Inisiasi 3: Analisis
Biaya Pesanan
Metode
akumulasi berdasarkan pesanan dikenal dengan istilah aslinya, yaitu Job-order costing. Metode ini hanya dapat diterapkan pada
perusahaan-perusahaan yang memproduksi produk atau jasa berdasarkan pesanan.
Adapun karakteristik job-order costing
adalah sebagai berikut.
1. Jasa atau produk yang diproduksi sangat bervariasi,
sesuai pesanan.
2. Biaya diakumulasi per pesanan setiap kali satu
pesanan selesai dikerjakan.
3. Biaya per unit dihitung dengan cara membagi total
biaya pesanan dengan jumlah unit produk yang diproduksi untuk pesanan
bersangkutan.
4. Setiap komponen biaya produksi dapat diidentifikasi
langsung ke masing-masing pesanan, kecuali biaya bersifat umum dan bersama,
misalnya overhead. Oleh karena itu,
dalam job-order costing biaya
produksi diklasifikasikan menjadi biaya bahan baku langsung, biaya tenaga kerja
langsung, dan overhead.
5. Setiap pesanan harus dibuatkan kartu pesanan untuk mencatat setiap biaya yang dibebankan untuk pesanan bersangkutan.
Ketika menerima pesanan, perusahaan harus segera
mencatat kualifikasi produk yang dipesan secara cermat dan rinci. Kemudian
dimasukkan ke dalam kartu biaya pesanan. Kartu biaya pesanan adalah sebuah dokumen yang
dipergunakan untuk mengakumulasi setiap biaya yang dibebankan ke pesanan
tertentu dalam sebuah metode akumulasi biaya berdasarkan pesanan. Perusahaan
harus sudah memiliki sistem yang memadai untuk menghitung perkiraan biaya yang
akan dikeluarkan untuk memproduksi pesanan tersebut dan perkiraan laba kotor
yang diinginkan sehingga dengan segera dapat memberikan informasi tentang harga
pesanan ke pelanggan.
Masalah akuntansi dalam metode akumulasi biaya
berdasarkan pesanan mencakup berikut ini.
1. Akuntansi untuk bahan baku: mencakup pencatatan
baik pada saat pembelian maupun pada saat pemakaian.
2. Akuntansi untuk tenaga kerja: mencakup pencatatan
pada saat terjadinya, saat distribusi, dan pada saat pembayaran.
3. Akuntansi untuk biaya overhead pabrik: mencakup pencatatan pada saat pembebanan
(didahului menghitung tarif), saat pencatatan overhead aktual, dan pada saat menghitung dan menutup di akhir
periode.
4. Akuntansi untuk Penyelesaian Pesanan.
5. Akuntansi untuk penjualan: mencakup pencatatan pada
saat penyerahan barang dan pada saat pengakuan pendapatan.
Untuk memperjelas pemahaman
anda, berikut ini contoh soal untuk anda pelajari :
Soal 1
PT. Indah Cipta meruapakan
sebuah produsen yang menerima pesanan pembuatan keramik. Beberapa transaksi
yang terjadi pada bulan Agustus 2011 adalah swbagai berikut:
1 Agustus. Dibeli material
secara kredit Rp59.000.000
3 Agustus. Material dipakai
seharga Rp48.000.000 terdiri dari:
·
Rp41.000.000 untuk membeli
bahan baku langsung yang dipergunakan untuk mengerjakan Job#007 = Rp5.500.000,
JoB#008 = Rp31.000.000, dan Job #009 = Rp4.500.000.
·
Rp7.000.000 untuk membeli
bahan baku tidak langsung.
6 Agustus. Gaji dan upah yang harus dibayarkan
sebesar Rp52.000.000 terdiri dari:
·
Rp42.000.000 untuk membayar
tenaga kerja langsung yang dipergunakan untuk mengerjakan Job#007 = Rp.
6.500.000, Job#008 = Rp30.250.000, dan Job#009 = Rp5.250.000.
·
Rp10.000.000 untuk membayar
tenaga kerja tidak langsung.
Berdasarkan transaksi pada tanggal 3 sampai dengan tanggal 6 Agustus
2011 tersebut, anda diminta untuk membantu PT. Indah Cipta untuk mencatat
transaksi-transaksi tersebut kedalam buku jurnal umum.
Petunjuk Jawaban Latihan
Tgl
|
Akun-akun
|
Debit
|
Kredit
|
||
1.
|
Sediaan Bahan Baku
|
Rp59.000.000
|
|
||
|
Utang Usaha
|
|
Rp59.000.000
|
||
Mencatat pembelian bahan baku secara kredit
|
|||||
2.
|
Biaya Overhead Aktual
Barang Dalam Proses
Job#007
Barang Dalam Proses
Job#008
Barang Dalam Proses
Job#009
|
Rp7.000.000
Rp5.500.000
Rp31.000.000
Rp4.500.000
|
|
||
|
Sediaan Bahan Baku
|
|
Rp48.000.000
|
||
Mencatat pemakaian bahan baku ke masing-masing
job
|
|||||
3a
|
Gaji dan Upah
|
Rp52.000.000
|
|
||
|
Utang Gaji dan Upah
|
|
Rp52.000.000
|
||
Mencatat gaji dan upah yang terutang
|
|||||
3b
|
Biaya Overhead Aktual
Barang Dalam Proses
Job#007
Barang Dalam Proses
Job#008
Barang Dalam Proses
Job#009
|
Rp10.000.000
Rp6.500.000
Rp30.250.000
Rp5.250.000
|
|
||
|
Gaji dan Upah
|
|
Rp52.000.000
|
||
Mencatat pendistribusian Gaji dan Upah
|
|||||
3c
|
Utang Gaji dan Upah
|
Rp52.000.000
|
|
||
|
Kas
|
|
Rp52.000.000
|
||
Mencatat pembayaran utang gaji dan upah
|
|||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar