Tugas 2
Drs. Baihaqi fanami, MM.,Akt.
ID Tutor 42002968, hp 085868475138
Irdatama santia anindita
018680547
1.
Setelah melakukan
segmentasi pasar. Perusahaan perlu menentukan pasar sasaran. Strategi apa yang
dapat ditempuh perusahaan untuk menjangkau pasar sasaran ?
Jawab :
Ada 3 strategi yang dapat ditempuh oleh perusahaan
untuk memilih pasar sasaran, yaitu sebagai berikut :
a.
Undifferentiated
marketing
Dalam strategi ini perusahaan berusaha meninjau pasar secara
keseluruhan, memusatkan pada kesamaan-kesamaan kebutuhan konsumen, dan bukannya
pada segmen pasar yang berbeda-beda dengan dengan kebutuhan konsumen yang
berbeda pula.
b.
Differentiated
marketing
Dalam strategi ini perusahaan berusaha untuk mengidentifikasi kelompok-kelompok
pembeli tertentu dengan membagi pasar ke dalam dua kelompok atau lebih.
c.
Concentrated
marketing
Dalam strategi ini perusahaan hanya memusatkan upaya pemasarannya
pada satu atau beberapa kelompok pembeli saja.
2.
Bedakan pengertian
pasar sacara umum dengan pengertian pasar dalam konteks pemasaran !
Jawab :
Pengertian pasar secara umum ialah tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk mengadakan
transaksi.
Pengertian pasar dalam konteks pemasaran
menurut solomon and stuart, 1997
Pasar adalah semua pelanggan dan
pelanggan potensial yang pempunyai :
Kebutuhan umum yang
sama yang dapat dipenuhi dengan suatu produk yang spesifik
Sumber-sumber (uang,
barang) untuk dipertukarkan
Kemauan untuk
menciptakan pertukaran
Wewenang untuk
menciptakan pertukaran
Menurut Churchill, Jr and Peter, 1995
Pasar adalah orang-orang dan
lembaga-lembaga yang mempunyai keinginan dan kemampuan untuk membeli barang
atau jasa tertentu.
3.
Perusahaan tidak
akan efisien dan efektif dalam pemasarannya tanpa melakukan segmentasi pasar.
Apa tujuan perusahaan melakukan segmentasi pasar dan apa pula persyaratan yang
harus dipenuhi ?
Jawab :
Tujuannya adalah untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan dari setiap
lapisan konsumen. Misalnya perusahaan baju yang menawarkan berbagai ukuran (S,
M, L, maupun XL) demi memenuhi kebutuhan para konsumen.
Syarat yang harus dipenuhi antara lain :
Dapat diukur (measurability) yaitu tingkat
informasi yang ada mengenai sifat-sifat pembeli, sejauh mana sifat-sifat
tersebut dapat diukur.
Dapat dimasuki (accessibility) yaitu tingkat di mana perusahaan itu secara efektif memusatkan
usaha pemasaranya pada segmen pasar yang telah dipilih, atau seberapa jauh
segmen pasar tersebut dapat dijangkau dan dilayani.
Cukup besar (substantiality) yaitu tingkat di
mana segmen pasar itu cukup luas dan besar dan juga cukup menguntungkan untuk
dilakukan kegiatan pemasaran sendiri.
Dapat dibedakan (differentiability) yaitu tingkat di mana segmen pasar itu secara konseptual memang
sangat berbeda dan memberikan respons yang berbeda pada bauran pemasaran yang
berbeda pula.
Dapat ditindaklanjuti (actionability) yaitu suatu tingkat di mana program-program yang efektif dapat
dirumuskan untuk menarik dan melayani segmen-segmen tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar