BAB 20
PEMBERDAYAAN KOPERASI SERTA
USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH
Pemberdayaan koperasi usaha mikro, kecil, dan menengah
(KUMKM) merupakan upaya strategis dalam rangka mewujudkan
kesejahteraan masyarakat karena KUMKM merupakan bagian
terbesar dari aktivitas masyarakat Indonesia. Hal itu ditunjukkan
dengan jumlah UMKM pada tahun 2008 mencapai 51,3 juta unit
usaha atau 99,9 persen dari jumlah unit usaha di Indonesia.
Sementara itu, jumlah tenaga kerjanya yang terlibat mencapai 90,9
juta orang atau 97,0 persen dari seluruh tenaga kerja Indonesia. Pada
tahun yang sama, jumlah koperasi adalah sebanyak 155 ribu unit,
dengan jumlah anggota mencapai sekitar 26,8 juta orang.
Produktivitas usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)
juga menunjukkan peningkatan sebesar 3,0 persen pada tahun 2008
dibandingkan tahun sebelumnya. Peningkatan produktivitas ini
masih lebih rendah dibandingkan dengan peningkatan produktivitas
per unit usaha secara nasional sebesar 3,2 persen. Sementara itu,
peran ekspor nonmigas UMKM pada tahun 2008 menunjukkan
kontribusi yang cukup besar, yaitu 20,2 persen dari total ekspor
nonmigas nasional.
I. PERMASALAHAN YANG DIHADAPI
Upaya pemberdayaan koperasi dan UMKM telah dilakukan
dengan langkah-langkah yang nyata. Namun, di masa depan UMKM
masih menghadapi beberapa permasalahan sebagai berikut.
Permasalahan yang terkait dengan iklim usaha yang kurang
kondusif menjadi penghambat bagi tumbuhnya UMKM. Salah
20 - 2
satunya adalah masih besarnya biaya transaksi usaha sebagai akibat
dari ketidakpastian dan ketidakjelasan prosedur perizinan,
panjangnya proses perizinan dan timbulnya berbagai pungutan tidak
resmi, serta masih adanya praktik bisnis serta persaingan usaha yang
tidak sehat.
Produktivitas UMKM sudah menunjukkan peningkatan, tetapi
nilainya masih sangat kecil dibandingkan dengan produktivitas usaha
besar. Hal ini mengakibatkan produk yang dihasilkan kurang
memiliki kemampuan untuk bersaing dan kualitas yang baik yang
dapat memenuhi permintaan pasar domestik dan pasar internasional.
Masih rendahnya produktivitas UMKM ini diakibatkan antara lain,
oleh rendahnya kualitas dan kompetensi kewirausahaan sumber daya
manusia.
Selain itu, keterbatasan modal dan penguasaan teknologi pada
sektor usaha mikro dan kecil berakibat sangat sulit untuk
meningkatkan nilai tambah usahanya sehingga pendapatan yang
diperoleh juga masih rendah. Demikian pula, kualitas kerja UMKM
yang kurang baik berdampak pada lingkungan kerja dan produk yang
dihasilkan menjadi kurang berdaya saing. UMKM juga masih
menghadapi kendala keterbatasan pada akses pemasaran yang
mempengaruhi UMKM dalam meningkatkan kapasitas produksi dan
usahanya.
Permasalahan khusus yang dihadapi dalam pemberdayaan
koperasi adalah belum meluasnya pemahaman tentang koperasi
sebagai badan usaha yang memiliki struktur kelembagaan dan
insentif yang unik/khas dibandingkan dengan badan usaha lainnya.
Di samping itu, masih banyak masyarakat yang kurang memahami
prinsip-prinsip dan praktik-praktik yang benar dalam berkoperasi.
Koperasi dan UMKM juga menghadapi tantangan terutama yang
ditimbulkan oleh pesatnya perkembangan globalisasi ekonomi dan
liberalisasi perdagangan bersamaan dengan cepatnya tingkat
kemajuan teknologi.
20 - 3
II. LANGKAH-LANGKAH KEBIJAKAN DAN HASILHASIL YANG DICAPAI
Kebijakan pemberdayaan koperasi dan UMKM secara umum
diarahkan terutama untuk mendukung pelaksanaan prioritas
pembangunan nasional melalui: (1) peningkatan ekonomi lokal
dengan mengembangkan usaha skala mikro dalam rangka
mendukung peningkatan pendapatan kelompok masyarakat
berpendapatan rendah; dan (2) peningkatan produktivitas dan akses
UKM pada sumber daya produktif untuk mendukung pertumbuhan
ekonomi, termasuk ekonomi daerah, sekaligus menciptakan lapangan
kerja.
Dalam rangka mendukung peningkatan pendapatan
masyarakat berpendapatan rendah melalui peningkatan ekonomi
lokal, kota, dan perdesaan, pemberdayaan usaha mikro difokuskan
untuk mendorong pertumbuhan yang berpihak pada rakyat miskin.
Langkah kebijakannya yaitu: (1) meningkatkan kapasitas dan
memperluas jangkauan lembaga keuangan mikro (LKM) baik
dengan pola bagi hasil, konvensional, maupun melalui dana bergulir;
(2) meningkatkan kemampuan pengusaha mikro dalam aspek
manajemen usaha dan teknis produksi; (3) meningkatkan fasilitasi
pengembangan sarana dan prasarana usaha mikro; (4) meningkatkan
fasilitasi pembinaan sentra-sentra produksi tradisional dan usaha
ekonomi produktif terisolir dan daerah tertinggal/perbatasan.
Dalam kaitannya dengan peningkatan akses UMKM kepada
sumber daya produktif, langkah kebijakannya meliputi: (1)
meningkatkan akses modal UMKM kepada lembaga keuangan
dengan mendorong pemanfaatan skim penjaminan kredit dan kredit
usaha rakyat (KUR), khususnya untuk investasi produktif di sektor
agribisnis dan industri; (2) meningkatkan kemampuan UMKM dalam
pengajuan investasi usaha dengan skim penjaminan kredit melalui
pembinaan oleh lembaga layanan usaha (Business Development
Service Provider - BDS-P); (3) meningkatkan fasilitas pemasaran
dan promosi ekspor produk-produk UKM dan koperasi; dan (4)
meningkatkan akses teknologi dan inovasi dengan menyediakan
fasilitas layanan teknologi dan pusat inovasi. Seiring dengan
peningkatan akses tersebut, langkah kebijakan pemberdayaan
20 - 4
UMKM lainnya adalah meningkatkan wirausaha yang tangguh dan
kompetitif, serta berwawasan iptek dan inovatif.
Kebijakan penting lainnya yang mendukung terciptanya iklim
usaha yang kondusif bagi UMKM adalah (1) menyelesaikan
penyusunan turunan peraturan pelaksanaan RUU tentang UMKM
dan koperasi; (2) meningkatkan formalisasi badan usaha UMKM; (3)
memberikan rekomendasi perbaikan kebijakan dan regulasi yang
menghambat usaha dan investasi, baik di pusat maupun di daerah.
Sementara itu, langkah kebijakan dalam rangka meningkatkan
kualitas kelembagaan koperasi meliputi: (1) meningkatkan
pelaksanaan pembinaan, pengawasan, dan penilaian perkoperasian;
dan (2) pelatihan dan pemasyarakatan praktik-praktik koperasi
terbaik, sekaligus bimbingan teknis penerapan akuntabilitas koperasi.
A. Penciptaan Iklim bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah
Dalam rangka menciptakan iklim bagi usaha mikro, kecil, dan
menengah yang kondusif, telah dilakukan berbagai kegiatan yaitu:
(a) penguatan status badan hukum koperasi; (b) penyempurnaan
Undang-Undang (UU) No. 25/1992 tentang Perkoperasian; (c)
penyusunan peraturan perundang-undangan di bidang UMKM; dan
(d) penelaahan peraturan perundang-undangan.
Orientasi pembinaan koperasi lebih diarahkan pada penciptaan
iklim usaha yang kondusif dan pemberian kesempatan yang seluasluasnya kepada masyarakat di bidang perkoperasian. Untuk itu,
Pemerintah telah melakukan upaya penguatan status badan hukum
koperasi. Sejak tahun 2005 sampai dengan 2009 telah dilakukan
pengumuman badan hukum koperasi sebanyak 27.366 koperasi,
pembekalan perkoperasian bagi 5.828 notaris sebagai notaris
pembuat akta koperasi, serta pengesahan 873 koperasi primer dan
165 koperasi sekunder.
Pemerintah telah melakukan upaya penyempurnaan UU No.
25 Tahun 1992 tentang perkoperasian. Upaya ini telah dimulai pada
tahun 2005, yaitu dengan melakukan koordinasi pembahasan tim
antardepartemen. Kedua instansi melakukan harmonisasi,
sinkronisasi pembulatan konsepsi atas materi Rancangan UndangUndang (RUU) Koperasi dan disampaikan kepada Presiden. Pada
20 - 5
tahun 2008, DPR-RI, telah memutuskan bahwa RUU Koperasi
masuk ke dalam RUU prioritas tahun 2009. Beberapa hal pokok
dalam klausul yang perlu dipertimbangkan perubahannya adalah
klausul tentang pembentukan koperasi, keanggotaan koperasi,
perangkat organisasi, modal, jenis koperasi dan lapangan usaha, sisa
hasil usaha, pengertian koperasi, dan prinsip-prinsip koperasi.
Pada tahun 2008, pemerintah telah menerbitkan UU No. 20
tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. UU tersebut bertujuan
untuk: (a) mewujudkan struktur perekonomian nasional yang
seimbang dan berkeadilan; (b) menumbuhkan dan mengembangkan
kemampuan UMKM menjadi usaha yang tangguh dan mandiri; dan
(c) meningkatkan peran UMKM dalam pembangunan daerah,
penciptaan lapangan kerja, pemerataan pendapatan, pertumbuhan
ekonomi, dan pengentasan kemiskinan. Pada tahun 2009, akan
diselesaikan peraturan pemerintah pelaksanaan dari UU ini yang
meliputi: (a) PP persyaratan dan tata cara permohonan izin usaha; (b)
PP tata cara pengembangan, prioritas, instansitas dan jangka waktu
pengembangan; (c) PP pola kemitraan; (d) PP koordinasi dan
pengendalian pemberdayaan UMKM; dan (e) PP tata cara pemberian
sanksi administratif.
Pemerintah telah melakukan penelaahan peraturan perundangundangan pada tingkat Nasional dan Daerah yang menghambat
pemberdayaan KUMKM. Pada tahun 2005 Pemerintah telah
menelaah 40 Perda yang dinilai menghambat untuk dilakukan
pembatalan, pada tahun tersebut ada 13 Perda yang dibatalkan. Pada
tahun 2006 telah ditelaah 50 Perda dan dibatalkan sebanyak 36
Perda. Sementara itu, pada tahun 2007 Pemerintah telah melakukan
penelaahan 50 Perda dan membatalkan 11 Perda. Pada tahun 2008
telah pula dilaksanakan evaluasi terhadap 100 Perda yang berkaitan
dengan KUMKM, dan terdapat 40 Perda yang diusulkan untuk
dibatalkan karena dapat menghambat perkembangan KUMKM.
20 - 6
B. Pengembangan Kewirausahaan dan Keunggulan
Kompetitif
Dalam rangka mengembangkan jiwa dan semangat
kewirausahaan serta meningkatkan daya saing UMKM dan koperasi,
beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan antara lain adalah: (a)
pengembangan pengadaan pangan (koperasi) dengan sistem bank
padi; (b) pengembangan usaha koperasi di bidang pengadaan dan
penyaluran sarana produksi (Saprodi); (c) pengembangan usaha
(koperasi) di bidang budi daya kakao dan tanaman karet; (d)
pengembangan usaha di bidang ketenagalistrikan; (e) pengembangan
sarana penunjang produksi pabrik es dan cold storage; dan (d)
pengembangan sumber daya manusia koperasi dan UMKM.
Kegiatan pengembangan pengadaan pangan (koperasi) dengan
sistem bank padi merupakan kegiatan usaha pengadaan pangan
berdasarkan tunda jual dan secara menyeluruh kegiatannya
mencakup penyimpanan gabah, pengeringan dan penggilingan gabah
petani di koperasi. Dengan demikian, anggota koperasi dan
masyarakat petani dapat memperoleh nilai tambah atas gabah yang
disimpan di koperasi. Pada periode tahun 2005-2008, telah diberikan
bantuan pengembangan kepada 44 koperasi. Fasilitas yang diberikan
Pemerintah adalah modal kerja dan modal investasi berupa mesin
pembersih padi, pengering, silo, penggilingan dan kelengkapannya.
Dalam upaya pengadaan dan penyaluran pupuk serta
meningkatkan produktivitas padi, sekaligus meningkatkan peran
koperasi dalam pelayanan kepada anggotanya, Pemerintah telah
memperkuat usaha Koperasi Unit Desa (KUD) melalui kegiatan
pengadaan dan penyaluran sarana produksi, khususnya pupuk.
Jumlah koperasi yang telah difasilitasi oleh Pemerintah dalam
kegiatan pengadaan dan penyaluran sarana produksi adalah 51
koperasi di 13 provinsi selama periode tahun 2006—2007. Koperasi
yang mendapatkan bantuan penguatan dapat menyediakan sarana
produksi tepat waktu dan dengan harga yang semakin terjangkau
sehingga peran koperasi semakin nyata.
Pemerintah mendukung pemberdayaan UMKM di bidang
perkebunan, seperti kakao dan tanaman karet. Dukungan Pemerintah
terhadap UMKM diwujudkan melalui perluasan, peremajaan, dan
20 - 7
rehabilitasi tanaman perkebunan kakao dan tanaman karet. Pada
tahun 2005 telah diberikan bantuan 2 juta batang kakao kepada 2
koperasi. Pada tahun 2006 telah diberikan bantuan 4 juta batang
kakao kepada 37 koperasi. Pada tahun 2007 telah diberikan bantuan
5 juta batang kakao kepada 62 koperasi. Untuk tanaman karet, telah
diberikan bantuan penguatan pengadaan bibit karet sebanyak 4,8 juta
batang kepada 41 koperasi pada tahun 2007. Manfaat yang diperoleh
UMKM di bidang perkebunan ini adalah meningkatnya produktivitas
dan pendapatan UMKM, sekaligus meningkatnya peran koperasi
dalam memenuhi kebutuhan anggotanya secara lebih mudah dan
efisien.
Dalam rangka memberikan bantuan UMKM di daerah
terpencil yang belum mendapatkan akses listrik dari PLN,
Pemerintah telah mengembangkan usaha di bidang ketenagalistrikan
melalui Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH). Pada
tahun 2005 diberikan bantuan dana untuk pembangunan PLTMH
kepada 1 koperasi di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan; pada
tahun 2007 telah diberikan bantuan pembangunan PLTMH kepada 2
koperasi di Kabupaten Kepahiang, Bengkulu dan Kabupaten
Mamasa, Sulawesi Barat. Selain dapat memenuhi kebutuhan listrik di
daerah terpencil tersebut, pembangunan PLTMH itu juga dapat
menciptakan peluang usaha lainnya bagi UMKM.
Pemerintah mendukung pemberdayaan UMKM di bidang
perikanan. Pemerintah memberikan fasilitas alat pendingin, karena
UMKM nelayan sangat membutuhkan alat tersebut secara mudah
dan cepat. Untuk itu, pada tahun 2005 dibangun pabrik es sebanyak 6
unit di Jawa Tengah, Jawa Timur dan NTB. Tahun 2006 juga telah
direalisasikan pembangunan pabrik es sebanyak 3 unit di Jawa
Tengah dan di Bali dan pada tahun 2007 Pemerintah juga telah
membantu pabrik sebanyak 2 unit di Jawa Timur dan DI Yogyakarta.
Pengembangan sumber daya manusia UMKM memegang
peranan penting dalam pembentukan SDM yang berkualitas,
tangguh, berdaya saing, dan mandiri. Oleh karena itu, Pemerintah
telah melakukan berbagai kegiatan pendidikan dan pelatihan antara
lain di bidang kewirausahaan, keterampilan teknis, dan teknis
manajerial. Diklat kewirausahaan dimaksudkan untuk
menumbuhkembangkan jiwa dan semangat kewirausahaan bagi
20 - 8
UMKM. Pemerintah pusat dan daerah telah menyelenggarakan diklat
ini kepada 13.600 orang pada periode tahun 2005—2008. Diklat
manajerial bagi UMKM ditujukan untuk meningkatkan kemampuan
mengelola usahanya. Pada periode yang sama, Pemerintah Pusat dan
Daerah telah melatih sebanyak 27.326 orang. Sementara itu, diklat
keterampilan teknis ditujukan untuk meningkatkan keterampilan
yang bersifat teknis, serta meningkatkan mutu produk. Untuk itu,
selama periode tahun 2005—2008 telah dilatih sebanyak 6.247
orang.
Pengembangan tempat praktik keterampilan usaha (TPKU)
bertujuan untuk meningkatkan keterampilan teknis dan manajemen
usaha bagi para peserta didik di lembaga pendidikan pedesaan/santri.
Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menciptakan calon wirausaha
di berbagai bidang yang mampu mengembangkan usaha secara
mandiri, sekaligus juga meningkatkan peran serta lembaga diklat
pedesaan. Bidang keterampilan usaha yang dikembangkan melalui
TPKU, antara lain otomotif, elektronik, konveksi, industri kerajinan,
dan agribisnis. Pada periode tahun 2005—2008, pengembangan
TPKU telah dilaksanakan pada 716 unit.
Dalam rangka meningkatkan kapasitas lembaga keuangan
mikro (LKM), Pemerintah telah mengembangkan peningkatan
kualitas SDM pengelola LKM agar memiliki kompetensi di
bidangnya. Kepemilikan kompetensi ini dibuktikan dengan
pemberian sertifikasi profesi melalui proses pendidikan dan pelatihan
serta uji kompetensi. Kegiatan pengembangan standardisasi dan
sertifikasi pengelola LKM dilaksanakan sejak tahun 2007 kepada
266 orang.
C. Pengembangan Sistem Pendukung usaha UMKM
Dalam rangka mempermudah, memperlancar, dan memperluas
akses UMKM kepada sumber daya produktif, Pemerintah telah
melaksanakan kegiatan, antara lain: (a) promosi produk KUMKM;
(b) pengembangan sarjana pencipta kerja mandiri; (c) pengembangan
sentra/klaster UMKM; dan (d) pengembangan pembiayaan kepada
UMKM.
20 - 9
Dalam upaya promosi produk-produk KUMKM, Pemerintah
memfasilitasi keikutsertaan KUMKM dalam pameran di dalam dan
luar negeri. Kegiatan yang diselenggarakan setiap tahun adalah Small
Medium Enterprises and Cooperative (SMEsCo) Festival yang
menjadi ajang interaksi bisnis dan investasi para pelaku usaha. Selain
itu, beberapa pameran yang dilaksanakan di dalam negeri, antara lain
adalah Pameran Inter-Food-Inter-Pak, Festival Batik Pekalongan,
Pameran Produk Ekspor (PPE), Pameran dan Festival Kerajinan
KUMKM Indonesia, dan Pameran Tematik Industri Kerajinan. Pada
tahun 2008, Pemerintah telah memfasilitasi 285 KUMKM pada 18
pameran. Dalam rangka perluasan pasar produk KUMKM potensial
ekspor, pada periode tahun 2005–2009 telah dilaksanakan program
promosi produk KUMKM melalui pameran luar negeri di 5 zona
perdagangan, yaitu Asia, Eropa, Australia, Timur Tengah, dan
Afrika. Dalam kesempatan tersebut telah difasilitasi sekitar 500
KUMKM dengan produk antara lain furniture, aksesori rumah (home
accessories), garmen, perhiasan (jewellery), dan kerajinan tangan
(handycraft).
Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi dan
komunikasi, Pemerintah sejak tahun 2005 telah memfasilitasi
pembangunan infrastruktur promosi produk-produk KUKM berbasis
web, yaitu SMESCO Indonesia Trading Board dengan alamat
www.indonesian-products.biz. Sampai dengan tahun 2009, KUKM
yang telah dipromosikan melalui Trading Board berjumlah 2.661
KUKM dari 16 provinsi. Untuk semakin memperluas akses
informasi ini, Pemerintah telah menerbitkan SMESCO Indonesia
Catalogue yang memuat 200 produk unggulan. Katalog tersebut
didistribusikan kepada maskapai penerbangan, Kedutaan Indonesia,
Atase Perdagangan Indonesia, dan KADIN yang ada di luar negeri,
Kedutaan Asing yang ada di Jakarta, dan hotel-hotel berbintang di
kota-kota besar di Indonesia.
Dalam upaya memantapkan jaringan bisnis KUKM,
Pemerintah memfasilitasi pengembagan ritel modern melalui
Koperasi dengan pola SMEsCo Mart. SMEsCo Mart merupakan
peningkatan waserda yang dimiliki koperasi dengan pola modern.
Sampai dengan tahun 2008, Pemerintah telah mengembangkan
20 - 10
SME’sCo Mart sebanyak 92 Koperasi di 50 Kab/Kota pada 7
Provinsi.
Untuk pengembangan aktivitas perdagangan dan peningkatan
promosi KUKM di wilayah timur, pada tahun 2006 Pemerintah
bekerja sama dengan pemerintah daerah memfasilitasi pembangunan
Celebes Exhibition Centre (CCC) di Sulawesi Selatan. Selain itu,
dukungan juga diberikan pada pembangunan pusat promosi KUKM
di Kalimantan Barat (Borneo Convention Centre), Jawa Barat
(Sentra Bisnis KUKM-SENBIK), Sulawesi Utara (Paradise
Convention Centre), dan Sumatera Selatan (Sriwijaya Convention
Centre). Pemerintah juga telah membangun sarana pameran di
Gedung SMEsCo Promotion Centre (SPC) di Jakarta dengan sarana
Convention Centre dan fasilitas/sarana promosi lainnya.
Dalam rangka memberdayakan potensi sarjana dan potensi
ekonomi lokal, Pemerintah melaksanakan kegiatan sarjana pencipta
kerja mandiri (Prospek Mandiri). Kegiatan ini bertujuan: (a)
menciptakan wirausaha baru yang mampu menciptakan kesempatan
kerja; (b) mengoptimalkan pendayagunaan sumber daya manusia
terdidik dalam menggerakkan perekonomian daerah; dan (c)
memanfaatkan teknologi dan sumber daya lokal yang memiliki
keunggulan kompetitif. Kegiatan ini dilaksanakan pada tahun 2006—
2007 dan telah merealisasikan pembentukan 41 Koperasi yang
melibatkan 990 orang sarjana di 31 Kabupaten/Kota pada 14
provinsi.
Pemberdayaan UMKM akan lebih efektif melalui
pengembangan sentra/gugus, sehingga dapat menumbuhkan pusatpusat pertumbuhan ekonomi lokal yang berdampak pada peningkatan
perekonomian regional dan nasional. Pada tahun 2005, Pemerintah
telah memfasilitasi penguatan bagi pengembangan 50 sentra UMKM
yang meliputi sentra pertanian, sentra peternakan, sentra perikanan,
sentra industri dan kerajinan, dan sentra makanan dan minuman.
Fasilitasi sentra diprioritaskan kepada kabupaten/kota pemekaran
yang belum ada sentra binaannya dan sentra daerah-daerah potensial
yang masih dapat dikembangkan. Penguatan diberikan melalui: (a)
bantuan penguatan modal awal dan padanan (MAP) kepada 50
koperasi simpan pinjam/unit simpan pinjam koperasi (KSP/USPKoperasi) untuk disalurkan kepada UMKM Sentra; (b) penguatan
20 - 11
dana operasional kepada 50 Lembaga business development services
- Providers (BDS-P), sebagai biaya operasional dalam memberikan
layanan pengembangan bisnis bagi UMKM di sentra-sentra tersebut.
Berkaitan dengan pengembangan sentra/gugus, Pemerintah
mendorong penggunaan teknologi tepat guna (TTG) pada sentrasentra UMKM. Pada tahun 2006, Pemerintah memberikan
penguatan pemanfaatan TTG kepada 10 koperasi di 8 provinsi.
Kegiatan ini bertujuan untuk memodernkan alat pengolahan produk
sentra UMKM agar produk yang dihasilkan lebih berdaya saing.
Demikian pula pada tahun 2007, Pemerintah memfasilitasi TTG
kepada 10 sentra di 10 provinsi.
Dalam upaya mendorong usaha kecil dan menengah (UKM)
agar mampu bersaing dan meningkatkan kapasitas usahanya,
Pemerintah menfasilitasi kegiatan pengembangan UKM di kawasan
industri. Kegiatan ini merupakan kegiatan rintisan dan baru
dilaksanakan di 2 kawasan yaitu Kawasan Industri Jababeka,
Cikarang Provinsi Jawa Barat dan Kawasan Industri Candi,
Semarang Propinsi Jawa Tengah. Pada tahun 2006, Pemerintah
bekerja sama dengan PT PNM Venture Capital telah memfasilitasi
pengembangan 7 UKM di Kawasan Industri Jababeka. Pada Tahun
2007, Pemerintah bekerja sama dengan PT Sarana Jateng Ventura
telah memfasilitasi pengembangan 18 UKM di Kawasan Industri
Candi Jawa Tengah. Selain itu, Pemerintah juga telah bekerja sama
dengan PT Sarana Jabar Ventura untuk mengembangkan 7 UKM di
Kawasan Industri Jababeka Jawa Barat. Melalui dukungan tersebut,
khususnya Kawasan Industri Candi telah melakukan ekspor furnitur
ke beberapa Negara di Eropa.
Dalam rangka meningkatkan akses UMKM kepada
permodalan, Pemerintah telah membantu penyediaan dana modal
awal padanan (MAP) melalui KSP/USP, lembaga ventura, dan
inkubator. Sejak tahun 2005 sampai dengan saat ini telah diberikan
penguatan kepada 1.355 UMKM di sentra melalui 50 KSP/USP.
Sementara itu, pada periode tahun 2005—2007 perkuatan MAP
melalui lembaga modal ventura telah diberikan kepada kepada 488
UMKM melalui 23 lembaga modal ventura daerah. Penyediaan dan
MAP melalui inkubator telah disalurkan kepada 107 UKM-tenant di
10 Lembaga Inkubator sampai dengan tahun 2007.
20 - 12
Pada tahun 2007, Pemerintah melaksanakan skema
pembiayaan khusus yaitu Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi koperasi
dan UMKM yang memiliki potensi usaha yang layak, tetapi tidak
memenuhi persyaratan teknis perbankan. KUR dilaksanakan dengan
melibatkan instansi-instansi yang secara lintas sektoral melakukan
pemberdayaan koperasi dan UMKM dengan mengikutsertakan 6
bank pelaksana (Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI, Bank BTN,
Bank Bukopin, dan Bank Syariah Mandiri) serta Perum Jamkrindo
dan PT Askrindo sebagai lembaga penjamin. Realisasi penyaluran
KUR sampai dengan Mei 2009 adalah sebesar Rp14,5 triliun untuk
1,9 juta debitur, dengan rata-rata kredit senilai Rp7,4 juta. Distribusi
penyaluran KUR yang paling besar adalah di sektor perdagangan,
restoran & hotel; dan sektor pertanian dengan sebaran masingmasing sebesar 55,0 persen dan 26,5 persen. Sementara itu,
pemanfaatan KUR terbesar adalah di pulau Jawa dan Sumatera
dengan proporsi masing-masing sebesar 48,9 persen dan 23,6 persen.
Selain itu, dalam kerangka pembiayaan kepada UMKM, pada
tahun 2006 Pemerintah telah menginisiasi pembentukan Lembaga
Pengelola Dana Bergulir (LPDB). Dalam pelaksanaannya LPDB
melakukan penghimpunan dana bergulir yang telah disalurkan oleh
Kemeneg KUKM. Pada tahun 2008, LPDB telah melakukan
pembiayaan kepada 11 perusahaan ventura, 2 koperasi sekunder, dan
1 Induk Koperasi Syariah.
Skim pendanaan bagi UMKM lainnya yang khusus bagi petani
adalah melalui Sistem Resi Gudang (SRG). Skim pendanaan ini
untuk memperluas akses agar UMKM mendapatkan pembiayaan
yang mudah dan dapat diakses pada saat yang tepat. Skim pendanaan
komoditas koperasi dan UMKM disalurkan untuk membiayai modal
kerja koperasi dan UMKM dengan jaminan resi gudang yang
diterbitkan oleh pengelola gudang. Resi gudang adalah dokumen
bukti kepemilikan atas barang yang disimpan di gudang yang
diterbitkan oleh pengelola gudang. Jenis komoditas yang dapat
dibiayai melalui skim pendanaan komoditas, antara lain, gabah,
beras, jagung, gula pasir, kacang kedelai, pupuk, dan komoditas lain
yang memenuhi persyaratan untuk memperoleh pendanaan
komoditas. Pemerintah telah memulai percontohan SRG di KUD
Kabupaten Karawang, Jawa Barat.
20 - 13
Dalam rangka meningkatkan sumber pembiayaan bagi
koperasi, Pemerintah juga telah memperkenalkan instrumen utang
koperasi melalui penerbitan surat utang koperasi (SUK). Penerbitan
SUK dimaksudkan untuk membantu KSP/USP koperasi memenuhi
kebutuhan likuiditas jangka panjang di luar perbankan. Pada
umumnya, koperasi memperoleh sumber dana jangka pendek, tetapi
disalurkan sebagai pinjaman untuk jangka waktu yang lebih panjang
sehingga koperasi akan mengalami kesulitan dalam mengelola aliran
kasnya. Dengan adanya SUK ini, aliran kas koperasi dapat dikelola
secara sehat. Pihak yang terkait dengan program penerbitan SUK
adalah: (a) PT Pos Indonesia (Persero) yang melakukan
penatalaksanaan Dana Sekuritisasi Aset dan mewakili Pemerintah
dalam melakukan pembayaran, pengumpulan setoran dan
pengguliran dana, serta membukukan dan mencatat atas transaksi
pembayaran SUK; dan (b) koperasi sekunder simpan pinjam yang
memiliki pengalaman dan kemampuan dalam membiayai koperasi
untuk mengintegrasikan sistem simpan pinjam. Realisasi program
penerbitan SUK sampai dengan akhir Juni 2009 diikuti oleh 59
Koperasi penerbit SUK.
D. Pemberdayaan Usaha Skala Mikro
Pemberdayaan usaha mikro ditujukan untuk meningkatkan
pendapatan masyarakat yang berusaha dalam skala usaha mikro.
Pemerintah telah memberikan berbagai fasilitas bantuan antara lain
adalah: (a) kredit usaha dari dana Surat Utang Pemerintah (SUP005); (b) perkuatan permodalan dengan pola kemitraan; (c) linkage
program antara Bank Umum dengan koperasi; (d) pembiayaan
produktif konvensional dan syariah; (e) bantuan dana bergulir
sektoral; dan (f) bantuan sarana pasar.
Pemerintah telah mengeluarkan skema kredit usaha dari dana
SUP-005. Skema kredit ini bertujuan meningkatkan akses usaha
mikro dan kecil kepada pembiayaan investasi dan modal dengan
persyaratan yang relatif ringan dan terjangkau. Dana yang disalurkan
melalui skema ini, telah memberikan manfaat bagi 146 koperasi dan
351.408 usaha mikro dan kecil dengan komposisi: sektor
perdagangan, restoran, dan hotel 78,7 persen, sektor Jasa dan lainnya
10,7 persen serta sektor pertanian 5,5 persen. Sementara itu,
20 - 14
penyaluran kredit dari dana SUP-005 yang dilakukan oleh Perum
Pegadaian menggunakan skim kredit yang dinamakan Kredit Usaha
Rumah Tangga (KRISTA). Target pembiayaan dikhususkan bagi
pelaku usaha mikro di kalangan kaum perempuan, terutama di pasarpasar. Sampai saat ini, program KRISTA yang disalurkan oleh
Perum Pegadaian telah mencapai sebesar Rp102,8 miliar dan telah
dimanfaatkan oleh 59.733 nasabah.
Pemerintah telah melaksanakan kegiatan bantuan penguatan
struktur keuangan koperasi dengan pola dana bergulir kemitraan.
Dana bergulir kemitraan ini bertujuan untuk memberdayakan usaha
mikro dan kecil yang tergabung dalam koperasi untuk
mengembangkan komoditas unggulan di wilayahnya. Dana bergulir
kemitraan dijadikan sebagai dana padanan oleh koperasi untuk
bermitra dengan lembaga keuangan bank maupun nonbank/investor
yang telah melakukan penilaian kelayakan terhadap komoditas
unggulan yang akan dikembangkan. Pada tahun anggaran 2005, dana
bergulir dengan pola kemitraan telah disalurkan kepada tiga
koperasi.
Upaya peningkatan dan perluasan sumber-sumber pembiayaan
kepada usaha mikro dilakukan juga melalui peningkatan sinergi
antara lembaga keuangan bank dan koperasi melalui Linkage
Program. Perkembangan pelaksanaan Linkage Program antara bank
umum koperasi, saat ini telah mencapai Rp8,9 triliun yang disalurkan
melalui 1.847 koperasi dari 14 bank umum.
Sejak tahun 2005 sampai dengan tahun 2007, Pemerintah telah
menyediakan pembiayaan produktif bagi usaha mikro dengan pola
konvensional dan syariah melalui koperasi. Pembiayaan ini juga
sekaligus untuk memperkuat struktur keuangan koperasi. Untuk
pembiayaan produktif pola konvensional telah disalurkan sebesar
Rp202,9 miliar kepada 2.127 KSP-USP Koperasi, sedangkan untuk
pola syariah telah disalurkan sebesar Rp191,5 miliar kepada 1.883
Koperasi Jasa Keuangan Syariah dan Unit Jasa Syariah Koperasi
(KJKS/UJKS Koperasi).
Untuk usaha mikro yang bergerak di sektor agribisnis,
Pemerintah telah mengembangkan penguat dana bergulir sektoral.
Penguatan diberikan melalui koperasi untuk kemudian disalurkan
20 - 15
kepada anggotanya. Jumlah dana penguatan yang telah disalurkan
pada periode tahun 2005—2007 adalah sebesar Rp165,7 miliar
kepada 292 koperasi.
Pemerintah juga memberikan dukungan perkuatan kepada
perempuan pengusaha skala mikro melalui kegiatan perempuan
keluarga sehat dan sejahtera (PERKASSA). Pemerintah
menyalurkan permodalan dengan pola dana bergulir kepada setiap
koperasi sebesar Rp100 juta. Kemudian, koperasi penerima
menyalurkannya kepada anggota sebagai pinjaman dengan bunga
atau bagi hasil yang ditentukan oleh Rapat Anggota. Realisasi
penyaluran PERKASSA pada periode tahun 2006–2007 adalah
sebesar Rp44,3 miliar kepada 443 koperasi. Dalam
perkembangannya sampai dengan Maret 2009, dana tersebut telah
disalurkan oleh koperasi dan dimanfaatkan oleh 11.016 perempuan
pengusaha skala mikro.
Dalam rangka mendukung upaya penataan lokasi dan
penertiban pedagang kaki lima (PKL), Pemerintah Pusat bekerja
sama dengan pemerintah daerah memberikan dukungan penguatan
pengembangan sarana usaha PKL melalui Koperasi. Sampai dengan
tahun 2008, sudah difasilitasi 16 lokasi PKL di 13 provinsi dan
bantuan penguatan kepada 2.319 usaha mikro. Sementara itu, pada
tahun 2009 Pemerintah melaksanakan program stimulus fiskal untuk
penataan 13 sarana usaha PKL di 13 kabupaten/kota di 32 provinsi.
Dukungan penguatan pasar tradisional yang diberikan
Pemerintah ditujukan untuk meningkatkan kualitas dan fungsi pasar
tradisional melalui rehabilitasi pasar tradisional. Dengan demikian,
dapat diwujudkan kondisi pasar yang layak, bersih, teratur, nyaman
dan aman, serta dikelola secara profesional. Selain itu, para pedagang
mendapatkan kepastian lokasi usaha dengan didukung peran
kelembagaan koperasi di dalamnya. Pasar tradisional yang telah
dikembangkan sebanyak 71 unit pada periode tahun 2005—2008.
Sementara itu, pada tahun 2009 dilaksanakan program stimulus
pembangunan pasar tradisional sebanyak 91 unit.
20 - 16
E. Peningkatan Kualitas Kelembagaan Koperasi
Koperasi diharapkan dapat ditingkatkan kualitasnya agar
mampu tumbuh dan berkembang sesuai jati dirinya menjadi wadah
kepentingan bersama bagi anggotanya. Pemerintah telah melakukan
berbagai kegiatan untuk meningkatkan kualitas koperasi antara lain:
(a) klasifikasi koperasi dan pencapaian koperasi berkualitas; (b)
sosialisasi pembentukan koperasi; (c) pendidikan perkoperasian; dan
(d) pengembangan kerja sama koperasi pertanian se ASEAN.
Untuk mengetahui kinerja dan kualifikasi koperasi Indonesia,
dan mendorong pelaksanaan prinsip-prinsip koperasi, Pemerintah
telah melakukan upaya intensif dan terpadu dengan klasifikasi
koperasi. Pada periode tahun 2006-2008, telah dilakukan klasifikasi
koperasi sebanyak 33.463 koperasi dengan rincian 4.796 koperasi
klasifikasi A, 14.240 koperasi klasifikasi B, 14.458 koperasi
klasifikasi C. Hasil dari klasifikasi akan menjadi bahan bagi
penetapan kebijakan pengembangan koperasi dan menjadi sumber
informasi bagi pihak lain yang memerlukan kerja sama dengan
koperasi.
Selanjutnya, Pedoman Klasifikasi Koperasi disempurnakan
menjadi Pedoman Pemeringkatan Koperasi yang ditetapkan dalam
Peraturan Menteri Negara Koperasi dan UKM Nomor
22/Per/M.KUKM/IV/2007. Pada tahun 2007, dihasilkan 7.918
koperasi yang berperingkat dengan rincian: (a) 4 koperasi
berperingkat sangat berkualitas, (b) 2.592 koperasi berperingkat
berkualitas, dan (c) 5.322 koperasi berperingkat cukup berkualitas.
Sementara itu, pada tahun 2008 dihasilkan 886 koperasi yang
berperingkat dengan rincian: (a) 22 koperasi berperingkat
berkualitas, dan (b) 864 koperasi berperingkat cukup berkualitas.
Dalam rangka penguatan permodalan bagi koperasi sivitas
akademika (KOSIKA), Pemerintah telah memberikan bantuan modal
kepada 10 unit KOSIKA yang tersebar di 10 provinsi pada tahun
2007. Penguatan permodalan KOSIKA akan dapat dirasakan
manfaatnya oleh 1.250 orang anggota koperasi.
Dalam rangka peningkatan kualitas dan jumlah koperasi,
Pemerintah melakukan sosialisasi pembentukan koperasi. Kegiatan
ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kelompok usaha
20 - 17
masyarakat terutama yang sudah memiliki usaha produktif menjadi
lembaga yang berbentuk koperasi. Pada tahun 2008, telah dilakukan
sosialisasi pembentukan koperasi wanita di 4 provinsi.
Untuk meningkatkan peran koperasi di bidang pertanian dan
sekaligus dalam mengantisipasi perekonomia dunia yang semakin
kompetitif, Indonesia telah berpartisipasi dalam kerja sama koperasi
se-ASEAN. Wadah Kerja sama diwujudkan melalui pembentukan
ASEAN Center for The Development of Agricultural Cooperative
(ACEDAC). Anggotanya adalah gerakan koperasi dari negara-negara
anggota ASEAN. Pada tahun 2008, telah diadakan sidang tahunan di
Lao PDR yang menghasilkan: (a) kesepakatan pelaksanakan Strategy
Alliances Project untuk Dairy Product Marketing oleh Gabungan
Koperasi Susu Indonesia (GKSI); (b) penyelenggaraan exchange
visit yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan bagi pengurus
maupun pengelola koperasi; dan (c) penguatan kerja sama negaranegara ASEAN dengan Jepang.
Dalam upaya meningkatkan kualitas SDM koperasi, Lembaga
Pendidikan Koperasi (LAPENKOP) telah menyelenggarakan diklat
perkoperasian. Diklat ini ditujukan kepada anggota koperasi,
pengurus koperasi dan pengawas koperasi. Selama periode tahun
2005-2008 telah dilatih sekitar 1,5 juta orang. Pemerintah juga pada
periode tahun yang sama telah menyelenggarakan diklat
perkoperasian kepada 14.280 orang yang terdiri anggota koperasi,
pengurus koperasi, pengelola koperasi, pengawas koperasi maupun
masyarakat yang akan membentuk koperasi.
III. TINDAK LANJUT YANG DIPERLUKAN
Beberapa tindak lanjut dalam memberdayakan koperasi dan
UMKM perlu dilakukan, terutama adalah pada hal-hal berikut ini.
1) Menindaklanjuti Undang-Undang tentang Usaha Mikro, Kecil
dan Menengah (UMKM) sebagai landasan yang kuat dalam
memberdayakan UMKM pada masa mendatang, segera di
tindaklanjuti sehingga menjadikan UMKM yang tangguh, kuat
dan mandiri, serta lebih mendapat jaminan kepastian hukum.
Untuk itu, diperlukan beberapa peraturan pelaksanaan, baik
berupa peraturan presiden maupun peraturan pemerintah.
20 - 18
2) Perlu adanya penyempurnaan dalam pelaksanaan KUR
melalui (a) penyempurnaan pelaksanaan penyaluran KUR
mikro; (b) perluasan bank pelaksana penyaluran KUR; dan (c)
peningkatan skema linkage yang melibatkan lembaga
keuangan mikro (LKM) dan KSP/USP dalam penyaluran
KUR.
3) Perlu adanya terobosan (rintisan) untuk mengembangkan
sentra-sentra produksi di daerah terisolasi dan
tertinggal/perbatasan. Tindak lanjut ini diperlukan agar
masyarakat atau sentra-sentra produksi di daerah
tertinggal/perbatasan dapat tumbuh dan berkembang sesuai
dengan potensi lokal tiap-tiap daerah.
4) Penyediaan insentif dan dukungan bagi pengembangan inovasi
dan teknologi untuk mendukung UKM dan koperasi dan
wirausaha baru berbasis teknologi. Insentif ini terutama
ditujukan bagi UKM yang berorientasi ekspor,
subkontrak/penunjang, agribisnis/agroindustri dan yang
memanfaatkan sumber daya lokal.
5) Penumbuhan wirausaha baru melalui dukungan fasilitasi
praktek usaha yang melibatkan peran lembaga pendidikan
pedesaan. Lembaga ini merupakan kelompok yang berperan
mendorong proses trickle down effect dalam bidang ekonomi
dan iptek. Pemberdayaan lembaga pendidikan pedesaan dalam
kegiatan usaha koperasi dan kewirausahaan sekaligus
ditujukan pada pengurangan pengangguran khususnya tenaga
kerja terdidik yang sekaligus akan dapat mengatasi masalah
keterbatasan kemampuan SDM koperasi.
6) Penyediaan dana melalui koperasi untuk sarana produksi
bersama anggota yang ditujukan untuk meningkatkan
produktivitas koperasi dan UMKM di bidang pertanian
tanaman pangan, hortikultura, perikanan dan peternakan,
pekebunan dan kehutanan, serta aneka usaha lainnya.
7) Revitalisasi lembaga pendidikan dan pelatihan perkoperasian
dengan tujuan untuk meningkatkan ketersediaan tenaga
pembina dan penyuluh perkoperasian di daerah.
TATA KELOLA PERUSAHAAN YANG BAIK
Tata Kelola Perusahaan Yang Baik/Good Corporate Governance (GCG) adalah struktur dan mekanisme yang mengatur pengelolaan perusahaan sehingga menghasilkan nilai ekonomi jangka panjang yang berkesinambungan bagi para pemegang saham maupun pemangku kepentingan. Penerapan prinsip prinsip tata kelola perusahaan yang baik dapat berkontribusi dalam peningkatan kinerja perusahaan. Pemahaman ini mendasari komitmen PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) untuk senantiasa menegakkan penerapan GCG dalam setiap jenjang organisasi dan kegiatan operasionalnya.
Pelaksanaan prinsip GCG didasarkan pada Peraturan Menteri BUMN No. Per-01/MBU/2011 tanggal 1 Agustus 2011 tentang Penerapan Praktik Good Corporate Governance (GCG) pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menyebutkan ketentuan serta pedoman pelaksanaan GCG di Perusahaan. Penjabaran landasan pelaksanaan GCG tersebut juga diperjelas dalam Anggaran Dasar Perusahaan, pedoman-pedoman dan berdasarkan peraturan perundang undangan yang berlaku.
Penerapan Azas GCG
Pelaksanaan semua kegiatan telah sesuai dengan prinsip dasar GCG yaitu transparansi, akuntabilitas, kemandirian, pertanggungjawaban dan kewajaran.
Transparansi
Asas keterbukaan selalu diterapkan dalam menjalankan bisnis melalui penyediaan informasi yang material dan relevan serta dengan cara yang mudah diakses dan dipahami oleh pemangku kepentingan. Informasi yang seluas-luasnya diberikan kepada publik dan pemegang saham, dengan memperhatikan peraturan OJK maupun atas inisiatif sendiri. Laporan-laporan diterbitkan secara berkala dan tepat waktu, yang mencakup Laporan Keuangan Triwulan, Laporan Keuangan Semester, dan Laporan Keuangan Tahunan yang diaudit, serta Laporan Tahunan. Informasi juga diberikan melalui paparan publik, media cetak dan elektronik, serta forum investor.
Akuntabilitas
Perseroan memiliki sistem pengelolaan perusahaan yang mendukung terciptanya kejelasan fungsi, pelaksanaan dan pertanggungjawaban kinerja organ perusahaan. Prinsip akuntabilitas diterapkan antara lain melalui langkah-langkah pelaporan Direksi kepada Dewan Komisaris mengenai rencana anggaran tahunan dan evaluasi bersama atas kinerja keuangan Perusahaan, penyampaian laporan keuangan pada RUPS Tahunan, pembentukan Audit Internal dan penunjukan auditor eksternal, serta pemberlakuan etika bisnis dan pedoman perilaku Perusahaan.
Pertanggungjawaban
Perseroan memiliki sistem pengelolaan perusahaan yang mendukung terciptanya kejelasan fungsi, pelaksanaan dan pertanggungjawaban kinerja organ perusahaan. Prinsip akuntabilitas diterapkan antara lain melalui langkah-langkah pelaporan Direksi kepada Dewan Komisaris mengenai rencana anggaran tahunan dan evaluasi bersama atas kinerja keuangan Perusahaan, penyampaian laporan keuangan pada RUPS Tahunan, pembentukan Audit Internal dan penunjukan auditor eksternal, serta pemberlakuan etika bisnis dan pedoman perilaku Perusahaan.
Indepedensi
Perseroan selalu memastikan bahwa pengelolaan perusahaan dilakukan secara independen sehingga masing-masing organ perusahaan tidak saling mendominasi dan tidak dapat diintervensi oleh pihak lain. Sebagai contoh, Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan memiliki pendapat yang independen dalam setiap keputusan yang diambil, namun dimungkinkan untuk mendapatkan saran dari konsultan independen, hukum, sumber daya manusia dan komite-komite untuk menunjang kelancaran tugasnya. Saat ini Dewan Komisaris Perseroan beranggotakan 3 (tiga) orang, 1 (satu) Komisaris Utama dan 2 (dua) lainnya Komisaris.
Kewajaran dan Kesetaraan
Di Perseroan kepentingan pemegang saham dan pemangku kepentingan lainnya selalu mendapatkan perhatian khusus. Perseroan juga selalu menerapkan perlakuan yang setara baik kepada publik, otoritas pasar modal, komunitas pasar modal, maupun para pemangku kepentingan. Sementara itu hubungan dengan karyawan dijaga dengan memperhatikan hak dan kewajibannya secara adil dan wajar.
Untuk memastikan bahwa penerapan asas-asas GCG dalam setiap aspek bisnis Perseroan, maka diperlukan peran aktif serta dukungan dari Dewan Komisaris dan Direksi. Peran aktif dan dukungan tersebut pada tahun 2014 diwujudkan melalui:
- Pembaharuan Kebijakan & Prosedur Perseroan terkait Tata Kelola Perusahaan.
- Pelaksanaan asesmen penerapan GCG Perseroan oleh Independent Assessor.
- Sosialisasi Kebijakan & Prosedur Perseroan terkait Tata Kelola Perusahaan kepada para pemangku kepentingan.
Panduan Pelaksanaan Tata Kelola Perusahaan
Segenap manajemen dan karyawan telah mewujudkan komitmen penerapan GCG melalui penandatanganan pakta integritas berdasarkan pedoman GCG yang diterapkan di seluruh tingkat organisasi dan kegiatan operasional Perseroan.
Asesmen GCG
Perseroan telah menunjuk Independent Assessor untuk menilai praktik GCG berdasarkan Pasal 44 ayat (5) Peraturan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara No. PER-09/MBU/2012 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara No. Per-01/MBU/2011 tentang Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance) pada Badan Usaha Milik Negara juncto Peraturan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara No. Per-01/MBU/2011 tentang Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance) pada Badan Usaha Milik Negara dan Surat Keputusan Sekretaris Kementerian Badan Usaha Milik Negara No. SK-16/S.MBU/2012 tentang Indikator/Parameter Penilaian dan Evaluasi atas Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance) Pada Badan Usaha Milik Negara. Dari hasil asesmen tersebut, Perseroan memperoleh predikat "Baik".
Pelaporan Pelanggaran
Mekanisme Whistleblowing
Mekanisme/Prosedur Penerimaan Pelaporan Pelanggaran yang diduga dilakukan oleh Karyawan, Direksi, Dewan Komisaris, Organ Penunjang Dewan Komisaris, Kepala Divisi dan Organ Penunjang Direksi dilakukan dengan mekanisme sebagai berikut:
a. Melalui website www.smf-indonesia.co.id.
b. Menyampaikan surat yang ditujukan kepada Tim
Pengelola Pelaporan Pelanggaran, dengan cara diantar langsung atau melalui pos ke Perseroan dengan alamat:
Tim Pengelola Pelaporan Pelanggaran PT Sarana Multigriya Finansial (Persero)
Grha SMF, Jalan Panglima Polim I No.1 Melawai, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan, 12160.
Tel : 021 - 2700400
Fax : 021 - 2701400
Email: tim_pengelola_pelaporan@smf-indonesia.co.id
Grha SMF, Jalan Panglima Polim I No.1 Melawai, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan, 12160.
Tel : 021 - 2700400
Fax : 021 - 2701400
Email: tim_pengelola_pelaporan@smf-indonesia.co.id
Sejak 26 Desember 2012 Perseroan telah menerbitkan Kebijakan dan Prosedur Pelaporan Pelanggaran yang telah disetujui oleh Direksi dan Dewan Komisaris berlaku.
Penerapan Kebijakan Pelaporan Pelanggaran merupakan upaya peningkatan kualitas pelaksanaan tata kelola perusahaan. Kebijakan ini memfasilitasi semua pihak baik pimpinan, karyawan, maupun pihak luar yang terkait dengan perusahaan untuk melakukan pelaporan pelanggaran. Pelanggaran tersebut meliputi penyimpangan atas etika bisnis, etika kerja, kebijakan perusahaan, peraturan perundangan yang berlaku, anggaran dasar perusahaan, perjanjian kontrak perusahaan dengan pihak luar, rahasia perusahaan, atau perbuatan lainnya yang dapat merugikan perusahaan maupun pemangku kepentingan yang dilakukan oleh karyawan atau pimpinan perusahaan. Pelaporan ditujukan kepada pimpinan perusahaan atau kelembagaan lain yang dapat mengambil tindakan atas pelanggaran tersebut.
Penggunaan Dan Output Whistleblowing System
Atas pelaporan pelanggaran yang diterima, Tim Pengelola Pelaporan akan melakukan proses
penanganan pelaporan dengan melakukan verifikasi atas laporan yang masuk berdasarkan catatan tim. Tim Pengelola Pelaporan Pelanggaran akan memutuskan perlu tidaknya dilakukan investigasi atas Pelaporan pelanggaran dalam waktu 30 (tiga puluh) hari dan.
dapat diperpanjang paling lama 30 (tiga puluh) hari kerja. Apabila hasil verifikasi menunjukkan bahwa Pelaporan tidak benar dan tidak ada bukti maka tidak akan diproses lebih lanjut, namun apabila hasil verifikasi menunjukkan adanya indikasi pelanggaran yang disertai bukti-bukti yang cukup, maka Pelaporan dapat diproses ke tahap investigasi..
Pelaku pelanggaran yang telah terbukti berdasarkan hasil investigasi, akan diproses sesuai dengan peraturan yang berlaku. Apabila hasil investigasi terbukti adanya pelanggaran disiplin oleh Karyawan, maka Tim Pengelola Pelaporan Pelanggaran dapat menindaklanjuti dengan melaporkan hasil investigasi kepada Direksi untuk ditindaklanjuti. Apabila hasil investigasi terbukti adanya pelanggaran oleh Karyawan yang mengarah ke tindak pidana, maka dapat ditindaklanjuti proses hukum yang berlaku kepada lembaga penegak hukum dengan Direksi sebagai pejabat penyerah perkara.
Implementasi Sistem Pelaporan Pelanggaran Di Tahun 2014
Selama tahun 2014 Tim Pengelola Pelaporan Pelanggaran tidak menerima laporan atas penyimpangan apapun di Perseroan.
Rencana Sistem Pelaporan Pelanggaran Di Tahun 2015
Pada tahun 2014, telah dilakukan pembahasan implementasi Sistem Pelaporan Pelanggaran di Perseroan. Atas hasil pembahasan tersebut, tahun 2015 direncanakan untuk dilakukan review dan perubahan Sistem Pelaporan Pelanggaran sehingga implementasinya dapat berjalan lebih efektif.
Perlindungan Pelapor
Perlindungan pelapor dimaksudkan untuk mendorong keberanian melaporkan pelanggaran.
Perlindungan pelapor meliputi:
Perlindungan pelapor meliputi:
- Jaminan kerahasiaan identitas pelapor dan isi laporan
- Jaminan keamanan bagi pelapor maupun keluarganya
- Jaminan perlindungan terhadap perlakuan yang merugikannya
Perseroan memberikan jaminan kerahasiaan identitas terlapor sampai berubah menjadi status terperiksa.
Pengelola Pengaduan Pelanggaran
Pengelola Pengaduan Pelanggaran adalah Tim Pengelola Pelaporan Pelanggaran yang dibentuk berdasarkan pengesahan Dewan Komisaris dan Direksi atas dokumen Kebijakan dan Prosedur Pengelolaan Laporan Pelanggaran V:01 T:12 2012 tertanggal 26 Desember 2012.
Tim dibentuk secara ad hoc berdasarkan SK Direksi sesuai laporan pelanggaran yang diproses. Tim terdiri dari:
- Kepala SPI
- Kepala Divisi SDM dan Umum
- Kepala Divisi Terkait
“Tunjauan Hukum Kelembagaan MA”
Inisiasi Tuton : Ke-3
Mata Kuliah : Teori Perundang-Undangan
Program Studi : Ilmu Hukum
Fakultas : FHISIP
?Tujuan Umum
Agar mahasiswa mempunyai pemahaman dan kemampuan tentang
kelembagaan Mahkamah Agung
Kegiatan Belajar 1 à kegiatan ini akan mempelajari organisasi Mahkamah Agung (MA) dalam
tinjauan UUD 1945, bagaimana kedudukan putusan MA, termasuk mengenai struktur
organisasi yudisial di Indonesia di modern ini.
Kegiatan Belajar 2 à mahasiswa akan mempelajarai kedudukan MA dan kekuasaan
kehakiman. Sub bahasan yang dikaji yakni fungsi yudisial yang dimiliki MA,
sejarah eksistensi MA.
Kegiatan Belajar 3 à Mahasiswa mempelajari hukum acara Mahkamah Agung,
kewenangan MA dalam pengujian peraturan perundang-undangan di bawah UU
•Kekuasaan kehakiman adalah ciri pokok negara hukum (rechstaat) dan prinsip the
rule of law.
•Demokrasi mengutamakan the will of the people. Negara hukum
mengutamakan the rule of law.
•Kedua hal tersebut tidak bisa dipisahkan satu dengan
lainnya.
•Namun, keduanya harus dipisahkan dan dicermnkan dengan
institusi yang berbeda.
•Ada dua prinsip pokok dalam sistem peradilan (judicial
system) dalam
hukum modern (modern constitutional state): (1) the principle of judicial independence (independen) (2) the
principle of judicial impartiality (tidak berpihak).
•Forum International Judicial Conference di Bangalore, India
Tahun 2001, disepakati kode etik perilaku hakim (The Bangalore
Principle of Judicial Conduct)à independensi, ketidakberpihakan, integritas, kepantasan
dan sopan santun, kesetaraan, kecakapan dan keseksamaan
•Mahkamah
Agung (MA) memiliki kewenangan mengadili pengujian terhadap peraturan
perundang-undangan di bawah UU terhadap UU. Hal ini sebagaimana tertuang dalam
Pasal 24A UUD 1945.
•Suatu
peraturan perundang-undangan di bawah UU diaggap tidak sah dengan alasan
bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi atau
pembentukannya tidak memenuhi ketentuan yang berlaku.
•
•
•Pasal
31A ayat (1)
UU No 3 Tahun 2009 tentang Perubahan Kedua atas UU No 14 Tahun 1985 tentang
Mahkamah Agung, permohonan judicial review hanya dapat dilakukan
oleh pihak yang menganggap haknya dirugikan oleh berlakunya peraturan perundang-undangan di bawah UU.
•Perorangan warga negara Indonesia
•Kesatuan
masyarakat hukum ada sepanjang masih hidup dan sesuai dengan perkembangan
masyarakat dan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia yang diatur dalam UU.
•Badan
hukum publik atau badan hukum privat
•Peraturan
Mahkamah Agung No 1 Tahun 204 tentang Hak Uji Materiil, menggunakan terminologi
“Permohonan Keberatan” yang diajukan
kepada MA dengan cara:
1.Langsung ke MA
2.Melalui Pengadilan
Negeri yang mmebawahi wilayah hukum tempat kedudukan Pemohon
3.Permohonan Keberatan
diajukan dalam tenggang waktu 180 hari sejak ditetapkan peraturan
perundang-undangan yang bersangkutan
4.Pemohon membayar biaya
permohonan pada saat mendaftarkan permohonan keberatan yang besarnya akan
diatur tersendiri.
●
6. Dalam hal permohonan
keberatan diajukan langsung ke MA: (a) didaftarkan di Kepaniteraan MA (b)
dibukukan dalam buku register permohonan (c) panteria MA memeriksa kelengkapan
bekras dan apabila terdapar kekurangan dapat meminta langsung kepaa Pemohon Keberatan
atau kuasa hukumnya yang sah
7. Dalam hal Permohonan
Keberatan diajukan melalui Pengadilan Negeri: (a) didaftarkan pada kepaniteraan Pengadilan Negeri (b)
pemohon atau kuasanya yang sah membayar biaya permohonan dan diberikan tanda
terima (c) permohonan dibukukan dalam buk register permohonan (d) panitera
Pengadilan Negeri memeriksa kelengkapan permohonan keberatan yang telah
didaftarkan oleh Pemohon atau kuasanya yang sah, dan apabila terdapat
kekurangan dapat meminta langsung kepada pemohon atau kuasanya yang sah
Langganan:
Postingan (Atom)
yang terbaik
No whatsapp jasa karya ilmiah Universitas Terbuka
Untuk no whatsapp nya ganti di 085293796340 Untuk testimoni ada di galeri. Untuk yg lain2 gak tak post krna sdh mulai di rame pembahasan ter...
-
12 Peninggalan Sejarah Paling Misterius di Dunia Hal misterius selalu menggugah keingin-tahuan manusia dengan rasa penasarannya (curios...