TUGAS 2 KOMUNIKASI BISNIS 09 UT SEMESTER 8

komunikasi bisnis.09
TUGAS 2
Irdatamasantiaanindita
018680547
 


Asalamualaikumwr…wb…

Lantasapadampakkenaikanhargaminyakbagiperekonomian Indonesia? Selamainiperanminyakdalamperekonomianmaupunanggarannegaramasihsangatbesar.Bagi Indonesia, kenaikanhargaminyakduniamempunyaiduasisidampakberbeda.Yangmenimbulkanmasalahkarenameningkatnyasubsidibagipemerintahdanmeningkatnyabiayaproduksibagiduniausaha, karenabahanbakarminyak (BBM) untukindustritidaklagidisubsidipemerintah.
Dari sudutpandangekonomi, hargaminyak di dalamnegeriharusmengikutiperkembanganhargaminyakduniakarenapentingnyaperanhargadalammenentukanarahperekonomian.Namun, daripertimbanganbisnisdansosialpolitik di dalamnegeri, kenaikanhargaminyakmempunyaiimplikasibesardalammenekankegiatanbisnisdandapatmemicumasalahsosialpolitik yang serius.
Pengaruhnegatifbagiekonomibisadilihatdarikebijakanpemerintahmenaikkanharga BBM sekitar 126% Oktober 2015.Dampakkenaikanhargaminyakakandirasakanolehpelakuusaha di sektorriil. Duniaindustriakanterpukulolehkenaikantersebut. Beban iniakandialihkankepadakonsumendalambentukkenaikanharga. Ujung-ujungnyainflasiakannaik.
Inflasipadawaktuitumelonjaktajamdanmenyebabkandayabelimasyarakat juga menuruntajamsertabelum juga pulihsampaisekarangini.Kenaikanharga BBM juga menambahbiayaproduksi yang demikianbesarpadaduniausaha yang belumbenar-benardapatdiatasi.Karenaitu, kecenderunganperekonomianmengalamipelemahansebagaimanaditunjukkanolehpenurunanpertumbuhan.
Sementaraitu, bebansudahtinggisehinggabisamenciptakankelesuanakibatproduksi yang tidakterserappasardankredit yang macet.Pengangguran juga bisameningkatdemikian pula dengankemiskinan.Kenaikanhargaminyak juga bisamemukulpertumbuhannegaramajudanbuntutnyaeksporkitaakanterpukul. Target pertumbuhanbisagagaltercapai.
Dari data di ataskitadapatmenyimpulkanbahwadenganterjadinyalonjakankenaikanhargaminyakdunia,membuatdampak yang dirasakanolehseluruhperusahaan di duniatermasuk Indonesia yang dapatmendapatkanbebantinggidari proses produksidariperusahaanitusendiridantermasukperusahaankita.
Denganotomatisbahanbakudan proses produksikita pun meningkatdanmenjadibebanuntukperusahaan.Makadariitumanagemenperusahaankitatelahmencaricarabagaimanamengatasipermasalahan yang sedangterjadi di perusahaanini,setelahkitarapatmengenaicarabagaimanamenstabilkan proses produksikitamempunyaisatucara,karenadengantingginya jam lembur di perusahaan,karenaitu kami daripihakmanagemenperusahaanmerencanakannyadengancaramelakukanpemotonganupahlembur yang tinggisekali di perusahaansebesar 10% sebagaiupayamenyeimbangkanpengeluaran proses produksi agar selalustabildanmemberikandampakbaikbagiperusahaandankitasemua.

Wasalamualaikum Wr…Wb…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yang terbaik

jasa joki UT dan karya ilmiyah segala jurusan jaminan lolos plagiat 0878 9797 9399

  Dampak Kenaikan Nilai Upah Minimum Terhadap Kondisi Keuangan Perusahaan Pada Masa Pandemi Covid 19 (PT. AMTEK PRECISION COMPONENT BATAM) ...