Manajemen pemasaran Tugas 2


Manajemen pemasaran
Tugas 2
Drs. Baihaqi fanami, MM.,Akt.
ID Tutor 42002968, hp 085868475138


Irdatama santia anindita
018680547
1.    Setelah melakukan segmentasi pasar. Perusahaan perlu menentukan pasar sasaran. Strategi apa yang dapat ditempuh perusahaan untuk menjangkau pasar sasaran ?
Jawab :
Ada 3 strategi yang dapat ditempuh oleh perusahaan untuk memilih pasar sasaran, yaitu sebagai berikut :
a.    Undifferentiated marketing
Dalam strategi ini perusahaan berusaha meninjau pasar secara keseluruhan, memusatkan pada kesamaan-kesamaan kebutuhan konsumen, dan bukannya pada segmen pasar yang berbeda-beda dengan dengan kebutuhan konsumen yang berbeda pula.
b.    Differentiated marketing
Dalam strategi ini perusahaan berusaha untuk mengidentifikasi kelompok-kelompok pembeli tertentu dengan membagi pasar ke dalam dua kelompok atau lebih.
c.    Concentrated marketing
Dalam strategi ini perusahaan hanya memusatkan upaya pemasarannya pada satu atau beberapa kelompok pembeli saja.
2.    Bedakan pengertian pasar sacara umum dengan pengertian pasar dalam konteks pemasaran !
Jawab :
Pengertian pasar secara umum ialah tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk mengadakan transaksi.
Pengertian pasar dalam konteks pemasaran
menurut solomon and stuart, 1997
Pasar adalah semua pelanggan dan pelanggan potensial yang pempunyai :
*      Kebutuhan umum yang sama yang dapat dipenuhi dengan suatu produk yang spesifik
*      Sumber-sumber (uang, barang) untuk dipertukarkan
*      Kemauan untuk menciptakan pertukaran
*      Wewenang untuk menciptakan pertukaran
Menurut Churchill, Jr and Peter, 1995
Pasar adalah orang-orang dan lembaga-lembaga yang mempunyai keinginan dan kemampuan untuk membeli barang atau jasa tertentu.
3.    Perusahaan tidak akan efisien dan efektif dalam pemasarannya tanpa melakukan segmentasi pasar. Apa tujuan perusahaan melakukan segmentasi pasar dan apa pula persyaratan yang harus dipenuhi ?
Jawab :
Tujuannya adalah untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan dari setiap lapisan konsumen. Misalnya perusahaan baju yang menawarkan berbagai ukuran (S, M, L, maupun XL) demi memenuhi kebutuhan para konsumen.
Syarat yang harus dipenuhi antara lain :
*      Dapat diukur (measurability) yaitu tingkat informasi yang ada mengenai sifat-sifat pembeli, sejauh mana sifat-sifat tersebut dapat diukur.
*      Dapat dimasuki (accessibility) yaitu tingkat di mana perusahaan itu secara efektif memusatkan usaha pemasaranya pada segmen pasar yang telah dipilih, atau seberapa jauh segmen pasar tersebut dapat dijangkau dan dilayani.
*      Cukup besar (substantiality) yaitu tingkat di mana segmen pasar itu cukup luas dan besar dan juga cukup menguntungkan untuk dilakukan kegiatan pemasaran sendiri.
*      Dapat dibedakan (differentiability) yaitu tingkat di mana segmen pasar itu secara konseptual memang sangat berbeda dan memberikan respons yang berbeda pada bauran pemasaran yang berbeda pula.
*      Dapat ditindaklanjuti (actionability) yaitu suatu tingkat di mana program-program yang efektif dapat dirumuskan untuk menarik dan melayani segmen-segmen tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yang terbaik

jasa joki UT dan karya ilmiyah segala jurusan jaminan lolos plagiat 0878 9797 9399

  Dampak Kenaikan Nilai Upah Minimum Terhadap Kondisi Keuangan Perusahaan Pada Masa Pandemi Covid 19 (PT. AMTEK PRECISION COMPONENT BATAM) ...