macam macam jaringan komputer


JARINGAN KOMPUTER SKALA LUAS


Jaringan computer skala luas (Wide Area Network  biasa disingkat WAN) adalah jarngan yang mempunyai jangkauan area sangat luas, misalnya antar pulau, negara, benua, bahkan ke luar angkasa. Contoh WAN yang sangat terkenal adalah internet. Tetapi, WAN dapat juga menjadi network pribadi. Sebagai contoh,suatu perusahaan yang memiliki kantor-kantor di berbagai negara dapat memiliki WAN yang menghubungkan kantor-kantor tersebut melalui hubungan telepon, satelit, dan teknologi-teknologi lainnya. Biasanya, WAN terdiri dari banyak LAN yang diinterkoneksikan.


Gambar 1. Skema Jaringan WAN
 
 



Jaringan komputer skala luas (WAN) merupakan pengembangan dari MAN dan telah melibatkan lebih dari satu server utama, masing masing server utama saling terhubung dan setiap komputer yang terhubung ke jaringan akan dapat saling mengakses server tersebut. Dalam perkembangannya, WAN akan berkembang menjadi sebuah jaringan global yang biasa dikenal sebagai Interconnected-Networking (Internet).

Keuntungan jaringan WAN adalah sebagai berikut:
a.      Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai bank data dari kantor cabang.
b.      Komunikasi antar kantor dapat menggunakan e-mail dan chat.
c.       Dokumen atau file yang biasanya dikrimkan melalu e-mail dan transfer file dengan biaya yang relatf murah dan dalam jangka waktu yang sangat cepat.
d.      Pooling dan updating data antarkantor dapat di lakukan setiap hari pada waktu yang di tentukan.


Untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan lokal lain maupun dengan jaringan berskala luas (WAN), diperlukan sebuah perangkat khusus untuk mengatur gateway-nya, yaitu Router. Perhatikan ilustrasi router pada gambar 2 di bawah ini.


Gambar 2. Ilustrasi kerja router dalam menghubungkan jaringan luar (WAN) dan jaringan lokal (LAN)
 
 





Referensi

Nugroho, Eko, Pengantar Aplikasi Komputer, BMP EKMA4212, Universitas Terbuka, 2009



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yang terbaik

jasa joki UT dan karya ilmiyah segala jurusan jaminan lolos plagiat 0878 9797 9399

  Dampak Kenaikan Nilai Upah Minimum Terhadap Kondisi Keuangan Perusahaan Pada Masa Pandemi Covid 19 (PT. AMTEK PRECISION COMPONENT BATAM) ...