3 langkah diagnostik utama yang mencakup penelaahan komponen individual dari bauran pemasaran, yaitu 1) peluang dan ancaman, 2) kekuatan dan kelemahan dan 3) aktivitas pemasaran.
26) Salah satu contoh informasi yang berkaitan dengan faktor budaya dalam lingkungan pemasaran adalah...
  
A. ketersediaan bahan baku
B. perubahan status sosial
C. pengendalian harga
D. kebijaksanaan pemerintah
B. Jawaban Anda Benar, karena informasi yang berkaitan dengan faktor budaya dalam lingkungan pemasaran.

27) Berikut yang termasuk dalam fungsi dan aktivitas pemasaran adalah...
  
A. penyiapan mesin dan peralatan produksi
B. pembelian bahan baku
C. penetapan harga
D. produksi barang
C. Jawaban Anda Benar, karena penetapan harga merupakan fungsi dan aktivitas pemasaran

28) Tujuan pelaksanaan audit terhadap berbagai segi fungsi pemasaran adalah untuk...
  
A. menilai apakah organisasi dikelola dengan pendekatan kesisteman atau tidak
B. menguji efektivitas dan pertanggungjawaban biaya dari berbagai tingkat pengeluaran pemasaran
C. memastikan cakupan strategi pemasaran apakah sudah meliputi mutu produk, motivasi tenaga penjual, layanan purnajual, fasilitas kredit, dan sasaran distribusi
D. menilai secara rinci dari setiap unsur bauran pemasaran
D. Jawaban Anda Benar, karena tujuan pelaksanaan audit terhadap berbagai segi fungsi pemasaran adalah untuk menilai secara rinci dari setiap unsur bauran pemasaran.

29) Menurut Grashof, langkah audit pemasaran auditor manajemen yang memutuskan akan cakupan yang tepat dan fokus dari audit, yaitu...
  
A. aktivitas pra-audit (pre-audit activities)
B. analisis informasi
C. pengumpulan informasi (assembly of information)
D. formulasi dan rekomendasi
A. Jawaban Anda Benar, karena aktivitas pra-audit (pre-audit activities) merupakan langkah audit pemasaran auditor manajemen yang memutuskan akan cakupan yang tepat dan fokus dari audit

30) Jika perusahaan melakukan proyek penelitian pemasaran maka “pertanyaan” yang menjadi perhatian utama auditor manajemen dari hasil proyek tersebut adalah...
  
A. Apakah ada laporan proyek penelitiannya?
B. Apakah hasilnya menunjukkan semua keadaan di perusahaan berjalan sebagaimana mestinya?
C. Apakah telah diambil tindakan perbaikan berdasarkan hasil penelitian tersebut?
D. Apakah di dalam laporan penelitian terdapat rekomendasi perbaikan?
C. Jawaban Anda Benar, karena hal yang paling penting dari hasil proyek penelitian pemasaran adalah Apakah telah diambil tindakan perbaikan berdasarkan hasil penelitian tersebut bukan hanya temuan saja.
31) Kegiatan riset dan pengembangan terhadap produk perusahaan harus terus dilakukan karena... 
A. bertujuan dalam perencanaan proses produksi yang akan dilaksanakan
B. perusahaan perlu untuk menentukan standar biaya produksi atas suatu barang
C. ketersediaan alat dan sarana kerja untuk menghasilkan produk yang memerlukan jaminan
D. kebutuhan produk yang dihasilkan sari proses produksi perlu diestimasi
B. Jawaban Anda Benar, karena perusahaan perlu untuk menentukan standar biaya produksi atas suatu barang

32) Tujuan utama dibuatnya perkiraan permintaan manufaktur sebagai bagian dari perencanaan kegiatan manufaktur adalah... 
A. meningkatkan efektivitas dan efensiasi pengunaan bahan baku, bahan pendukung, sarana produksi, dan sumber daya manusia
B. melakukan estimasi terhadap jadwal pengiriman dan distribusi barang/produk jadi kepada konsumen
C. memproyeksikan kebutuhan konsumen di masa yang akan datang
D. jawaban B dan C benar
A. Jawaban Anda Benar, karena meningkatkan efektivitas dan efensiasi pengunaan bahan baku, bahan pendukung, sarana produksi, dan sumber daya manusia merupakan tujuan utama dibuatnya perkiraan permintaan manufaktur.

33) Informasi tentang proyeksi penjualan yang diperoleh saat menentukan perkiraan permintaan manufaktur didasarkan pada...  
A. volume permintaan
B. proses produksi
C. jenis produksi
D. jumlah bahan baku
C. Jawaban Anda Benar, karena saat menentukan perkiraan permintaan manufaktur diperlukan informasi mengenai proyeksi penjualan yang didasarkan pada jenis produk dan waktunya dalam kurun waktu tertentu di masa depan.

34) Salah satu hal yang tidak perlu dilakukan oleh auditor ketika melakukan pengawasan terhadap fungsi produksi adalah...
  
A. mempelajari sistem operasi produksi yang berlaku di dalam perusahaan
B. memastikan terdapatnya partisipasi pelanggan dalam proses produksi
C. mengidentifikasikan kegiatan proses produksi terhadap produk yang direncanakan
D. melakukan perencanaan terhadap proses produksi yang akan dilaksanakan
B. Jawaban Anda Benar, karena memastikan terdapatnya partisipasi pelanggan dalam proses produksi bukan hal penting atau prioritas utama dalam pengawasan fungsi produksi

35) Berikut ini yang merupakan langkah-langkah dalam sistem pemantauan terhadap proses produksi, yaitu... 
A. menghitung bahan baku yang diperlukan untuk menjamin kelancaran proses produksi sehingga ketersediaan produk atau barang jadi lebih terjamin untuk dapat memenuhi permintaan yang ada
B. memperkirakan jadwal penyampaian barang yang telah dipesan oleh konsumen
C. menjamin ketersediaan alat dan sarana kerja yang diperlukan baik secara jumlah maupun jenis
D. melakukan pembelian terhadap bahan mentah dan bahan baku yang diperlukan intuk mengimplementasikan rencana produksi
C. Jawaban Anda Benar, karena termasuk dalam langkah-langkah sistem pemantauan terhadap proses produksi
36) Tujuan dari penerapan Total Quality Manajemen (TQM) adalah...  
A. perusahaan berupaya untuk menurunkan besaran barang cacat produksi hingga men persentase tertentu dari keseluruhan produksi
B. pengerjaan ulang terhadap barang produksi yang cacat harus dipastikan sebagai tahap yang normal untuk dilakukan
C. perusahaan berupaya untuk mencapai zero defect dalam produksi
D. jawaban A, B, dan C benar
C. Jawaban Anda Benar, karena tujuan yang ingin dicapai dari TQM adalah mencapai zero defect (persentase barang cacat sebesar nol persen)

37) Proses membandingkantemuan audit dengantujuan, kebijakan, danprosedurorganisasiadalah…   
A.management review
B. performance review
C. quality system evaluation and improvement audit
D. internal quality system audit
B. Jawaban Anda Benar, karena proses membandingkan temuan audit dengan tujuan, kebijakan, dan prosedur organisasi adalah performance review

38) Berikut yang bukanmerupakansasaranstrategikdalamrencanaindukkegiatanmanufakturadalahadanya...  
A. perkiraan dalam jangka pendek dan jangka panjang terhadap permintaan manufaktur
B. perkiraan terhadap perilaku konsumen dalam hal harga dan kualitas yang mengalami perubahan
C. jadwal manufaktur agar penggunaan sarana kerja dan sumber daya manusia dilakukan semaksimal mungkin
D. sistem pemantauan proses produksi terhadap persyaratan mutu, ketepatan waktu, dan keterampilan sumber daya manusia
B. Jawaban Anda Benar, karena bukan termasuk sasaran strategik dalam rencana induk kegiatan manufaktur

39) Berikut ini yang bukan merupakan titik tolak pendekatan audit manajemen adalah...

A. fungsi-fungsi bisnis
B. arussumberdaya
C. fungsi manajemen
D. arusmanusia
D. Jawaban Anda Benar, karena titik tolak pendekatan audit manajemen ada 3, yaitu fungsi-fungsi bisnis, fungsi manajemen dan arus sumber daya.

40) Suatu penelaahan yang sistematis, kritikal, dan tidak memihak dari operasi pemasaran total dari tujuan dan kebijakan serta asumsi-asumsi yang mendasari mereka dan juga metode, prosedur, personel, dan organisasi yang berlaku untuk mengimplementasikan kebijakan mancapai tujuan merupakan definisi audit pemasaran menurut...
  
A. Grashof
B. Shuchman
C. Kotler
D. Jawaban A dan B benar
B. Jawaban Anda Benar, karena menurut Shuchman audit pemasaran merupakan suatu penelaahan yang sistematis, kritikal, dan tidak memihak dari operasi pemasaran total: dari tujuan dan kebijakan serta asumsi-asumsi yang mendasari mereka dan juga metode, prosedur, personel, dan organisasi yang berlaku untuk mengimplementasikan kebijakan mancapai tujuan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yang terbaik

jasa joki UT dan karya ilmiyah segala jurusan jaminan lolos plagiat 0878 9797 9399

  Dampak Kenaikan Nilai Upah Minimum Terhadap Kondisi Keuangan Perusahaan Pada Masa Pandemi Covid 19 (PT. AMTEK PRECISION COMPONENT BATAM) ...