manajemen pemasaran semester 3 UPBJJ UT SEMARANG

1)Kebutuhan manusia (human needs)
merupakan KEBUTUHAN dasar. Manusia membutuhkan makanan, pakaian,tempat berlindung, keamanan, hak milik dan harga diri. Keinginan (wants) adalah hasrat akan pemuas kebutuhan yang spesifik. Meskipun kebutuhan manusia sedikit, keinginan mereka banyak. Keinginan manusia terus dibentuk dan diperbaharui sejalan dengan perkembangan jaman. Permintaan (demands) adalah keinginan akan produk spesifik yang didukung oleh kemampuan dan kesediaan untuk membelinya. Keinginan jadi permintaan jika didukung oleh daya beli.
2) Produk
Semua yang dapat ditawarkan ke dalam pasar untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan konsumen melalui suatu pertukaran. Produk dapat berbentuk fisik (mobil, rumah, buku), jasa (perbankan, dokter, angkutan), orang (artis, model) atau tempat (Bali, Hawai). Dengan demikian produk dapat diartikan sebagai suatu barang, jasa, ide ataupun kombinasinya 
3) Nilai (value)
perkiraan konsumen atas seluruh kemampuan produk untuk memuaskan kebutuhannya
Biaya adalah harga yang harus dibayar konsumen atas produk yang dikonsumsi Kepuasan adalah seberapa puas konsumen atas produk yang mereka konsumsi (kesesuaian antara harapan dan kenyataan)  
4) Pertukaran
tindakan memperoleh barang yang dikehendaki dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai imbalan.
Transaksi adalah perdagangan nilai antara dua pihak atau lebih.
5) Hubungan
praktik membangun hubungan jangka panjang yang memuaskan dengan pihak-pihak kunci pelanggan, pemasok, penyalur guna mempertahankan preferensi dan bisnis jangka panjang. Pemasar yang cerdik berusaha membangun hubungan jangka panjang yang saling mempercayai dan saling menguntungkan dengan pelanggan, penyalur, dealer, dan pemasok yang berharga.Hasil pemasaran hubungan yang utama adalah pengembangan asset unik perusahaan yang disebut jaringan pemasaran.
Jaringan pemasaran terdiri dari perusahaan dan semua pihak pendukung yang berkepentingan, yaitu pelanggan, pekerja, pemasok, penyalur, pengecer, agen iklan, ilmuwan, dan pihak lain yang bersama-sama dengan perusahaan telah membangun hubungan bisnis yang saling menguntungkan.
6) Pasar
salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang
7) Pemasar
seseorang yang mencari satu atau lebih calon pembeli yang akan terlibat dalam pertukaran nilai.
Calon pembeli adalah seseorang yang diidentifikasi oleh pemasar sebagai orang yang mungkin bersedia dan mampu terlibat dalam pertukaran nilai.
B. Konsep pemasaran sebagai filosofi berpendapat bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan efisien dibanding pesaingnya.
Dimana perkembangan dari konsep pemasaran yang disesuaikan dengan perubahan sejalan dengan adanya kesadaran masyarakat tentang pentingnya memelihara keseimbangan lingkungan dan sosial, serta kesejahteraan masyarakat.
Beberapa faktor yang mendorong berkembangnya konsep pemasaran kemasyarakatan adalah isu-isu tentang lingkungan hijau (green marketing), pemasaran sosial, etika dan moral berbisnis, serta profit oriented versus social oriented.
C. Pemasaran holistik adalah konsep pemasaran yang sering dipakai pada akhir dekade ini. Komponen dalam orientasi pemasaran ini ada 4 yaitu relationship marketing, integrated marketing, internal marketing dan social responsibility marketing.
Pemasaran relational merupakan proses dalam mengidentifikasi dan
membangun, mempertahankan, mempercepat dan kapanpun perlu memutuskan
hubungan dengan pelanggan dan pihak lain yang berkepentingan terhadap
perusahaan untuk memperoleh laba, sehingga dapat mencapai tujuan dari seluruh
bagian yang terlibat dengannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yang terbaik

jasa joki UT dan karya ilmiyah segala jurusan jaminan lolos plagiat 0878 9797 9399

  Dampak Kenaikan Nilai Upah Minimum Terhadap Kondisi Keuangan Perusahaan Pada Masa Pandemi Covid 19 (PT. AMTEK PRECISION COMPONENT BATAM) ...