perencanaan dan analisis sistem


INISIASI 7

PERENCANAAN DAN
ANALISIS SISTEM



Dalam organisasi, perencanaan merupakan bagian dari tugas maanjemen puncak berkaitan dengan visi, misi, tujuan, dan target-target jangka pendek yang telah direncanakan. Analisis sistem berhubungan erat dengan pengembangan sistem secara keseluruhan. Perencanaan sistem mencakup identifikasi subsistem dalam sistem informasi yang perlu diperhatikan dalam pengembangan. Tujuan perencanaan sistem adalah mengidentifikasi masalah yang perlu diatasi segera untuk kepentingan di masa mendatang. Analisis sistem dimulai setelah perencanaan sistem melakukan identifikasi atas subsistem untuk pengembangan.
Tujuan proses analisis sistem adalah:
  1. Memperoleh pemahaman mengenai sistem berjalan
  2. Mengidentifikasikan dan memahami masalah-masalah
  3. Mengungkapkan masalah-masalah yang telah diidentifikasi dalam bentuk kebutuhan-kebutuhan informasi dan sistem
  4. Mengidentifikasikan secara jelas subsistem yang memiliki prioritas tinggi.

Perencanaan sistem dan analisis kelayakan mencakup 7 tahap yaitu:
  1. Perencanaan sistem dan manajemen puncak
  2. Penetapan dewan pengarah perencanaan sistem
  3. Penetapan tujuan dan batasan keseluruhan
  4. Pengembangan perencanaan sistem informasi stratejik
  5. Identifikasi dan pemrioritasan area-area spesifik dalam organisasi sebagai fokus pengembangan sistem
  6. Pembuatan proposal sistem untuk mendukung dasar analisis dan perancangan awal subsistem tertentu
  7. Pembentukan tim untuk tujuan analisis dan perancangan awal sistem

Secara detail, ketujuh tahap tentang perencanaan sistem dan analisis kelayakan tersebut dapat Anda pelajari dengan cermat pada Modul 8 Kegiatan Belajar 1 halaman 8.3 sampai dengan halaman 8.6 BMP Sistem Informasi Akuntansi / EKSI 4312

Tim pengembangan sistem harus memahami cara kerja sistem dalam rangka membuat perubahan-perubahan. Terdapat 4 langkah analisis sistem yaitu:
  1. Survei sistem berjalan
  2. Identifikasi kebutuhan informasi
  3. Identifikasi sistem kebutuhan
  4. Laporan analisis sistem

Saudara mahasiswa, silakan Anda pelajari dengan cermat dan teliti tentang keempat langkah analisis sistem tersebut pada Modul 8 Kegiatan Belajar 2 halaman 8.10 sampai dengan halaman 8.15 BMP Sistem Informasi Akuntansi / EKSI 4312.

Saudara mahasiswa, sebagian besar pekerjaan analis sistem adalah mengumpulkan dan mengorganisasikan fakta/data. Terdapat beberapa alat utama yang digunakan analis untuk mengumpulkan fakta/data yaitu:
  1. Wawancara pendekatan
  2. Wawancara terstruktur
  3. Kuesioner terbuka
  4. Kuesioner tertutup
  5. Penelaahan dokumen
  6. Observasi

Silakan Anda pelajari tentang pembahasan keenam alat utama tersebut pada Modul 8 Kegiatan Beajar 2 halaman 8.16 sampai dengan halaman 8.19 BMP Sistem Informasi Akuntansi / EKSI 4312.

Selain alat utama tersebut, terdapat juga teknik-teknik pengorganisasian fakta/data sebagai berikut.
*      Pengukuran kerja
*      Distribusi kerja
*      Bagan arus
*      Analisis keputusan
*      Analisis fungsional
*      Fungsi hierarkis
*      Analisis matriks
*      Naratif
*      Ikhtisar file/laporan

Teknik pengorganisasian fakta/data tersebut minimal mencakup 5 aspek yaitu:
v       Analisis pengukuran kinerja
v       Analisis distribusi kerja
v       Analisis arus informasi
v       Analisis fungsional
v       Analisis matriks

Kelima aspek tersebut, dapat Anda pelajari pada Modul 8 Kegiatan Belajar 3 halaman 8.23 sampai dengan halaman 8.29 BMP Sistem Informasi Akuntansi / EKSI 4312.






Analisis sistem terstruktur menggambarkan analisis yang lebih spesifik dan terarah pada sistem yang akan dikembangkan.
Pendekatan dari analisis sistem terstruktur meliputi:
Ø  Diagram Arus Data Logis kontra Bagan Arus
Ø  Perancangan Sistem kontra Analisis Sistem
Ø  Langkah-langkah dalam Analisis Sistem Terstruktur

Saudara mahasiswa, ketiga pendekatan tersebut harus benar-benar Anda pelajari pada Modul 8 Kegiatan Belajar 3 halaman 8.30 sampai dengan halaman 8.32 BMP Sistem Informasi Akuntansi EKSI 4312.


SELAMAT BELAJAR!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yang terbaik

jasa joki UT dan karya ilmiyah segala jurusan jaminan lolos plagiat 0878 9797 9399

  Dampak Kenaikan Nilai Upah Minimum Terhadap Kondisi Keuangan Perusahaan Pada Masa Pandemi Covid 19 (PT. AMTEK PRECISION COMPONENT BATAM) ...