Bahasa Indonesia 12 Universitas Terbuka Semester Akhir

  Inisiasi 5

        Selamat berjumpa kembali para peserta Tuton mata kuliah Bahasa Indonesia/MKDU4110. Sekarang adalah Tutorial kelima pada minggu kelima. Materi tutorial pada minggu ini melanjutkan pertemuan minggu lalu yaitu membahas tentang keterampilan reseptif yaitu membaca. Sebelum kita membahas materi, perhatikan tujuan tutorial kita kali ini.

Kompetensi Khusus
Setelah mengikuti tutorial ini mahasiswa dapat:
 1. mengungkapkan isi bacaan,
 2. mengukur kemampuan membaca,
 3. menerapkan kemampuan membaca kritis.
Rumusan kompetensi di atas menggambarkan kegiatan yang akan Anda lakukan dalam tutorial kali ini adalah berlatih. Berlatih mengungkapkan isi bacaan, berlatih mengukur kemampuan membaca, dan berlatih menerapkan atau menggunakan kemampuan membaca kritis.

Saudara, tiga jenis kegiatan  latihan ini dapat dilakukan dalam satu waktu saja. Sebelum Anda masuk ke dalam ruang latihan, kami akan memberi contoh menghitung kecepatan membaca Anda dan tingkat kemampuan membaca Anda.
Mengukur Kecepatan membaca
Misal:
Jumlah kata wacana yang Anda baca adalah 600. Anda selesai membaca dalam waktu 20 detik, kecepatan membaca Anda adalah:
      600    
                 = 300 kata/menit
     20 : 60  

Mengukur kemampuan membaca
Setelah membaca Anda diberikan 10 pertanyaan bacaan dan Anda menjawab 7 pertanyaan dengan benar. Kemampuan membaca Anda adalah:
     600            70
    KEM               X              =   210 KPM
              20 : 60        100

Jadi, kemampuan membaca Anda adalah 210 kata permenit. Jika dikonversi ke dalam KEM, Anda memiliki kemampuan membaca setara dengan kemampuan siswa kelas VI SD atau SMP.
Demikian Saudara, semoga Anda mengerti. Sekarang silakan Anda masuk ke ruang latihan dan lakukan tugas latihan yang diberikan.  Setelah Anda melakukan latihan, jangan Anda lupa bahwa minggu ini adalah jadwal mengerjakan tugas tutorial 2, oleh karena itu buka pula ruang tugas dan kerjakanlah soal-soal tugas yang disediakan.
Selamat berlatih dan selamat bekerja.
Sukses Selalu








 BAGI YANG INGIN BERTANYA MASALAH TUGAS BISA HUB 081902465337

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yang terbaik

jasa joki UT dan karya ilmiyah segala jurusan jaminan lolos plagiat 0878 9797 9399

  Dampak Kenaikan Nilai Upah Minimum Terhadap Kondisi Keuangan Perusahaan Pada Masa Pandemi Covid 19 (PT. AMTEK PRECISION COMPONENT BATAM) ...