TINJAUAN MATA KULIAH
MANAJEMEN PEMASARAN (EKMA 4216)


Mahasiswa Program Studi Manajemen yang kami sayangi, selamat bergabung pada tutorial online (tuton) mata kuliah Manajemen Pemasaran (EKMA 4216). Hal utama yang ingin kami tekankan pada Anda untuk mengikuti tuton adalah Anda sebaiknya mempelajari terlebih dahulu Buku Materi Pokok (BMP) Manajemen Pemasaran.

Deskripsi mata kuliah Manajemen Pemasaran adalah mata kuliah ini membekali kemampuan mahasiswa dengan pengetahuan tentang prinsip-prinsip manajemen pemasaran dan proses manajemen pemasaran, sehingga dapat digunakan untuk merencanakan, melaksanakan, dan menganalisis kegiatan pemasaran pada kehidupan bisnis. Pendalaman berikutnya terkait dengan pemilihan strategi pemasaran yang berorientasi pada penciptaan value dalam meningkatkan kepuasan konsumen.

Sebagai informasi, kompetensi umum yang harus dicapai mahasiswa setelah mempelajari buku materi pokok Manajemen Pemasaran adalah mahasiswa mampu menerapkan berbagai   prinsip dan prosedur manajemen pemasaran ke dalam suatu kasus bisnis.
Kompetensi secara umum mata kuliah Manajemen Pemasaran ini secara instruksional dapat digambarkan pada bagan 1. Sedangkan kompetensi secara khusus dari mata kuliah Manajemen Pemasaran adalah sebagai berikut.

MODUL 1
1.     menyebutkan pengertian pemasaran dan manajemen pemasaran;
2.     menjelaskan peran pemasaran dalam organisasi;
3.     menjelaskan falsafah bisnis:Konsep Pemasaran;
4.     menjelaskan falsafah bisnis: Konsep Pemasaran Kemasyarakatan;
5.     menjelaskan tanggungjawab perusahaan;
6.     menyebutkan pengertian konsumerisme;
7.     menjelaskan faktor-faktor lingkungan
MODUL 2
8.     menjelaskan tugas-tugas manajemen pemasaran;
9.     menjelaskan proses manajemen pemasaran;
10.   menjelaskan perencanaan pemasaran stratejik;
11.   menjelaskan strategi pertumbuhan produk dan pasar;
12.   menjelaskan pengembangan strategi pemasaran;
MODUL 3
13.   menyebutkan deskripsi tentang perilaku konsumen;
14.   menjelaskan model perilaku konsumen;
15.   menjelaskan kekuatan-kekuatan lingkungan yang mempengaruhi perilaku konsumen;
16.   menjelaskan faktor-faktor individual yang mempengaruhi perilaku kosnumen;
17.   menjelaskan tahapan dalam proses pembelian konsumen;
18.   menjelaskan perilaku pembelian industrial;
MODUL 4
19.   menjelaskan pasar dan penggolongannya;
20.  menjelaskan konsep product differentiation (diferensiasi produk);
21.   menjelaskan segmentasi pasar;
22.  menjelaskan faktor-faktor dalam menentukan segmentasi pasar;
23.  menjelaskan persyaratan untuk melakukan segmentasi pasar yang efektif;
24.  menjelaskan strategi penentuan pasar sasaran;
25.  menjelaskan hubungan antara penetapan sasaran pasar dan segmentasi pasar;
26.  menjelaskan pemilihan strategi penetapan sasaran pasar;
27.  menjelaskan strategi penentuan posisi produk;
MODUL 5
28.  menjelaskan deskripsi produk/jasa;
29.  menyebutkan pendekatan untuk menggolongkan produk berdasar dimensi kepuasan segera;
30.  menjelaskan pendekatan untuk menggolongkan produk menurut tujuan pemakainya;
31.   menjelaskan tahapan dalam daur pengembangan produk baru;
MODUL 6
32.  menjelaskan peranan penting daur hidup produk dalam strategi pemasaran;
33.  menjelaskan tahap perkenalan strategi pemasaran;
34.  menjelaskan tahap pertumbuhan dan strategi pemasaran;
35.  menjelaskan tahap kedewasaan dan strategi pemasaran;
36.  menjelaskan tahap penurunan dan strategi pemasaran;
MODUL 7
37.  menyebutkan deskripsi harga;
38.  menjelaskan arti penting penetapan harga;
39.  menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat harga;
40.  menjelaskan pemilihan strategi harga untuk mencapai pasar sasaran;
41.   menjelaskan metode penetapan harga;
42.  Menghitung harga dengan metode penetapan harga;
MODUL 8
43.  Menjelaskan deskripsi tentang saluran distribusi;
44.  Menjelaskan saluran distribusi barang konsumen dan industrial;
45.  Menjelaskan faktor-faktor dalam penentuan saluran distribusi;
46.  Menjelaskan model-model dan strategi saluran distribusi;
MODUL 9
47.  Menjelaskan elemen bauran promosi;
48.  Menjelaskan arti penting promosi (komunikasi efektif);
49.  Menjelaskan keputusan penting periklanan;
50.  Menjelaskan metode penentuan anggaran periklanan;

PETA KOMPETENSI
MATA KULIAH MANAJEMEN PEMASARAN
(EKMA 4216)
 
 


























Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yang terbaik

jasa joki UT dan karya ilmiyah segala jurusan jaminan lolos plagiat 0878 9797 9399

  Dampak Kenaikan Nilai Upah Minimum Terhadap Kondisi Keuangan Perusahaan Pada Masa Pandemi Covid 19 (PT. AMTEK PRECISION COMPONENT BATAM) ...