tugas 1 manajemen pemasaran


Manajemen pemasaran
Tugas 1
Drs. Baihaqi fanami, MM.,Akt.
ID Tutor 42002968, hp 085868475138


Irdatama santia anindita
018680547

1.    Apa perbedaan antara pemasaran dan manajemen pemasaran ?
Jawab :
Pemasaran adalah suatu proses kemasyarakatan yang melibatkan individu-individu dan kelompok untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan, penawaran, dan pertukaran secara bebas produk dan jasa nilai dengan pihak lain.
Sedangkan manajemen pemasaran adalah seni dan ilmu memilih pasar sasaran dan mendapatkan, mempertahankan, dan menumbuhkan pelanggan melalui penciptaan, penyampaian dan pengomunikasian nilai pelanggan superior.
Jadi intinya adalah pemasaran sebagai kegiatannya dan manajemen pemasaran adalah ilmu untuk melakukan kegiatan pemasaran agar kita mendapatkan hasil yang maksimal dalam melakukan kegiatan pemasaran tersebut.
2.    Konsep pemasaran dipandang sebagai filosofi bisnis yang dapat memandu perusahaan mencapai tujuan, mengapa demikian ?
Jawab :
Karena konsep pemasaran dapat membantu perusahaan untuk meraih laba maksimal, memberikan ketentraman pada karyawan, membantu masyarakat, dan memberikan perlindungan serta kepuasan kepada pelanggan atau segmen pasar yang dituju.
3.    Seperti apa kaitan antara perusahaan dan lingkungan pemasaran makroekstern ?
Jawab :
Faktor-faktor lingkungan makroekstern yang mempunyai kaitan dengan perusahaan yaitu :
ü  Demografi
Demografi merupakan studi statisik tentang kependudukan beserta karakteristik distribusinya.
ü  Kondisi ekonomi
·         Pertumbuhan ekonomi
·         Peredaran uang
·         Tekanan inflasi
ü  Faktor sosial dan budaya
·         Cara hidup
·         Nilai-nilai sosial
·         Keyakinan
·         kesenangan
ü  Faktor politik dan hukum
·         Kebijakan fiskal dan moneter pemerintah
·         Hubungan pemerintah dan industri
·         Peraturan dan keadaan politik pada umumnya
·         Peraturan khusus di bidang pemasaran yang ditunjukan untuk mengatur persaingan dan melindungi konsumen
ü  Teknologi
ü  Persaingan
ü  Lingkungan fisik
ü  Lingkungan budaya
4.    Seperti apa kaitan antara perusahaan dan lingkungan pemasaran mikroekstern ?
Jawab :
Lingkungan pemasaran mikroekstern sangatlah berkaitan dengan perusahaan karena lingkungan mikroekstern adalah faktor-faktor lingkungan di luar perusahaan yang secara langsung memberikan pengaruh yang kuat pada perusahaan. Lingkungan mikroekstern mencakup faktor-faktor seperti :
ü  Pemasok
Pemasok merupakan lembaga independen yang menjadi sumber pemasok bagi perusahaan untuk memproduksi barang dan jasa.
ü  Perantara pemasaran
Perantara pemasaran merupakan lembaga independen yang berfungsi membantu perusahaan dalam mendistribusikan, menjual, dan bahkan mempromosikan produknya kepada konsumen akhir.
ü  Pelanggan
Orang yang membeli produk dari apa yang ditawarkan oleh perusahaan.
ü  Pesaing
Pesaing yang terjadi antara beberapa perusahaan dapat berasal dari perusahaan lain dalam satu industri yang disebut pesaing langsung, atau dari perusahaan lain yang menghasilkan barang atau jasa substitusi yang disebut pesaing tidak langsung.
ü  Publik
Kelompok-kelompok yang mempunyai kepentingan dengan perusahaan.
5.    Jelaskan tentang marketing mix ?
Jawab :
Bauran pemasaran (marketing mix) adalah sejumlah variabel terkendali yang harus dikelola untuk mencapai kepuasan dan tujuan organisasi (peter and Donnelly, Jr, 2007). Variabel-variabel terkendali tersebut biasanya dikelompokan ke dalam empat bidang keputusan utama 4P. Yaitu :
Ø  Product (produk)
Ø  Price (harga)
Ø  Place (distribusi)
Ø  Promotion (promosi)
Yang semuanya ditunjukan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yang terbaik

jasa joki UT dan karya ilmiyah segala jurusan jaminan lolos plagiat 0878 9797 9399

  Dampak Kenaikan Nilai Upah Minimum Terhadap Kondisi Keuangan Perusahaan Pada Masa Pandemi Covid 19 (PT. AMTEK PRECISION COMPONENT BATAM) ...