3 metode pengendalian persediaan


1.   Economic Order Quantity(EOQ).Metode ini didasarkan dari perhitungan jumlah optimal pesanan, untuk efisiensi jumlah biaya pemesanan, biaya pergudangan, dan biaya karena kekurangan persediaan.
      Biaya pemesanan meliputi semua biaya yang berhubungan dengan pemrosesan transaksi pembelian. Biaya pergudangan adalah biaya yang berhubungan dengan aktivitas menyimpan persediaan. Biaya karena kekurangan persediaan adalah biaya yang ditimbulkan dari kekurangan persediaan, seperti hilangnya peluang penjualan atau penundaan produksi.
2.   Material Requirements Planning(MRP). MRP bertujuan mengurangi tingkat persediaan yang dibutuhkan dengan cara menjadwalkan produksi, bukan memperkirakan kebutuhan. Dengan menggunakan jadwal ini dan spesifikasi pembuatan untuk setiap produk, perusahaan dapat menetapkan jumlah bahan baku, suku cadang, dan perlengkapan produksi lainnya, serta titik waktu pembelian barang-barang yang dibutuhkan. Jadi dengan menggunakan sistem MRP dapat mengurangi ketidakpastian mengenai waktu yang tepat untuk membeli bahan baku.
3.   Just In Time (JIT). JIT berusaha untuk meminimalkan biaya pergudangan maupun biaya karena kekurangan persediaan. Sistem JIT ditandai dengan pengiriman bahan baku, perlengkapan, dan barang-barang lainnya langsung ke lokasi yang membutuhkan pengiriman barang tersebut, bukan pengiriman dalam jumlah besar yang sesekali dilakukan ke pusat penerimaan dan fasilitas penyimpanan seperti gudang. jadi sebuah perusahaan yang menggunakan sistem JIT akan memiliki beberapa tempat penerimaan yang masing-masing ditugaskan untuk menerima pengiriman barang yang dibutuhkan pusat pengerjaan di dekatnya.

1 komentar:

yang terbaik

jasa joki UT dan karya ilmiyah segala jurusan jaminan lolos plagiat 0878 9797 9399

  Dampak Kenaikan Nilai Upah Minimum Terhadap Kondisi Keuangan Perusahaan Pada Masa Pandemi Covid 19 (PT. AMTEK PRECISION COMPONENT BATAM) ...