macam macam software atau perangkat lunak komputer



PERANGKAT LUNAK KOMPUTER
 






Perangkat lunak terdiri dari 2 (dua) bagian besar, yaitu:
A.   Perangkat lunak sistem operasi
B.    Perangkat lunak aplikasi

Pada awal mula komputer dilahirkan, perintah yang diberikan kepada komputer masih ditulis dalam bahasa mesin yang berbentuk digit biner, yang disebut PROGRAM. Program ini yang mengendalikan perangkat keras dalam mengolah data untuk memperoleh hasil.
Pada tahun 1950, para ahli menemukan cara menyusun program yang lebih mudah dan lebih cepat dengan mengembangkan suatu teknik penterjemahan (interpreter).
Pada tahun 1955, para ahli di perusahaan IBM mengembangkan bahasa FORTRAN (Formula Translation) yang mudah dipelajari. Orang-orang awam dapat menguasai komputer dengan menggunakan bahasa aras tinggi (High Level Language), sehingga para ahli membuat suatu perangkat lunak yang digunakan untuk menterjemahkan tulisan awam biasa ke bahasa Biner yang disebut Compiler.
Compiler menerjemahkan seluruh program sekaligus sebelum dijalankan, sedangkan interpreter menterjemahkan program setiap satu baris satu per satu setiap kali program dijalankan. Sebagai contoh, misalnya Anda menerima surat dalam Bahasa Swedia, maka surat tersebut dapat diterjemahkan dahulu seluruhnya, kemudian baru dibacakan (compiler), atau membaca setiap kalimat kemudian diterjemahkan, kemudian kalimat berikutnya dan seterusnya sampai selesai (interpreter).
Dengan menggunakan program ini, maka pemrosesannya melalui tahap-tahap sebagai berikut:
  1. Fase penterjemahan: program dalam bahasa awam dapat dibaca oleh komputer, compiler menerima dan menerjemahkannya ke program dalam bahasa mesin.
  2. Fase penyambungan (linking): proses yang dilakukan oleh program linken untuk melengkapi program dalam bahasa mesin.
  3. Fase penggarapan (execution): program dalam bahasa mesin dibaca oleh komputer untuk melaksanakan perintah-perintahnya dan diproses untuk memperoleh hasil yang diharapkan.

PERANGKAT LUNAK SISTEM OPERASI


Sistem operasi adalah kumpulan program-program sistem yang terorganisir dan dibuat agar dalam penggunaan komputer menjadi mudah dan efisien. Sistem operasi juga merupakan suatu program untuk mengatur data-data yang masuk serta program aplikasi dan melaksanakan tugas-tugas sarana, misalnya memindahkan data dari RAM ke disk atau ke printer dan sebagainya. Secara fisik, kumpulan program tersebut ditempatkan pada suatu I/O unit misalnya, magnetic tape unit, disk storage unit dan lainnya. Unit tempat sistem operasi berada disebut System Residence Devices (SYSRES).
Sistem Operasi  terdiri dari 2 (dua) kelompok program yaitu:
  1. Kelompok program kontrol
Adalah program-program yang bertugas mengendalikan perangkat keras yang terdiri dari: SUPERVISOR, BIOS dan BDOS. Selain ketiga program tersebut, masih ada program lain yang biasanya ada pada komputer besar yaitu Job Control Program. Job Control Program adalah program yang disediakan untuk melaksanakan pekerjaan dalam hal berkomunikasi dengan processing program dan user program.
  1. Kelompok program pelayanan
Adalah program-program yang bertugas untuk mempermudah kita dalam menggunakan komputer yang terdiri dari: compiler, format dan copy.

Pada permulaan komputer dikembangkan, penyusunan perintah harus ditulis dalam bahasa mesin dengan kode Biner 1 dan 0 yang terdiri dari operation code dan operand.  Kelemahan bahasa mesin ini adalah:
·         setiap langkah instruksi yang memungkinkan pengolahan data ditulis terperinci termasuk penentuan lokasi dalam memory baik untuk data maupun instruksi
·         banyak instruksi yang harus dihafalkan
·         programmer harus mengetahui seluk beluk setiap mesin komputer, karena setiap komputer berlainan penyusunannya
·         memakan watu dan biaya dalam penyusunannya



Pada tahun 1950, para ahli mengembangkan bahasa Assembly yang termasuk bahasa aras rendah (Low-Level Language). Bahasa Assembly menyusun perintahnya dengan menggunakan kata-kata dan tulisan Mnemonic, tetapi peraturannya masih sangat terikat pada perangkat kerasnya.
Pada tahun 1955, dikembangkan bahasa FORTRAN (FORmula TRANslation) yang merupakan bahasa aras tinggi (High Level Language). Bahasa ini dapat diterapkan pada komputer jenis apa saja, dengan syarat komputer tersebut memiliki penterjemah (compiler).
Bahasa pemrograman dikelompokkan sebagai berikut:
  1. Bahasa pemrograman untuk aplikasi komputasi
Bahasa-bahasa yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
    • Bahasa FORTRAN
Bahasa ini dikembangkan oleh tim yang dibiayai oleh IBM dan diketuai oleh ahli komputer bernama John Backus yang selanjutnya dikerjakan oleh ANSI (American National Standard Institute). Contoh penggunaan bahasa FORTRAN adalah untuk menghitung harga rata-rata dan standar deviasi.
    • Bahasa BASIC (Beginner’s All Purpose Symbolic Instruction Code)
Bahasa ini dirancang oleh Dr. John G Kemmeny dan Thomas E Kurtz dari Dartmouth College. Bahasa BASIC cocok dipakai untuk komputer mikro karena penggunaannya mudah dan program penterjemahnya hanya membutuhkan memori yang relatif kecil. Penterjemah bahasa BASIC berbentuk interpreter yang sangat mempermudah pelacakan bila terjadi kesalahan pada program.
    • Bahasa PL/I (Programming Language I)
Bahasa ini dikembangkan oleh IBM dengan menggabungkan keunggulan bahasa FORTRAN dan bahasa COBOL.
    • Bahasa Pascal
Bahasa ini dikembangkan pada tahun 1970 oleh Profesor Nicklaus Wirth di Switzerlands Federal Institute of Technology dan merupakan pengembangan dari bahasa ALGOL.
    • Bahasa ADA
Bahasa ini dikembangkan oleh Lady Augusta Ada Lovelace yang dibiayai oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat.


    • Bahasa APL
Bahasa ini dikembangkan oleh IBM dengan tujuan memanfaatkan simbol-simbol matematika ke bahasa pemrograman. Bahasa APL biasanya terdapat pada komputer mainframe.
    • Bahasa FORTH
Bahasa ini dikembangkan oleh Charles Moore yang dapat dipakai di bidang astronomi, bidang robotika dan bidang CAD/CAM.

Selain bahasa tersebut, masih ada bahasa yang termasuk bahasa pemrograman untuk komputasi yaitu bahasa ALGOL dan bahasa MODULA-2.

  1. Bahasa Pemrograman untuk Aplikasi Administrasi
Bahasa-bahasa yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
    • Bahasa COBOL (Common Business Oriented Language)
Bahasa ini dikembangkan oleh CODASYL pada tahun 1960 dan pertama kali diperkenalkan oleh pemerintah Amerika Serikat pada tahun tersebut dengan nama COBOL 60.
    • Bahasa RPG (Report Program Generator)
Pada tahun 1970, bahasa ini merupakan salah satu bahasa yang paling populer untuk aplikasi administrasi. Orientasi utama bahasa ini adalah reporting /pengolahan laporan.
    • Bahasa Dbase III/IV
Dbase III/IV adalah nama sebuah paket program buatan Ashton Tate yang dimaksudkan untuk dipakai pada komputer mikro.
Selain bahasa tersebut, masih ada bahasa yang termasuk bahasa pemrograman untuk administrasi yaitu bahasa SNOBOL (untuk aplikasi bisnis) dan bahasa PL/I.

  1. Bahasa Pemrograman untuk Aplikasi Khusus
Bahasa-bahasa yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
    • Bahasa ”C”
Bahasa ini dikembangkan oleh Dennis Ritchie di Laboratorium Bell pada tahun 1972. Dengan bahasa ini, sekarang sudah dapat dikembangkan suatu sistem operasi yang bekerja dengan berbagai macam prosessor misalnya, sistem operasi UNIX dengan variasinya seperti XENIX, ULTRIX, AIX dan lain-lain.
    • Bahasa PROLOG
Bahasa ini dibuat dengan tujuan untuk mengembangkan bidang Artificial Intelligent yaitu bidang aplikasi komputer yang bertujuan untuk membuat komputer dengan kemampuan yang mendekati kemampuan otak manusia. Contohnya bidang ROBOTIKA.
    • Bahasa LISP
Bahasa ini dikembangkan oleh Mc. Carthy pada tahun 1960 dan dipakai untuk keperluan kecerdasan buatan seperti halnya bahasa PROLOG.
    • Bahasa LOGO
Bahasa ini dikembangkan oleh Seymour Papert pada tahun 1960 dari Massachusets Institute of Technology (MIT) di Amerika Serikat dan digunakan untuk membantu proses belajar mengajar bagi siswa sekolah dengan menggunakan aplikasi Computer Aided Instruction (CAI).
Selain bahasa tersebut masih ada bahasa lain yang termasuk dalam aplikasi ini yaitu bahasa SAIL, PLANNER, KRL (untuk kecerdasan buatan), DECAL (untuk CAI), dan sebagainya.

PERANGKAT LUNAK APLIKASI


          Perangkat lunak aplikasi atau Application Software/Application Program adalah suatu paket program yang telah jadi dan dijual oleh perusahaan-perusahaan software. Jika suatu paket program dipakai dalam komputer, maka komputer tersebut dapat melaksanakan tugas-tugas tertentu. Misalnya, program aplikasi Akuntansi, maka setelah program tersebut dimasukkan dalam komputer, maka komputer dapat melaksanakan tugas-tugas pembukuan, membuat laporan Laba Rugi dan sebagainya. Banyak perusahaan yang memerlukan suatu perangkat lunak yang rumit dan berskala besar serta dapat memenuhi kebutuhannya. Hal ini mendorong perusahaan yang bergerak di bidang perangkat lunak seperti, Microsoft Corporation, Digital Research, Asthon Tate, Lotus, Sorcim, Micro Pro dan lain-lain untuk membuat suatu paket program perangkat lunak yang siap pakai untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan perusahaan tersebut.




Paket-paket program terdiri dari 3 (tiga) kelompok yaitu:
  1. Paket Program Administrasi
Paket ini dikelompokkan menjadi 3 (tiga) kelompok yaitu:
    1. Paket Pengolah Kata
Adalah paket program yang dirancang untuk memudahkan kita dalam menggunakan komputer sebagai alat pengolah kata. Contohnya antara lain, WORDSTAR, EASY WRITER, PERFECT WRITER, MICROSOFT WORD, LOTUS MANUSCRIPT, SUPERSCRIPT dan lain-lain.
    1. Paket Lembar Kerja Elektronik
Adalah suatu program komputer yang membuat layar komputer dapat dipakai sebagai lembaran kerja yang berbentuk baris-baris dan kolom-kolom sehingga membentuk suatu matrik sel. Contohnya antara lain, VISICALC, LOTUS 1-2-3, SUPERCALC, MULTIPLAN, MICROPLAN, MICROSOFT EXCEL, dan lain-lain.
    1. Paket Manajemen Basis Data
Paket ini dibagi menjadi 2 (dua) kelompok yaitu:
§  Paket Basis Data untuk komputer mikro
Jenis-jenis paket basis data yang dapat diperoleh dari komputer ini antara lain, dBASE, RBASE 5000K, PARADOX, PFS-File, FOXBASE, PERFECT FILLER, dan lain-lain.
§  Paket Basis Data untuk komputer mini ke atas
Jenis-jenis paket basis data ini antara lain, IMS, TOTAL, IDS, SQL, ORACLE, UNIFY, SYBASE, dan lain-lain.
  1. Paket Program Aplikasi Komputasi
Yang termasuk dalam paket ini antara lain:
a.                                    Paket untuk Statistik
Paket program untuk aplikasi statistik yang terkenal antara lain adalah:
§            SPSS (Statistical Package for the Social Science)
Jenis-jenis perhitungan yang dapat diolah dengan paket ini antara lain:

v            Analisis Statistik Deskriptif
v            Analisis frekuensi dan tabulasi silang
v            Analisis korelasi dan regresi
v            Analisis Faktor
v            Analisis Cluster
v            Analisis ANOVA
v            Analisis MANOVA
v            Analisis data non parametric, dan lain-lain.
§            BMD
§            SAS
§            MICROSTAT
§            STATPRO
§            STATPACK
Dan lain-lain.
b.                                    Paket untuk Matematika
Paket untuk Matematika antara lain, MPSX, SSP dan lain-lain.
c.                                    Paket untuk Teknik Sipil
Paket untuk Teknik Sipil antara lain, SAP, STRUDEL dan lain-lain.
  1. Paket Aplikasi yang lain
Paket-paket aplikasi ini antara lain:
a.                                    Paket untuk bantuan merancang (Computer Aided Design)
b.                                    Paket untuk bantuan mengajar (Computer Aided Instruction)
c.                                    Paket untuk perancangan proyek (Network Planning)




Sumber:
§  J Longkutoy John, 1986, Pengenalan Komputer, PT. Mutiara Sumber Widya Offset, Jakarta.
§  Soen I Siauw, 1987, Belajar Sendiri Personal Computer, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.
§  Drs. Daryanto, 2003, Pengetahuan Dasar Ilmu Komputer, Yrama Widya, Bandung.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yang terbaik

jasa joki UT dan karya ilmiyah segala jurusan jaminan lolos plagiat 0878 9797 9399

  Dampak Kenaikan Nilai Upah Minimum Terhadap Kondisi Keuangan Perusahaan Pada Masa Pandemi Covid 19 (PT. AMTEK PRECISION COMPONENT BATAM) ...