Bahasa Indonesia 12 Universitas Terbuka Semester Akhir

  Inisiasi 3

        Apa kabar para mahasiswa? Semoga dalam keadaan sehat sehingga dapat mengikuti tutorial dengan baik. Kemampuan yang akan Anda peroleh pada tutorial ini adalah sebagai berikut.

Kompetensi Khusus
Setelah mengikuti tutorial ini Anda dapat:
1. menjelaskan pengertian berbagai jenis menyimak
2. menangkap pesan yang disimak.

Minggu ini adalah tutorial ketiga, Anda tentu tidak lupa bahwa pada tutorial kali ini Anda harus mengerjakan soal-soal tugas yang kami berikan. Baik Saudara mari kita mulai tutorial ini. Materi pertama tentang Jenis-jenis Menyimak. Materi berikutnya Anda berlatih menyimak dengan bahan simakan sebuah wacana yang akan diperdengarkan. Di sini Anda gunakan kemampuan menyimak Anda untuk menangkap pesan dari wacana yang Anda dengar tersebut.

Pengertian Menyimak
Menyimak merupakan suatu proses kegiatan mendengarkan lambang-lambang bunyi bahasa (ujaran) dengan penuh perhatian, pemahaman, apresiasi, serta interpretasi untuk memperoleh informasi, menangkap isi yang disampaikan oleh seorang pembicara

  

                                                                           
               






                                                                            

Saudara, Anda pasti sudah mengerti apa yang dimaksud dengan istilah  interaktif dan noninteraktif. Oleh sebab itu, kami hanya akan mengutip penjelasan tentang menyimak berdasarkan intensitas yaitu; menyimak ekstensif dan menyimak intensif sebagai berikut.
Menyimak Ektensif
Menyimak ekstensif ialah kegiatan menyimak yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari, seperti: menyimak radio, televisi, percakapan orang di pasar, dan sebagainya. Jenis menyimak ekstensif meliputi:
  1. menyimak sekunder: menyimak sambil  mengerjakan sesuatu (mis: memasak  sambil mendengarkan musik).
  2. menyimak pasif : hampir serupa dengan menyimak sekunder hanya pada menyimak pasif penyimak beralih dari pekerjaannya ke giatan menyimak    
  3. menyimak estetik : menyimak yang  melibatkan daya imajinasi (mis: menonton pertunjukan drama,  menyimak puisi yang dibacakanmenyimak cerita yang dibacakan/diceritakan, dll).
 Menyimak Intensif
Menyimak intensif adalah kegiatan menyimak yang harus dilakukan dengan sungguh-sungguh, penuh konsentrasi untuk menangkap makna yang dikehendaki. Jenis menyimak intensif meliputi:
  1. menyimak kritis: menyimak yang bertujuan untuk memperoleh fakta yang diperlukan. Penyimak menilai gagasan, ide, informasi dari pembicara.
  2. menyimak konsentratif: menyimak untuk menelaah pembicaraan/hal yang disimaknya. Pada menyimak ini diperlukan konsentrasi penuh dari penyimak agar ide dari pembicara dapat diterima dengan baik.
  3. menyimak kreatif: menyimak yang bertujuan untuk mengembangkan daya imajinasi dan kreativitas. Penyimak jenis ini dapat menciptakan sesuatu yang baru berdasarkan hasil simakan.
Demikian Saudara pembahasan materi pada tutorial kali ini. Silakan Anda masuk ke dalam ruang latihan untuk melatih daya simak Anda yaitu menangkap isi wacana yang Anda simak. Setelah itu Anda selesaikan soal-soal tugas 1 tutorial ini yang tersedia di ruang tugas.


Selamat Berlatih dan selamat mengerjakan tugas.
Sukses selalu.



 BAGI YANG INGIN BERTANYA MASALAH TUGAS-TUGAS BISA HUB 081902465337

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yang terbaik

jasa joki UT dan karya ilmiyah segala jurusan jaminan lolos plagiat 0878 9797 9399

  Dampak Kenaikan Nilai Upah Minimum Terhadap Kondisi Keuangan Perusahaan Pada Masa Pandemi Covid 19 (PT. AMTEK PRECISION COMPONENT BATAM) ...