1.Alasan bahasa Melayu menjadi dasar
lahirnya bahasa Indonesia adalah ... .
|
A. merupakan bahasa para raja
|
|
B. sudah dikenal di banyak wilayah Nusantara
|
|
C. memiliki fonem lebih banyak
dibandingkan dengan bahasa lain
|
|
D. memiliki sifat bersahaja
|
Benar.Bahasa Melayu
pada saat itu sudah dikenal dan digunakan oleh berbagai lapisan di banyak
wilayah di Nusantara.
2.Butir pertama sumpah pemuda
berbunyi “Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu,
tanah Indonesia.” Butir ketiga berbunyi ... .
|
A. Kami putra dan putri Indonesia
mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
|
|
B. Kami putra dan putri Indonesia
mengaku bernegara yang satu, negara Indonesia.
|
|
C. Kami putra dan putri Indonesia
mengaku berbahasa yang satu, bahasa Indonesia.
|
|
D. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa
persatuan, bahasa Indonesia.
|
Benar. Khusus untuk
bahasa Indonesia kata mengaku dipertinggi menjadi menjunjung.
3.Bangsa Indonesia seharusnya
memiliki kebanggaan dalam menggunakan bahasa Indonesia. Dalam hal ini bahasa
Indonesia berkedudukan sebagai bahasa nasional dengan fungsi sebagai ... .
|
A. lambang kebanggaan nasional
|
|
B. lambang identitas nasional
|
|
C. alat pemersatu berbagai suku
bangsa
|
|
D. alat perhubungan antardaerah
dan antarbudaya
|
Benar. Lambang
kebanggaan nasional bermakna bangsa Indonesia selalu bangga akan bahasa
nasional “Bahasa Indonesia”.
4. Contoh penggunaan kata yang benar
dan berkaitan dengan pengetahuan agama adalah ... .
|
A. Ka’bah adalah bangunan
berbentuk kubus yang berada di Masjidilharam di Mekah.
|
|
B. Kaabah adalah bangunan suci
yang terletak di dalam Masjidilharam di Mekah.
|
|
C. Kabah adalah bangunan yang
dikelilingi umat Islam ketika melakukan tawaf.
|
|
D. Kakbah adalah kiblat umat Islam ketika melakukan
salat, bukan bangunan yang disembah.
|
Benar. Kakbah kata
baku, terdapat dalam kamus.
5. Pernyataan yang menyatakan bahwa
pada hakikatnya bahasa adalah ujar atau lisan adalah ... .
|
A. ragam bahasa terdiri atas ragam
lisan dan ragam tulis
|
|
B. komunikasi sudah terjadi sejak manusia pertama ada
ketika itu belum ada bahasa tulis
|
|
C. orang lebih banyak menggunakan
bahasa lisan ketika berkomunikasi dibandingkan dengan bahasa tulis
|
|
D. bahasa tulis hanya dapat
digunakan oleh orang-orang terpelajar
|
Benar.Komunikasi sudah
dilakukan manusia sejak Adam lahir dengan menggunakan bahasa lisan.Bahasa tulis
muncul berjuta tahun kemudian.
6. Sebagai alat komunikasi, bahasa
baru dikatakan efektif jika dipahami oleh pelaku komunikasi. Hal ini berarti
bahwa bahasa adalah ... .
|
A. ujaran
|
|
B. tulisan
|
|
C. memiliki makna
|
|
D. memiliki fungsi
|
Benar.Hal yang
dipahami oleh pelaku komunikasi adalah makna-makna yang diujarkan (bahasa).
7. Sondang yang berasal dari Batak
belum dapat melafalkan fonem /e/ menjadi /ə/, kata apel selalu
dilafalkan [apεl). Hal ini menunjukkan bahwa bahasa memiliki sifat ... .
|
A. dinamis
|
|
B. variatif.
|
|
C. konvensional
|
|
D. arbitrer
|
Benar.Variatif adalah
sifat bahasa dengan berbagai variasinya seperti dialek dan ideolek.
8. Mengapa hewan kecil yang hidup
bergerombol di lubang disebut semut bukan nyamuk atau gajah? Hal ini
menunjukkan bahwa bahasa memiliki sifat ... .
|
A. variatif
|
|
B. dinamis
|
|
C. manusiawi
|
|
B. dinamis
|
Salah.Dinamis bermakna
berubah (bertambah, berkurang, berganti).
9. Menyimak dan membaca merupakan
keterampilan berbahasa yang bersifat reseptif. Arti reseptif di sini adalah
keterampilan yang berupa kegiatan ... .
|
A. menerapkan sebuah pengetahuan
|
|
B. memahami pesan atau gagasan
|
|
C. menyampaikan pesan atau gagasan
|
|
D. mengolah pengetahuan dengan
teknik tertentu
|
Benar.Reseptif dalam
keterampilan berbahasa bermakna memahami pesan atau gagasan.
10. Menyimak yang dalam kurikulum
mata pelajaran bahasa Indonesia sering disebut mendengarkan adalah kegiatan ...
.
|
A. memahami pesan atau gagasan yang disampaikan secara
lisan
|
|
B. memahami pesan atau gagasan
yang disampaikan secara tertulis
|
|
C. menyampaikan pesan atau gagasan
yang disampaikan secara lisan
|
|
D. menyampaikan pesan atau gagasan
yang disampaikan secara tertulis
|
Benar.Menyimak adalah
kegiatan memahami pesan atau gagasan yang disampaikan secara lisan.
11. Ilustrasi ini menunjukkan adanya
hubungan antara keterampilan menulis dengan membaca.
|
A. Amin sedang menulis garis-garis
besar pembicaraan yang akan disampaikan pada acara pembukaan yayasan TPA
As-Salam.
|
|
B. Rakhmat sedang membaca buku
yang berisi tentang falsafah hidup yang akan disampaikan dalam ceramahnya
besok pagi.
|
|
C. Ridwan sedang menyelesaikan artikelnya, sesekali ia
berhenti menulis untuk membaca buku-buku yang berserakan di meja kerjanya.
|
|
D. Erni mendengarkan ceramah agama
sambil mencatat hal-hal yang dianggapnya penting.
|
Benar.Penjelasan
tersebut menggambarkan adanya hubungan antara keterampilan menulis dan membaca.
12.Faktor intelegensi sangat
berpengaruh terhadap daya simak kemampuan menyimak seseorang. Hal ini
disebabkan oleh ... .
|
A. menyimak sebagai suatu
keterampilan
|
|
B. menyimak merupakan suatu
kegiatan yang sulit
|
|
C. banyaknya unsur bahasa yang harus dipahami oleh
seorang penyimak
|
|
D. menyimak adalah kegiatan yang
dilakukan oleh para pelajar
|
Benar.Penyimak harus
pandai memaknai setiap unsur bahasa yang diucapkan pembicara, itu sebabnya
kemampuan menyimak seseorang terkait dengan tingkat intelegensinya.
13. Faktor kemampuan menarik
kesimpulan sangat berpengaruh terhadap daya simak seseorang. Artinya orang yang
memiliki kemampuan menyimak yang baik akan ... .
|
A. memberikan kesimpulan yang
salah pada akhir kegiatan menyimak
|
|
B. menjelaskan isi simakan yang
berbeda dengan bahan simakan
|
|
C. memberikan kesimpulan sesuai dengan bahan yang
disimaknya
|
|
D. menulis rangkuman yang tidak
sesuai dengan bahan simakan
|
Benar.Sesuai dengan
penjelasan rambu A.
14. Kakak teman Pak Gatot dari
Jember/ baru datang/ tadi pagi. Kalimat tersebut diucapkan oleh seorang adik
kepada kakaknya dengan intonasi yang salah. Intonasi yang tepat adalah ... .
|
A. Kakak/ teman Pak Gatot dari
Jember baru/ datang tadi pagi.
|
|
B. Kakak teman Pak Gatot/ dari
Jember baru datang/ tadi pagi.
|
|
C. alat pemersatu berbagai suku bangsa
|
|
D. Kakak teman Pak Gatot/ dari
Jember/ baru datang tadi pagi.
|
Benar.Yang baru datang
tadi pagi adalah teman Pak Gatot dari Jember.
15. Bonar sedang mencuci motor,
ketika sebuah stasiun radio memperdengarkan lagu ‘Arti Sahabat’ yang
dinyanyikan oleh kelompok Nidji, Bonar makin semangat mencuci motor sambil
menyanyi. Jenis menyimak yang dilakukan Bonar adalah menyimak ... .
|
A. estetis
|
|
B. kritis
|
|
C. kreatif
|
|
D. sekunder
|
Benar. Menyimak
sekunder adalah kegiatan menyimak yang dilakukan bersamaan dengan mengerjakan
pekerjaan lain.
16. Para siswa dengan penuh
perhatian mendengarkan pembacaan petunjuk yang dibacakan guru. Jenis kegiatan
menyimak yang dilakukan para siswa adalah menyimak ... .
|
A. interaktif
|
|
B. pasif
|
|
C. estetis
|
|
D. konsentratif
|
Benar.Menyimak
pembacaan sebuah petunjuk termasuk jenis menyimak konsentratif, karena
memerlukan daya konsentrasi yang memadai.
17. Membaca merupakan suatu proses
merekonstruksi makna. Artinya membaca adalah kegiatan ... .
|
A. mengubah lambang visual (katon)
menjadi lambang bunyi
|
|
B. mengubah kode-kode atau
lambang-lambang verbal menjadi bunyi-bunyi bahasa yang dapat dipahami
|
|
C. menangkap informasi atau makna sesuai dengan
informasi yang disampaikan penulis
|
|
D. menjelaskan informasi sesuai
dengan informasi yang disampaikan penulis
|
Benar. Proses
merekonstruksi makna dalam membaca adalah menangkap informasi yang disampaikan
penulis dengan tepat.
18. Beberapa kemampuan mikro yang
harus dimiliki seorang pembaca intensif adalah sebagai berikut, kecuali... .
|
A. mengenali lambang-lambang tulis
|
|
B. memahami makna tersirat
|
|
C. memahami kata-kata sulit
|
|
D. memahami informasi tersurat
|
Benar.Memahami makna
tersirat tidak termasuk kemampuan mikro dalam membaca intensif.
19. Pengertian pemahaman literal
dalam kegiatan membaca adalah kemampuan pembaca dalam memahami ... .
|
A. makna kata yang digunakan
penulis
|
|
B. makna kata-kata sulit yang
terdapat dalam bacaan
|
|
C. makna atau pesan secara tersurat
|
|
D. makna di balik pesan yang
terdapat di dalam bacaan
|
Benar.Pemahaman
literal adalah kemampuan memahami makna tersurat yang terkandung dalam bacaan.
20. Untuk memperoleh informasi dari
karya-karya ilmiah pendek teknik CATU tepat untuk digunakan, yaitu dengan cara
... .
|
A. catat dan tulis kembali
|
|
B. catat, tulis-kembali, dan uji
|
|
C. catat, tanya, dan ulang
|
|
D. catat atau tuliskan
|
Benar. Teknik CATU
dilakukan dengan cara catat, tulis-kembali, dan uji (informasi yang diperoleh).
21. Salah satu karakteristik membaca
ekstensif berkaitan dengan pembaca, adalah ... .
|
A. bahan bacaan sesuai dengan minat atau keperluan
pembaca
|
|
B. cakupannya lebih luas, lebih
banyak, dan lebih variatif
|
|
C. kegiatannya bersifat individual
|
|
D. waktu membaca tidak mengikat
|
Benar.Pernyataan
tersebut merupakan karakteristik yang berkaitan dengan pembaca.
22. Tujuan membaca cepat dengan
teknik skimmingadalah ... .
|
A. mengisi waktu luang
|
|
B. memahami isi bacaan secara
mendalam
|
|
C. mencari informasi tertentu dari sebuah bacaan
|
|
D. menghayati isi bacaan agar
dapat menceritakan isinya dengan baik
|
Benar. Teknik skimming
digunakan dengan tujuan mencari suatu informasi tertentu dengan cara yang
cepat.
23. Karakteristik karya ilmiah
populer adalah ... .
|
A. bentuknya lebih kecil dari
karya ilmiah murni
|
|
B. isinya lebih sederhana
dibandingkan karya ilmiah murni
|
|
C. bahasanya lebih ringan, mudah dimengerti, dan enak
dibaca
|
|
D. ilustrasinya lebih banyak
sehingga maksudnya menjadi lebih jelas
|
Benar.Perhatikan rambu
A.
24. Tesis adalah sebuah karya ilmiah
yang disusun oleh seorang ... .
|
A. calon mahasiswa
|
|
B. mahasiswa program S1
|
|
C. mahasiswa program S2
|
|
D. mahasiswa program S3
|
Benar.Seorang
mahasiswa program S1 diwajibkan menyusun tesis untuk memperoleh ijazah.
25. Contoh karya ilmiah populer
berbentuk deskriptif- ekspositoris adalah ... .
|
A. sejarah berdirinya Candi Borobudur
|
|
B. hasil penelitian tentang ragam
bahasa Betawi
|
|
C. jenis-jenis ikan hias lokal
|
|
D. kisah 26 Desember 2004
|
Benar. Tulisan yang
berisi hal tersebut akan mengupas secara mendalam tentang kapan, mengapa,
bagaimana Candi Borobudur berdiri (ekspositoris).
26. Kemampuan tertinggi yang
dimiliki pembaca dengan pemahaman literal adalah ... .
|
A. menghubungkan simbol-simbol
bahasa menjadi kata yang bermakna
|
|
B. merekonstruksi makna-makna
menjadi suatu informasi yang utuh
|
|
C. menangkap pesan atau informasi yang terdapat dalam
bacaan
|
|
D. menangkap makna di balik
informasi yang dituangkan dalam bacaan
|
Benar.Kemampuan
tersebut merupakan kemampuan tertinggi yang dimiliki seorang pembaca (pemahaman
literal).
27. Seorang pembaca yang memiliki
tingkat pemahaman interpretatif mampu ... .
|
A. menangkap makna kata-kata
|
|
B. menangkap makna tersurat
|
|
C. menangkap makna tersirat
|
|
D. menilai isi bacaan
|
Benar.Menangkap makna
tersirat dimiliki oleh pembaca yang berada pada tingkat pemahaman
interpretatif.
28. ”Tsunami yang menimpa Aceh
terjadi pada tanggal 25 Desember 2004.” Seorang pembaca kritis yang membaca
wacana tersebut akan ... .
|
A. menangkap informasi tersebut
apa adanya
|
|
B. menangkap makna di balik
kejadian yang terdapat dalam bacaan tersebut
|
|
C. membuat cerita atau puisi
berdasarkan bacaan tersebut
|
|
D. memperbaiki kesalahan yang terdapat dalam wacana itu
|
Benar. Pembaca kritis
akan memperbaiki fakta yang tertulis dalam bacaan (tanggal yang benar adalah 26
bukan tanggal 25).
29. Setelah membaca bacaan yang
berisi tingkah laku seekor hewan yang lucu, Anggi membuat sebuah puisi tentang
kebesaran Allah. Dalam hal ini Anggi tergolong pembaca dengan tingkat pemahaman
... .
|
A. literal
|
|
B. interpretatif
|
|
C. kritis
|
|
D. kreatif
|
Benar.Tingkat
pemahaman kreatif mampu mencipta karya baru berdasarkan isi bacaan.
30. Peletak dasar utama teknologi
pertelevisian adalah Paul Nipkow dari Jerman. Pada tahun 1884 ia menemukan
sebuah alat, kemudian disebut sebagai Jantra Nipkow. Penemuan tersebut telah
melahirkan electrische teleskop atau televisi elektris. Isi paragraf di atas
adalah ... .
|
A. kehidupan Paul Nipkow
|
|
B. penemu televisi elektris
|
|
C. stasiun televisi di Jerman
|
|
D. teknologi pertelevisian
|
Benar.Kata kunci
wacana tersebut adalah teknologi pertelevisian, Paul Nipkow, dan electrische
teleskop.
31. Rina membaca sebuah wacana yang
terdiri atas 1200 kata dalam waktu 3 menit. Ia mejawab dengan benar 7 dari 10
pertanyaan bacaan yang diajukan. Dengan demikian, dikatakan Sella memiliki
kemampuan efektif membaca (KEM) yaitu ... .
|
A. 240 KPM
|
|
B. 260 KPM
|
|
C. 280 KPM
|
|
D. 300 KPM
|
Benar.Perhatikan rumus
mencari KEM yang terdapat pada modul 5.
32. Salah satu cara untuk mengetahui
baik buruknya sebuah tulisan adalah menilai organisasi tulisan yaitu ... .
|
A. pendahuluan, isi, dan penutup
|
|
B. pilihan kata, penyusunan
kalimat, dan penyusunan paragraf
|
|
C. daftar isi, kata pengantar, dan
isi
|
|
D. daftar isi, isi, dan daftar
pustaka
|
Benar.Organisasi dasar
sebuah tulisan meliputi bagian pendahuluan, isi, dan penutup.
33. Dengan berbicara seseorang dapat
menyatakan perasaan dan pikirannya. Pernyataan ini menjelaskan bahwa berbicara
merupakan kegiatan ... .
|
A. yang dilakukan secara secara
lisan
|
|
B. mengekspresikan diri
|
|
C. yang bersifat produktif
|
|
D. berbahasa yang unik
|
Benar.Melihat
pernyataan tersebut maka dalam hal ini berbicara diartikan sebagai kegiatan
mengekspresikan diri.
34. Salah satu contoh konteks fisik
yang berpengaruh terhadap kegiatan berbicara nonformal adalah ... .
|
A. peserta komunikasi
|
|
B. emosi para pelaku komunikasi
|
|
C. karakteristik budaya
|
|
D. malam hari
|
Benar.Konteks fisik
berkaitan dengan hal-hal yang berkaitan dengan fisik seperti iklim, cuaca, suhu
udara, bentuk ruangan, warna dinding, penataan tempat duduk, dan jumlah peserta
komunikasi.
35. Para pahlawan nasional yang ...
di medan perang tergolong orang-orang yang mati sahid. Kata yang tepat untuk
mengisi bagian yang kosong pada kalimat tersebut adalah ... .
|
A. gugur
|
|
B. meninggal
|
|
C. wafat
|
|
D. mati
|
Benar.Kata yang tepat
untuk para pahlawan yang telah mengorbankan nyawanya adalah ‘gugur’.
36. Pandangan mata sebagai faktor
nonkebahasaan sangat penting dalam kegiatan berbicara formal, karena ... .
|
A. dapat membantu pendengar dalam
memahami apa yang dibicarakan
|
|
B. menumbuhkan hubungan psikologis antara pembicara
dengan pendengar
|
|
C. dapat mengundang perhatian
pendengar sehingga menjadi lebih fokus
|
|
D. akan membangun penampilan dan
percaya diri pembicara
|
Benar.Pandangan mata
dapat menumbuhkan hubungan psikologi atau kontak antara pembicara dan
pendengar.
37. Hal yang pertama dan sangat
penting, harus dilakukan seorang pembicara adalah ... .
|
A. membuat persiapan
|
|
B. mencari referensi
|
|
C. berlatih
|
|
D. membuat simpulan
|
Benar. Tanpa persiapan
yang baik, seorang pembicara tidak akan memperoleh hasil yang baik.
38. Isi bagian pembuka sebuah
tulisan yang baik adalah ... .
|
A. pengantar menuju inti persoalan yang hendak
disajikannya pada bagian isi
|
|
B. pengalaman hidup si penulis
|
|
C. paparan pokok-pokok inti
tulisan
|
|
D. simpulan, keinginan-keinginan,
atau harapan-harapan yang ingin dicapai
|
Benar. Bagian pembuka
sebuah tulisan yang baik akan berisi pengantar tentang apap yang akan
dituangkan di dalam bagian isi.
39. Satu dari beberapa syarat
kalimat efektif adalah memiliki bentuk yang sejajar, contohnya adalah ... .
|
A. Dia belajar dengan
sungguh-sungguh agar memperoleh nilai yang baik.
|
|
B. Dia sangat tidak suka dengan
orang yang membuang sampah tidak pada tempatnya.
|
|
C. Dia yang mencari uang, membeli bahan makanan,
memasak, dan menyajikan makanan tersebut untuk keluarganya.
|
|
D. Dia orang yang tidak pernah
mengeluh, apapun masalah yang menimpanya dihadapinya dengan sabar.
|
Benar.Kalimat tersebut
contoh kalimat efektif yang memenuhi syarat kesejajaran/paralel (perhatikan
penggunaan kata berawalan/kata kerjanya).
40. Sebuah tulisan dikatakan baik
jika kalimat-kalimatnya disusun secara efektif. Kalimat yang tidak efektif akan
membuat pembaca menjadi bingung dan dapat menimbulkan salah penafsiran, seperti
contoh berikut ini “Gempa bumi di Tasikmalaya banyak memakan korban, 60 orang
meninggal, tetapi tidak ada yang melapor.” Jenis paragraf di atas adalah ... .
|
A. narasi
|
|
B. argumentasi
|
|
C. deskripsi
|
|
D. persuasi
|
Benar.Paragraf
tersebut pendapat dan alasan, tidak menceritakan sebuah peristiwa atau
kejadian.
41. Unsur-unsur bahasa berikut ini
terdapat dalam sebuah paragraf yang memenuhi syarat kepaduan, kecuali ... .
|
A. repetisi atau pengulangan kata
kunci
|
|
B. kata ganti (orang, tunjuk)
|
|
C. semua kalimat saling berkaitan satu dengan lainnya
|
|
D. kata transisi dan paralelisme
|
Benar. Terkaitnya satu
kalimat dengan kalimat yang lain merupakan ciri kesatuan sebuah paragraf (opsi
pengecualian).
42. Predikat adalah bagian kallimat
yang memberitahukan hal-hal yang berkenaan dengan subjek. Subjek adalah bagian
kalimat yang bertindak sebagai pelaku.Predikat dapat berupa kata atau frasa, sebagian
besar berkelas verba atau adjektiva.Letak predikat tidak pernah berjauhan
dengan subjek.Paragraf tersebut tidak memenuhi syarat kesatuan. Hal ini
disebabkan oleh adanya kalimat ... .
|
A. pertama
|
|
B. kedua
|
|
C. ketiga
|
|
D. ketiga
|
Benar.Kalimat kedua
menyimpang dari kalimat topik/inti yang berbicara tentang predikat.
43. Prdikat adalah bagian kallimat
yang memberitahukan hal-hal yang berkenaan dengan subjek. Predikat dapat berupa
kata atau frasa, sebagian besar berkelas verba atau adjektiva.Letak predikat
tidak pernah berjauhan dengan subjek.Ia juga senantiasa diikuti oleh objek.
Teknik yang digunakan dalam mengembangkan paragraf di atas adalah … .
|
A. secara alamiah
|
|
B. klimaks
|
|
C. perbandingan
|
|
D. sebab akibat
|
Benar.Paragraf
tersebut dikembangkan dengan menggunakan teknik alamiah; mengikuti susunan
logis objek yang ditulis yakni predikat.
44. Indonesia merupakan satu-satunya
negara paling aneh di dunia. Orang Barat terheran-heran mendengarkan nada-nada
musik tradisional Indonesia yang pentatonis itu, tidak dapat diukur oleh garpu
tala. Orang-orang dari negara tetangga juga heran melihat perilaku bangsa ini
yang katanya murah senyum, tetapi sering kali bersikap anarkis (tawuran,
merusak, membunuh) dan kekerasan yang lain. Katanya 90% penduduknya penganut
agama yang baik, tetapi senang sekali menyusahkan orang lain. Negaranya sangat
kaya dengan hasil pertanian/perkebunan, barang tambang, dan hasil hutan kayu,
rotan, dan tumbuhan obat-obatan, tetapi rakyatnya banyak yang
kelaparan.Peringkat orang kaya meningkat, tetapi jumlah si miskinnya bertambah.
Teknik pengembangan yang digunakan dalam menyusun paragraf tersebut adalah
pengembangan ... .
|
A. analogi
|
|
B. contoh-contoh
|
|
C. perbandingan
|
|
D. sebab akibat
|
Benar.Kalimat kedua
dan seterusnya merupakan penjelasan berupa contoh-contoh tentang keanehan yang
ada di Indonesia.
45. Bogor dikenal dengan sebutannya
sebagai Kota Hujan. Bogor memang berada di ketinggian beberapa ribu kaki di
atas permukaan laut. Letaknya yang tinggi ini membuat awan-awan tebal di atas
kota Bogor cepat mencair menjadi hujan. Di samping itu, Bogor juga dikelilingi
gunung dan perbukitan dengan hutannya yang masih rimbun.Keadaan alam inilah
yang sering kali mampu menahan awan-awan tebal untuk kemudian menghasilkan
curahan hujan yang cukup banyak. Teknik pengembangan yang digunakan dalam
menyusun paragraf di atas adalah pengembangan ... .
|
A. deduktif
|
|
B. induktif
|
|
C. klimaks
|
|
D. antiklimaks
|
Benar.Kalimat pertama
berisi pengetahuan yang bersifat umum, sedangkan kalimat-kalimat berikutnya
bersifat khusus sebagai penjelas.
46. Membaca adalah kegiatan yang
pertama kali harus dilakukan oleh seorang penulis ringkasan. Kegiatan ini
dilakukan untuk ... .
|
A. mengenali pengarang secara
lebih dalam
|
|
B. memilah-milah bagian inti dan
bukan inti
|
|
C. mengetahui tujuan penulis, pokok masalah atau tema
tulisan
|
|
D. gaya yang digunakan penulis
dalam tulisannya
|
Benar. Pada
tahap/kegiatan membaca buku yang akan diringkas, peringkas harus memperhatikan
tujuan penulis dan masalah yang diungkap dalam buku.
47. Abstrak adalah ringkasan sebuah
karya ilmiah yang disusun dengan memenuhi kriteria sebagai berikut, kecuali ...
.
|
A. disajikan dalam bentuk paparan
informatif
|
|
B. bahasa yang digunakan lugas,
singkat, padat, dan jelas
|
|
C. sekurang-kurangnya berisi
masalah, tujuan, kesimpulan dan saran
|
|
D. riwayat hidup penulis
|
Benar.Abstrak tidak
memerlukan riwayat hidup penulis (opsi pengecualian).
48. Resensi dapat diartikan sebagai
... .
|
A. tulisan dalam bentuk buku
|
|
B. tulisan yang berisi ulasan mengenai nilai sebuah
buku
|
|
C. lukisan/gambar yang digunakan
sebagai ilustrasi sebuah buku
|
|
D. lukisan/gambar yang digunakan
sebagai sampul depan sebuah buku
|
Benar.Resensi adalah
tulisan yang berisi ulasan mengenai nilai sebuah buku atau ada juga yang
menyebut timbangan buku.
49. Resensi biasanya disusun dengan
menggunakan pola sebagai berikut ... .
|
A. judul, perwajahan, pembukaan, pembahasan, penutup,
identitas peresensi
|
|
B. perwajahan, judul, pembukaan,
pembahasan, penutup, identitas peresensi
|
|
C. pembukaan, judul, perwajahan,
pembahasan, penutup, identitas peresensi
|
|
D. identitas peresensi, judul,
perwajahan, pembukaan, pembahasan, penutup
|
Benar.Sistematika
penulisan resensi pada umumnya menggunakan pola tersebut.
50. Teknik cutting and glueing
dalam pembuatan resensi adalah … .
|
A. memotong-motong bagian-bagian
buku yang sedang diresensi
|
|
B. memotong bagian-bagian penting dan menarik dari isi
buku dan merekatkan satu dengan yang lainnya
|
|
C. mengambil bagian penting isi
buku dan memadukannya dengan isi buku lain yang bertema sama
|
|
D. mengambil bagian yang sangat
penting dalam buku yang sedang diresensi
|
Benar.Bagian-bagian
buku yang dipotong adalah bagian yang penting dan menarik, kemudian direkatkan.
51. Penulisan resensi yang berfokus
pada bagian yang sangat penting atau sangat menarik adalah penulisan yang
menggunakan teknik ... .
|
A. cutting and glueing
|
|
B. comparing
|
|
C. focusing.
|
|
D. scanning
|
Benar.Teknik untuk
kegiatan seperti itu disebut teknik comparing.
52. Pengertian kerangka karangan
dalam proses menulis adalah ... .
|
A. bahan-bahan yang akan digunakan
di dalam kegiatan menulis
|
|
B. alat-alat yang akan digunakan
di dalam kegiatan menulis
|
|
C. rencana atau rancangan yang berisi topik dan subtopik
yang disusun secara sistematis
|
|
D. ide atau gagasan yang akan
dikembangkan menjadi sebuah masalah yang akan ditulis
|
Benar.Kerangka karang
merupakan rencana berupa strategi dalam menuangkan gagasan berupa tulisan.
53. Akhmadi, M. 1990. Dasar-dasar
Komposisi Bahasa Indonesia. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh. (1990). Penulisan
daftar pustaka tersebut tidak tepat, yang tepat adalah … .
|
A. M., Akhmadi. 1990. Dasar-dasar
Komposisi Bahasa Indonesia. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh.
|
|
B. M., Akhmadi. Dasar-dasar
Komposisi Bahasa Indonesia. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh. (1990).
|
|
C. Akhmadi, M. Dasar-dasar
Komposisi Bahasa Indonesia. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh. (1990).
|
|
D. Akhmadi, M. 1990. Dasar-dasar Komposisi Bahasa Indonesia. Malang: Yayasan Asih
Asah Asuh.
|
Benar. Perhatikan
semua rambu (A, B, dan C)
54... Retorika merupakan seni
berbicara yang wajib dipelajari oleh para profesional muda”. Jika ini sebuah
kutipan langsung, maka terdapat beberapa kesalahan, seharusnya adalah ... .
|
A. Lis berpendapat bahwa,
“Retorika merupakan seni berbicara yang wajib dipelajari oleh para
profesional muda”.
|
|
B. Lis berpendapat (2000: 14) ;
“Retorika merupakan seni berbicara yang wajib dipelajari oleh para
profesional muda”.
|
|
C. Lis berpendapat bahwa “Retorika
merupakan seni berbicara yang wajib dipelajari oleh para profesional muda”.
|
|
D. Lis (2000: 14) berpendapat bahwa “Retorika merupakan
seni berbicara yang wajib dipelajari oleh para profesional muda”.
|
YANG INGIN TAHU LEBIH BANYAK LAGI HUB 081902465337
Tidak ada komentar:
Posting Komentar