STANDAR BIAYA TIDAK LANGSUNG


                                  TOPIK 6

 STANDAR BIAYA TIDAK LANGSUNG

(sumber  Buku Anggaran Perusahaan: Prinsip, Mekanisme dan Teknik penyusunan oleh Gunawan Adisaputro)


Pada topik ke 6 ini akan membahas standar biaya tidak langsung. Adapun topik didalamnya yang akan dibahas lebih lanjut adalah mengenai anggaran variabel dan penentuan standar biaya. Coba Anda simak baik-baik dan perhatikan yang bertuliskan tebal kemudian renungkan isi materi di bawah ini.

1.  Anggaran Variabel
Anggaran variabel (variable budget) merupakan kumpulan dari berbagai standar biaya-biaya tidak langsung sesuatu perusahaan. Seperti biaya pabrik tidak langsung, biaya administrasi, dan biaya pemasaran.
Sedangkan standar biaya itu sendiri dapat diartikan sebagai suatu angka yang menunjukkan berapa besar sesuatu biaya akan berubah, sebagai akibat terjadinya perubahan aktivitas perusahaan.
Biaya tetap adalah biaya yang tidak berubah meskipun terjadi perubahan aktivitas perusahaan.
Biaya tetap mempunyai dua ciri utama, yaitu:
  1. Jika perusahaan tidak mengadakan aktivitas (aktivitas = 0) maka biaya ini tidak ikut mejadi 0, melainkan menunjukkan sejumlah angka (biaya) tertentu
  2. Jika perusahaan meningkatkan atau menurunkan aktivitas, maka biaya ini tidak ikut meningkat atau menurun, melainkan tetap sama besarnya.
Biaya variabel adalah biaya yang berubah sesuai dengan perubahan aktivitas perusahaan.
Biaya variabel mempunyai dua ciri utama, yaitu:
  1. Jika perusahaan tidak mengadakan aktivitas (aktivitas = 0), maka biaya ini akan ikut menjadi nol
  2. Jika perusahaanmeningkatkan/menurunkan aktivitas, maka biaya ini akan ikut meningkat/menurun.
Dalam kaitannya dengan ikut meningkat atau menurun, jenis baiaya variabel terbagi menjadi tiga, yaitu:
1)  Biaya variabel proporsional adalah biaya variabel yang berubah secara sebanding  
      dengan perubahan aktivitas perusahaan
2)      Biaya variabel degresif adalah biaya variabel yang berubah secara kurang dari sebanding dengan perubahan aktivitas perusahaan.
3)      Biaya variabel progresif adalah biaya variabel yang berubah secara lebih dari sebanding dengan perubahan aktivitas perusahaan.
Biaya semi variabel (semi tetap) adalah biaya yang sebagian bersifat tetap, artinya tidak berubah meskipun terjadi perubahan aktivitas perusahaan, dan sebagian lagi bersifat variabel, artinya akan berubah sesuai dengan perubahan aktivitas perusahaan.
Biaya semi variabel menurut jenisnya dapat menjadi tiga , yaitu:
1)      Biaya semi variabel proporsional
2)      Biaya semi variabel degresif
3)      Biaya semi variabel progresif.
Secara umum, anggaran variabel memiliki kegunaan pokok, yaitu: sebagai pedoman kerja, sebagai alat pengkoordinasian kerja dan sebagai alat pengawasan (evaluasi) kerja yang membantu manajer dalam memimpin perusahaan.
Secara khusus, anggaran variabel berguna sebagai dasar untuk menyusun anggaran biaya pabrik tidak langsung, anggaran biaya administrasi, dan anggaran biaya pemasaran.

1.     Penentuan Standar Biaya

Standar biaya adalah suatu angka yang menunjukkan berapa besar sesuatu biaya akan berubah, sebagai akibat terjadinya perubahan aktivitas perusahaan. Standar biaya menunjukkan tingkat kepekaan biaya terhadap aktivitas perusahaan.
Penentuan angka-angka standar dapat didasarkan data histories, artinya penentuan standar biaya dengan mendasarkan diri pada data dan pengalaman-pengalaman di waktu-waktu yang lalu.
Penentuan angka-angka standar juga dapat didasarkan pada hasil penelitian khusus, yaitu penentuan standar biaya dengan mendasarkan diri pada data dan pengalaman-pengalaman yang diperoleh dari suatu penelitian yang secara khusus diadakan dalam rangka menentukan standar biaya tersebut.
Besar kecilnya standar biaya dikelompokkan menjadi tiga, yaitu:
  • biaya tetap besar kecilnya ditentukan oleh variabel waktu,
  • biaya variabel besar kecilnya ditentukan oleh besar kecilnya volume kegiatan
  • biaya semi variabel besar kecilnya ditentukan berdasar sesuatu peraturan tertentu

Setelah mempelajari materi di atas, diharapakan Anda mampu menjawab pertanyaan berikut ini:
1.      Jelaskan faktor-faktor yang harus dipertimbangkan perusahaan dalam rangka menyusun anggaran variabel!
2.      Berikan penjelasan beserta contohnya dari ciri-ciri standar biaya yang termasuk dalam kelompok biaya tetap, kelompok biaya variabel, dan kelompok biaya semi variabel!






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yang terbaik

jasa joki UT dan karya ilmiyah segala jurusan jaminan lolos plagiat 0878 9797 9399

  Dampak Kenaikan Nilai Upah Minimum Terhadap Kondisi Keuangan Perusahaan Pada Masa Pandemi Covid 19 (PT. AMTEK PRECISION COMPONENT BATAM) ...