Tugas 1
Drs. Baihaqi fanami, MM.,Akt.
ID Tutor 42002968, hp 085868475138
Irdatama santia anindita
018680547
1. Apa perbedaan antara pemasaran dan
manajemen pemasaran ?
Jawab :
Pemasaran adalah suatu proses kemasyarakatan yang melibatkan individu-individu dan
kelompok untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui
penciptaan, penawaran, dan pertukaran secara bebas produk dan jasa nilai dengan
pihak lain.
Sedangkan manajemen pemasaran adalah seni dan ilmu
memilih pasar sasaran dan mendapatkan, mempertahankan, dan menumbuhkan
pelanggan melalui penciptaan, penyampaian dan pengomunikasian nilai pelanggan
superior.
Jadi intinya
adalah pemasaran sebagai kegiatannya dan manajemen pemasaran adalah ilmu untuk
melakukan kegiatan pemasaran agar kita mendapatkan hasil yang maksimal dalam
melakukan kegiatan pemasaran tersebut.
2. Konsep pemasaran dipandang sebagai
filosofi bisnis yang dapat memandu perusahaan mencapai tujuan, mengapa demikian
?
Jawab :
Karena konsep pemasaran dapat membantu perusahaan untuk meraih laba
maksimal, memberikan ketentraman pada karyawan, membantu masyarakat, dan
memberikan perlindungan serta kepuasan kepada pelanggan atau segmen pasar yang
dituju.
3. Seperti apa kaitan antara perusahaan dan
lingkungan pemasaran makroekstern ?
Jawab :
Faktor-faktor lingkungan makroekstern yang mempunyai kaitan dengan
perusahaan yaitu :
ü
Demografi
Demografi merupakan studi statisik
tentang kependudukan beserta karakteristik distribusinya.
ü
Kondisi ekonomi
·
Pertumbuhan ekonomi
·
Peredaran uang
·
Tekanan inflasi
ü
Faktor sosial dan budaya
·
Cara hidup
·
Nilai-nilai sosial
·
Keyakinan
·
kesenangan
ü
Faktor politik dan hukum
·
Kebijakan fiskal dan moneter pemerintah
·
Hubungan pemerintah dan industri
·
Peraturan dan keadaan politik pada umumnya
·
Peraturan khusus di bidang pemasaran yang
ditunjukan untuk mengatur persaingan dan melindungi konsumen
ü
Teknologi
ü
Persaingan
ü
Lingkungan fisik
ü
Lingkungan budaya
4. Seperti apa kaitan antara perusahaan dan
lingkungan pemasaran mikroekstern ?
Jawab :
Lingkungan pemasaran mikroekstern sangatlah berkaitan dengan
perusahaan karena lingkungan mikroekstern adalah faktor-faktor lingkungan di
luar perusahaan yang secara langsung memberikan pengaruh yang kuat pada
perusahaan. Lingkungan mikroekstern mencakup faktor-faktor seperti :
ü
Pemasok
Pemasok merupakan lembaga independen yang
menjadi sumber pemasok bagi perusahaan untuk memproduksi barang dan jasa.
ü
Perantara pemasaran
Perantara pemasaran merupakan lembaga
independen yang berfungsi membantu perusahaan dalam mendistribusikan, menjual,
dan bahkan mempromosikan produknya kepada konsumen akhir.
ü
Pelanggan
Orang yang membeli produk dari apa yang
ditawarkan oleh perusahaan.
ü
Pesaing
Pesaing yang terjadi antara beberapa
perusahaan dapat berasal dari perusahaan lain dalam satu industri yang disebut
pesaing langsung, atau dari perusahaan lain yang menghasilkan barang atau jasa
substitusi yang disebut pesaing tidak langsung.
ü
Publik
Kelompok-kelompok yang mempunyai
kepentingan dengan perusahaan.
5. Jelaskan tentang marketing mix ?
Jawab :
Bauran pemasaran (marketing mix) adalah sejumlah variabel
terkendali yang harus dikelola untuk mencapai kepuasan dan tujuan organisasi
(peter and Donnelly, Jr, 2007). Variabel-variabel terkendali tersebut biasanya
dikelompokan ke dalam empat bidang keputusan utama 4P. Yaitu :
Ø Product (produk)
Ø Price (harga)
Ø Place (distribusi)
Ø Promotion (promosi)
Yang semuanya ditunjukan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan
konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar