KOMUNIKASI BISNIS 09 UT SEMESTER 8


Inisiasi 1


MEMAHAMI KOMUNIKASI BISNIS

A. Bentuk dasar Komunikasi
Komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi antara individu melalui suatu system yang biasa (lazim) baik dengan symbol-simbol, sinyal-sinyal, maupun perilaku atau tindakan. Pengertian komunikasi ini paling tidak melibatkan dua orang atau lebih dengan menggunakan cara-cara berkomunikasi yang biasa dilakukan oleh seseorang seperti melalui iklan, tulisan maupun sinyal-sinyal nonverval.
Bentuk dasar komunikasi adalah :
  1. Komunikasi verbal
Merupakan salah satu bentuk komunikasi yang lazim digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan bisnis kepada pihak lain melalui tulisan maupun lisan. Bentuk komunikasi ini memiliki struktur yang teratur dan terorganisasi dengan baik.
Contoh komunikasi verbal :
Ø  Membuat dan mengirim surat teguran kepada nasabah yang menunggak pembayarannya
Ø  Membuat dan mengirim surat penawaran harga barang kepada pihak lain
Ø  Membuat dan mengirim surat konfirmasi barang kepada pelanggan
Ø  Membuat dan mengirim surat aduan (claim) kepada pihak lain
Ø  Membuat dan mengirim surat penolakan kerja
Ø  Membuat dan mengirim surat kontrak kerja kepada pihak lain
Ø  Berdiskusi dalam suatu tim kerja
Ø  Melakukan wawancara kerja dengan para pelamar kerja di suatu perusahaan
Ø  dll
  1. Komunikasi nonverbal
 Bentuk yang paling mendasar dalam komunikasi bisnis asdalah komunikasi nonverbal. Menurut teori antropologi, sebelum manusia menggunakan kata-kata, manusia telah menggunakangerakan-gerakan tubuh, bahasa tubuh sebagai alat untuk berkomunikasi dengan orang lain. Bentuk komunikasi nonverbal memiliki sifat yang kurang terstruktur sehingga sulit untuk dipelajari.
 Berikut ini adalah contoh perilaku yang menunjukkan komunikasi nonverbal:
Ø  Menggerakkan gigi untuk menunjukkan kemarahan ( dalam bahas jawa disebut getem-getem)
Ø  Mengerutkan dahi untuk menunjukkan seseorang sedang berpikir
Ø  Gambar pria atau wanita yang dipasang di pintu masuk toilet untuk menunjukkan kamar sesuai dengan jenis kelamin
Ø  Berpangku tangan untuk menunjukkan seseorang sedang melamun
Ø  Tersenyum dan berjabat tangan dengan orang lain untuk mewujudkan rasa senang , simpati dan penghormatan.
Ø  Membuang muka untuk menunjjukan sikap tidak senang atau antipati terhadap orang lain
Ø  Dll

  1. Pentingnya Komunikasi Nonverbal
Salah satu kebaikan atau keunggulan komunikasi nonverbal adalah kesahihannya (reliabilitas). Hal ini berkaitan dengan tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap kebenaran pesan-pesan yang disampaikan dengan menggunakan bahasa isyarat. Secara umum orang akan mudah menipu orang lain dengan menggunakan kata-kata daripada menggunakan gerakan tubuh (bahasa isyarat). Komunikasi nonverbal penting artinya terutama dalam menyampaikan perasaan dan emosi, mendeteksi  kecurangan atau kejujuran serta sifatnya yang efisien. Dengan memperhatikan isyarat nonverbal, seseorang dapat mendeteksi kecurangan atau menegaskan kejujuran pengiriman pesan.
Tujuan komunikasi nonverbal :
*      Memberi informasi
*      Mengatur alur percakapan
*      Ekspresi Emosi
*      Memberi sifat melengkapi pesan-pesan verbal
*      Mempengaruhi orang lain
*      Mempengaruhi tugas khusus
B. Proses Komunikasi
     Proses komunikasi terdiri dari 6 tahap:
a.       Pengiriman mempunyai suatu ide atau gagasan
b.      Pengiriman mengubah ide menjadi suatu pesan
c.       Pengiriman menyampaikan pesan
d.      Penerima menerima pesan
e.       Penerima menafsirkan pesan
f.       Penerima memberi tanggapan dan mengirim umpan balik kepada pengirim


 TUGAS BISA WA 081902465337

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yang terbaik

No whatsapp jasa karya ilmiah Universitas Terbuka

Untuk no whatsapp nya ganti di 085293796340 Untuk testimoni ada di galeri. Untuk yg lain2 gak tak post krna sdh mulai di rame pembahasan ter...