MEMAHAMI KOMUNIKASI BISNIS
A.
Bentuk dasar Komunikasi
Komunikasi
adalah suatu proses pertukaran informasi antara individu melalui suatu system
yang biasa (lazim) baik dengan symbol-simbol, sinyal-sinyal, maupun perilaku
atau tindakan. Pengertian komunikasi ini paling tidak melibatkan dua orang atau
lebih dengan menggunakan cara-cara berkomunikasi yang biasa dilakukan oleh
seseorang seperti melalui iklan, tulisan maupun sinyal-sinyal nonverval.
Bentuk
dasar komunikasi adalah :
- Komunikasi verbal
Merupakan salah satu bentuk komunikasi yang
lazim digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan bisnis kepada pihak lain melalui
tulisan maupun lisan. Bentuk komunikasi ini memiliki struktur yang teratur dan
terorganisasi dengan baik.
Contoh komunikasi verbal :
Ø Membuat dan mengirim surat teguran kepada nasabah yang menunggak
pembayarannya
Ø Membuat dan mengirim surat penawaran harga barang kepada pihak
lain
Ø Membuat dan mengirim surat konfirmasi barang kepada pelanggan
Ø Membuat dan mengirim surat aduan (claim) kepada pihak lain
Ø Membuat dan mengirim surat
penolakan kerja
Ø Membuat dan mengirim surat
kontrak kerja kepada pihak lain
Ø Berdiskusi dalam suatu tim
kerja
Ø Melakukan wawancara kerja
dengan para pelamar kerja di suatu perusahaan
Ø dll
- Komunikasi nonverbal
Bentuk
yang paling mendasar dalam komunikasi bisnis asdalah komunikasi nonverbal.
Menurut teori antropologi, sebelum manusia menggunakan kata-kata, manusia telah
menggunakangerakan-gerakan tubuh, bahasa tubuh sebagai alat untuk berkomunikasi
dengan orang lain. Bentuk komunikasi nonverbal memiliki sifat yang kurang
terstruktur sehingga sulit untuk dipelajari.
Berikut
ini adalah contoh perilaku yang menunjukkan komunikasi nonverbal:
Ø Menggerakkan gigi untuk menunjukkan kemarahan (
dalam bahas jawa disebut getem-getem)
Ø Mengerutkan dahi untuk menunjukkan seseorang
sedang berpikir
Ø Gambar pria atau wanita yang dipasang di pintu
masuk toilet untuk menunjukkan kamar sesuai dengan jenis kelamin
Ø Berpangku tangan untuk menunjukkan seseorang
sedang melamun
Ø Tersenyum dan berjabat tangan dengan orang lain
untuk mewujudkan rasa senang , simpati dan penghormatan.
Ø Membuang muka untuk menunjjukan sikap tidak
senang atau antipati terhadap orang lain
Ø Dll
- Pentingnya Komunikasi Nonverbal
Salah satu kebaikan atau keunggulan komunikasi
nonverbal adalah kesahihannya (reliabilitas).
Hal ini berkaitan dengan tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap kebenaran
pesan-pesan yang disampaikan dengan menggunakan bahasa isyarat. Secara umum orang akan mudah
menipu orang lain dengan menggunakan kata-kata daripada menggunakan gerakan
tubuh (bahasa isyarat). Komunikasi nonverbal penting artinya terutama dalam
menyampaikan perasaan dan emosi, mendeteksi
kecurangan atau kejujuran serta sifatnya yang efisien. Dengan
memperhatikan isyarat nonverbal, seseorang dapat mendeteksi kecurangan atau
menegaskan kejujuran pengiriman pesan.
Tujuan komunikasi nonverbal :
Memberi informasi
Mengatur alur percakapan
Ekspresi Emosi
Memberi sifat melengkapi pesan-pesan verbal
Mempengaruhi orang lain
Mempengaruhi tugas khusus
B. Proses Komunikasi
Proses
komunikasi terdiri dari 6 tahap:
a. Pengiriman mempunyai suatu
ide atau gagasan
b. Pengiriman mengubah ide
menjadi suatu pesan
c. Pengiriman menyampaikan pesan
d. Penerima menerima pesan
e. Penerima menafsirkan pesan
f. Penerima memberi tanggapan dan
mengirim umpan balik kepada pengirim
TUGAS BISA WA 081902465337
Tidak ada komentar:
Posting Komentar