merupakan
KEBUTUHAN dasar. Manusia membutuhkan makanan, pakaian,tempat
berlindung, keamanan, hak milik dan harga diri. Keinginan (wants) adalah
hasrat akan pemuas kebutuhan yang spesifik. Meskipun kebutuhan manusia
sedikit, keinginan mereka banyak. Keinginan manusia terus dibentuk dan
diperbaharui sejalan dengan perkembangan jaman. Permintaan (demands)
adalah keinginan akan produk spesifik yang didukung oleh kemampuan dan
kesediaan untuk membelinya. Keinginan jadi permintaan jika didukung oleh
daya beli.
2) Produk
2) Produk
Semua
yang dapat ditawarkan ke dalam pasar untuk memenuhi keinginan atau
kebutuhan konsumen melalui suatu pertukaran. Produk dapat berbentuk
fisik (mobil, rumah, buku), jasa (perbankan, dokter, angkutan), orang
(artis, model) atau tempat (Bali, Hawai). Dengan demikian produk dapat
diartikan sebagai suatu barang, jasa, ide ataupun kombinasinya
3) Nilai (value)
perkiraan konsumen atas seluruh kemampuan produk untuk memuaskan kebutuhannya
Biaya adalah harga yang harus dibayar konsumen atas produk yang dikonsumsi Kepuasan adalah seberapa puas konsumen atas produk yang mereka konsumsi (kesesuaian antara harapan dan kenyataan)
Biaya adalah harga yang harus dibayar konsumen atas produk yang dikonsumsi Kepuasan adalah seberapa puas konsumen atas produk yang mereka konsumsi (kesesuaian antara harapan dan kenyataan)
4) Pertukaran
tindakan memperoleh barang yang dikehendaki dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai imbalan.
Transaksi adalah perdagangan nilai antara dua pihak atau lebih.
5) Hubungan
Transaksi adalah perdagangan nilai antara dua pihak atau lebih.
5) Hubungan
praktik
membangun hubungan jangka panjang yang memuaskan dengan pihak-pihak
kunci pelanggan, pemasok, penyalur guna mempertahankan preferensi dan
bisnis jangka panjang. Pemasar yang cerdik berusaha membangun hubungan
jangka panjang yang saling mempercayai dan saling menguntungkan dengan
pelanggan, penyalur, dealer, dan pemasok yang berharga.Hasil pemasaran
hubungan yang utama adalah pengembangan asset unik perusahaan yang
disebut jaringan pemasaran.
Jaringan pemasaran terdiri dari perusahaan dan semua pihak pendukung yang berkepentingan, yaitu pelanggan, pekerja, pemasok, penyalur, pengecer, agen iklan, ilmuwan, dan pihak lain yang bersama-sama dengan perusahaan telah membangun hubungan bisnis yang saling menguntungkan.
6) Pasar
Jaringan pemasaran terdiri dari perusahaan dan semua pihak pendukung yang berkepentingan, yaitu pelanggan, pekerja, pemasok, penyalur, pengecer, agen iklan, ilmuwan, dan pihak lain yang bersama-sama dengan perusahaan telah membangun hubungan bisnis yang saling menguntungkan.
6) Pasar
salah
satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan
infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk
orang-orang dengan imbalan uang
7) Pemasar
7) Pemasar
seseorang yang mencari satu atau lebih calon pembeli yang akan terlibat dalam pertukaran nilai.
Calon pembeli adalah seseorang yang diidentifikasi oleh pemasar sebagai orang yang mungkin bersedia dan mampu terlibat dalam pertukaran nilai.
B. Konsep pemasaran sebagai filosofi berpendapat bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan efisien dibanding pesaingnya.
Dimana perkembangan dari konsep pemasaran yang disesuaikan dengan perubahan sejalan dengan adanya kesadaran masyarakat tentang pentingnya memelihara keseimbangan lingkungan dan sosial, serta kesejahteraan masyarakat.
Beberapa faktor yang mendorong berkembangnya konsep pemasaran kemasyarakatan adalah isu-isu tentang lingkungan hijau (green marketing), pemasaran sosial, etika dan moral berbisnis, serta profit oriented versus social oriented.
C. Pemasaran holistik adalah konsep pemasaran yang sering dipakai pada akhir dekade ini. Komponen dalam orientasi pemasaran ini ada 4 yaitu relationship marketing, integrated marketing, internal marketing dan social responsibility marketing.
Pemasaran relational merupakan proses dalam mengidentifikasi dan
membangun, mempertahankan, mempercepat dan kapanpun perlu memutuskan
hubungan dengan pelanggan dan pihak lain yang berkepentingan terhadap
perusahaan untuk memperoleh laba, sehingga dapat mencapai tujuan dari seluruh
bagian yang terlibat dengannya.
Calon pembeli adalah seseorang yang diidentifikasi oleh pemasar sebagai orang yang mungkin bersedia dan mampu terlibat dalam pertukaran nilai.
B. Konsep pemasaran sebagai filosofi berpendapat bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan efisien dibanding pesaingnya.
Dimana perkembangan dari konsep pemasaran yang disesuaikan dengan perubahan sejalan dengan adanya kesadaran masyarakat tentang pentingnya memelihara keseimbangan lingkungan dan sosial, serta kesejahteraan masyarakat.
Beberapa faktor yang mendorong berkembangnya konsep pemasaran kemasyarakatan adalah isu-isu tentang lingkungan hijau (green marketing), pemasaran sosial, etika dan moral berbisnis, serta profit oriented versus social oriented.
C. Pemasaran holistik adalah konsep pemasaran yang sering dipakai pada akhir dekade ini. Komponen dalam orientasi pemasaran ini ada 4 yaitu relationship marketing, integrated marketing, internal marketing dan social responsibility marketing.
Pemasaran relational merupakan proses dalam mengidentifikasi dan
membangun, mempertahankan, mempercepat dan kapanpun perlu memutuskan
hubungan dengan pelanggan dan pihak lain yang berkepentingan terhadap
perusahaan untuk memperoleh laba, sehingga dapat mencapai tujuan dari seluruh
bagian yang terlibat dengannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar