UT Tak Selamanya TUA



UT Tak Selamanya TUA
 
Oleh : IRDATAMA SANTIA ANINDITA S.E
UPBJJ UT-SEMARANG
Universitas Terbuka (UT) ataudalambahasakerennya Open University of Indonesia merupakanPerguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia yang diresmikanpadatanggal 4 September 1984, berdasarkanKeputusanPresiden RI Nomor 41 Tahun 1984. Universitas yang mempunyai moto “MembukaAksesPendidikan Tinggi UntukSemua”merupakansatu-satunyaUniversitas yang ada di Indonesia yang mempunyaihakistimewayaitumembukakelasjarakjauhatausystem kuliahjarakjauh.
Terlepasdarikeistimewaantersebut, UT merupakanUniversitas yang seringdipandangsebelahmataolehmasyarakat. Dari dulusampaisekarang UT takpernahlepasdarisebutan “UniversitasTerlantar” atau “UniversitasTua” ataulebihparahnyalagi “UtekTua” yang jikadiartikandari Bahasa jawakeBahasa Indonesia ituberartiPikiranTua.
Semuaitumunculkarenaketidaktahuanmereka(masyarakat) tentang UT.Yang merekatahuhanyaUniversitas Terbuka adalahtempat orang yang berumurbersekolahatautempatkuliahnya guru-guru yang inginmeraihgelarkarenatuntutanprofesi.Mungkinituterjadikarena UT kurangmelakukanpromosisepertiUniversitaspadaumumnya, UT cenderungtertutupsehinggatidakbanyak yang tahuseberapakeren UT danseberapabesarprestasi yang telah UT ukir.
Namunnampaknyamasyarakatsekaranginiharusmulaimembukakeduamatanya, karenasemuaejekanataucelaanmerekatentang UT sudahtidakberlakulagiuntuksekarangini.Hadirnya program beasiswabidikmisidan CSR membuat UT diisiolehgenerasimuda yang mempunyaipotensidanprestasi di bidangakademikmaupun non akademik.Keberadaanmereka di UT memberikanwarnabarudalamduniapendidikan.Itumembuktikanbahwa UT TakSelamanyaTua. Ada generasimuda yang bergabungdengan UT yang siapmerubahparadigma negative tentang UT.
Ada beberapaprestasi yang telahmerekaukir. Misalnyapada SEMNAS 23 Oktober 2014 di UTCC PondokCabe Tangerang Selatan. Irdatama, Solahudin, Puspa, Deska, danOktamerupakan 5 Mahasiswa UT Semarang yang mewakili UT dalam Seminar Nasional yang diikutiolehbeberapaUniversitasberkualitas yang ada di Indonesia.Keberanian5 Mahasiswa UT di ajang Nasional tersebuttidakbisadianggapenteng, karenadalamajangtersebutmerekadituntutuntukmenjadiseorang “Pemakalah” dansecaramandirimenjelaskanmakalah yangtelahmerekabuatdihadapanpuluhanpasangmata yang takhanyalitusemuaadalah orang-orang jenius yang bergelar doctor.
Tidakhanyaitusaja. Irdatama, Rinaldi, danSunaryo juga pernahmenjadisaksilahirnyateoribaruatau“RumusTuhan HAHSLM DalamTeoriEkonomi” yang dipaparkanoleh DR.IR.H. Roikhan MA.MM dariUniversitas Islam NegeriSyarifHidayatullah Jakarta. Dalamajang SEMNAS FEKON di UTCC PondokCabe Tangerang Selatan padatanggal 10 September 2015.Bahkandalampostinganhttp://www.webometrics.info/. Universitas Terbuka menduduki No-21 Universitasterbaik di Indonesia diatasUniversitasNegeri Semarang, UniversitasNegeri Malang, danUniversitas Islam Indonesia. Ituartinya UT takselamanyaTertinggal, takselamanyaTerbelakang, dan UT takselamanyaTUA.(tama)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yang terbaik

jasa joki UT dan karya ilmiyah segala jurusan jaminan lolos plagiat 0878 9797 9399

  Dampak Kenaikan Nilai Upah Minimum Terhadap Kondisi Keuangan Perusahaan Pada Masa Pandemi Covid 19 (PT. AMTEK PRECISION COMPONENT BATAM) ...